Perbedaan, Serta Untuk Motor Apasih Oli MPX 1, MPX 2 dan MPX 3

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, oli mesin hal wajib diketahui oleh para biker’s semua. Mulai dari mba bro dan mas bro, sebab tanpa adanya oli mesin.  Mesin sepeda motor akan menjadi ceket / ngancing, mesin kasar, cepet panas dan pastinya akan keluar duit banyak ya bro. Bagi para pengguna pabrikan sayap mengepak alias Honda, ada beberapa oli mesin yang disarankan oleh pabrikan tersebut. Seperti oli MPX 1, MPX 2, MPX 3, serta ada oli tambahan SPX 1 dan SPX 2.

Jadi pada intinya pabrikan sepeda motor membuatkan oli mesin khusus untuk motor – motor buatannya, entah Honda, Yamaha, Suzuki pasti mempunyai oli mesin dengan logo sendiri – sendiri. Berhubung kita lagi ngomongin oli mesin buat motor – motor pabrikan Honda, kita tidak akan keluar jalur dulu ya bro.

Perbedaan Oli MPX 1, MPX 2 dan MPX 3

Ngomongin pelumasan pada sepeda motor, akan terbagi motor menjadi 2 sesuai dengan sistem pelumasan kampas koling. Yaitu motor dengan kopling kering dan motor dengan kopling basah. Motor dengan kopling basah biasanya terdapat pada motor – motor bebek dan motor sport / batangan. Sedangkan motor dengan kopling kering sering diterapkan pada motor – motor matic.

Kebetulan oli MPX 1 dan MPX 2 mempunyai viscositas / kekentalan yang sama yaitu SAE 10W-30, API SL. Tapi ada yang membedakan ya bro, yaitu Oli MPX 1 menggunakan Jaso MA untuk motor kopling basah seperti Honda Revo FI, Absolute Revo, Supra X 125, Verza dan masih banyak lagi. Sedangkan Oli MPX 2 menggunakan Jaso MB untuk motor kopling kering, seperti Honda Vario, BeAT, PCX 150, Genio dll.

Sementara itu oli MPX 3 mempunyai kekentalan yang lebih tinggi, dengan spesifikasi SAE 20W-40, API- SJ, Jaso MA. Oli MPX 3 lebih cocok digunakan untuk motor – motor Honda keluaran lama, seperti Honda Supra FIT, Supra 100, Legenda, Tiger dan Megapro lama. Jadi oli MPX 1 untuk mesin motor bebek dan sport terbaru, sedangkan MPX 3 untuk motor bebek dan sport Honda dengan mesin lama. Nah untuk MPX dibuat untuk motor – motor matic Honda.


Perbedaan Oli MPX dan SPX

Bahasa mudahnya oli SPX lebih mahal dan mempunyai grade yang lebih tinggi dari MPX, hal ini disebabkan karena bahan dasar dari oli SPX yang sudah full syntetic (rekyasa kimia).        Kelebihan dari oli full syntetic yaitu, membuat oli mesin tidak gampang menguap, jadi motor tidak gampng ceket karena kehabisan oli mesin. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen dan sharenya ya bro…





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...     

Posting Komentar

0 Komentar