Motor – Mati Mendadak, Berikut Cara Cek CDI Mati, Konslet dan Lemah

Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali para mas bro dan bro wati. Kali ini kita akan ngomongin pengapian pada sepada motor, terutama motor karburator ya bro… komponen yang akan kita bahas yaitu CDI atau otak pengapian sepeda motor dengan sistem pengkabutan karburator. Namanya juga otak sepeda motor ya bro, jadi motor tanpa CDI tidak bisa hidup. Tapi ada bro sepeda motor yang tidak menggunakan CDI, jadi otak pengapian motor tersebut menggunakan platina. Sesuai dengan perkembangan teknologi, otak pengapian sepeda motor dimulai dari platina, kemudian lanjut CDI dan sekarang telah beralih ke ECU.  


Berbeda dengan motor dengan pengkabutan injeksi, otak pengpian, pengabutan bensin / bahan bakar, bahkan sampai penerangan lampu. Diatur oleh ECM / ECU, jadi perbandingan antara ECU / ECM motor injeksi dan CDI motor karburator yaitu beban kerja dari part tersebut. Dimana CDI lebih simpel dan ringkas jika dibandingkan dengan ECU.       


Penyebab CDI Konslet dan Mati 

CDI konslet biasanya akan membuat pengapian sepeda motor menjadi tidak normal, seperti motor bisa posisi langsam / stasioner. Tapi saat motor digas, motor menjadi berebet tidak bertenaga. Sedangkan CDI, akan membuat motor tidak bisa dihidupkan karena hilang pengapian. Ada banyak penyebab CDI konslet mulai dari kondisi aki / accu yang ngedrop dibiarkan secara terus menerus, ini biasanya terjadi pada motor dengan pengapian DC. Pulser CDI yang konslet dan kiprok yang overcharge, juga menjadi salah satu penyebab CDI konslet. 


Cara Cek CDI Motor Mati

Cara yang paling simpel mengecek CDI mati, dengan mengecek arus out put CDI ke coil. Bahasa gampangnya cari kabel positif koil. tempelkan ke baud besi atau tempelkan ke mesin langsung. Ingat posisi kunci kontak ON, maka kabel koil akan memercikan api saat diengkol – engkol.  

 

Berapa Lama Umur CDI Motor

Umur CDI motor biasanya lebih dari 5 tahun, dengan catatan CDI original ataupun CDI racing yang mahal. Sebab banyak banget CDI original kaleng – kaleng yang dijual dengan harga murah. Pada umumnya CDI original motor ataupun racing dijul diatas harga Rp350.000, jika lo beli dengan bungkus original pabrikan dengan harga murah. Maka kemungkinan besar barang tersebut kaleng – kaleng. 


Apakah CDI Rusak Bisa Diperbaiki dan Mengatasi CDI Lemah

Namanya barang pasti rusak apalagi komponen elektronik, yang secara rangkaian cukup sensitif. Jika terdapat arus listrik yang melebihi kapasitas, komponen yang langsung bersentuhan karena percikan air. Tapi pada CDI tidak mungkin terkena percikan air, sebab rangkain elektrik CDI dilapisi resin karet dan cover plastik. 

Untuk memperbaiki CDI rusak dan CDI lemah, harus membongkar cover CDI dan resin karetnya. Kemudian mengganti komponen yang rusak didlam CDI. Cara seperti lumyan memakan waktu, jadi jarng banget mekanik mau melakukannya. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini dan jangan lupa bantu blog dan channel ini agar bisa berkembang menjadi lebih dengan subcribe, like, share dan komennya.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...    

Posting Komentar

0 Komentar