Fuel Pump Lemah, Ini Cara Memperbesar Tekanan Pompa Bensin

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, fuel pump alias pompa bensin pada motor injeksi sangatlah penting. Rusaknya fuel pump akan membuat motor tersebut menjadi ndut – ndutan, dan parahnya kadang motor tidak bisa berjalan dengan normal. Kalau sudah seperti ini ada 3 solusinya bro, yaitu ganti fuel pump assy dengan biaya yang wow.. bikin meringis. Solusi kedua yaitu dengan mengganti mesin dari fuel pump (rotak), cara ini lumayan ringan diongkos bro. Tapi ya itu, spare part yang lo dapat bukan barang original, kebanyakan part after market dan part original kaleng – keleng. Nah cara terakhir ini, merupakan cara yang bakalan kita bahas ya bro… yaitu jurus akal – kalan genjel -mengganjel. 


Fungsi Fuel Pump

Sebelum kita ngomong muter – muter kesana kemari, kita bahas apasih fungsi dari fuel pump. Fuel pump atau pompa bensin adalah komponen elektronik pada motor injeksi yang berfungsi untuk memompa bahan bakar / bensin ke selang bahan bakar, dimana posisi fuel pump tersebut berada didalam tangki bahan bakar. Fuel pump assy terdiri dari beberapa bagian bro, mulai dari casing (wadah), presure regulator / rotak, filter bensin, pelampung bensin dan kabel – kabel. Selain itu untuk terkdang ada part tambahan lainnya, saperti IC fuel pump untuk merek – merk tertentu.     


Akibat Fuel Pump Rusak

Apasih akibat dari fuel pump yang rusak, ada banyak akibt yang terjadi jika fuel pump rusak. Seperti motor sering mati – matian, kecepatan makasimal motor ngga lebih dari 40 km, motor ngga kuat nanjak seperti biasanya, motor terasa ndut – ndutan dan masih banyak lagi.


Berapa Tekanan Fuel Pump yang Normal

Tekanan fuel pump yang normal pada sepeda motor sekitar 40 psi / 300 kpa / 3 bar, nah lo bingung kan bro… jadi tergantung lo mengukurnya pakai alat dan satuan yang mana ya bro… 


Berapa Tahun Ganti Fuel Pump Motor

Pada umumnya penggantian fuel pump terjadi sat motor telah memasuki usia diatas 5 tahun / 5000 kilometer, tapi ada juga yang terjadi pada motor yang baru keluar STNK atau 3 bulan. Loh …. kok bisa baru 3 bulan fuel pump rusak, ya bisa – basa bae lah bro… sebab kesempurnaan hanya milik Allah SWT. He…. tapi jika kebetulan motor lo baru 3 bulan fuel pumpnya rusak, mak lakukan warranty claim / klaim garansi ke dealer. Sebaliknya jika motor lo sudah berumur mengalami kerusakan, ya lalukan perbaikan sendiri bro… he…


Cara Memperbesar Tekanan Fuel Pump

ada banyak banget kepentingan untuk memperbesar tekanan fuel pump, yang pertama untuk urusan balap / kompetisi. Dan yang kedua karena fuel pump motor lo mulai lemah, gua ngga tahu lo mana. Tapi yang jelas cara memperbesar tekanan fuel pump ini untuk motor – motor pabrikan Honda ya bro… pabrikan sebelah maaf dulu ya bro.. Cara memperbesar tekanan fuel pump yang akan kita lakukan yaitu dengan menyumbat saluran pembuangan dari presure regultor. Untuk menyumbat lubang pembungan tersebut, kita bisa menggunakan baud atau pelor baja. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like dan sharenya pada artikel dan video dibawah ini ya bro.






Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor…       

  

Komentar