Penyebab dan Cara Menagatasi Lampu Sen Motor Nyala Semua

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi diblog otomotif roda dua dan youtube channel yng lebih fokus ngomongin masalah roda dua. Kali ini kita akan ngomongin masalah pada lampu sen bagian depan yang menyala semua. Jadi nyalanya lampu sen ini bukan karena mengunakan lampu hazard, tapi lebih condong karena konsleting / korslet.  Lho kok korsleting jadi penyebabnya, hal ini akan diperjelas dengan nyala lampu sen bagian depan yang kurang terang saat nyala bersamaan. Selain itu saat lampu depan dihidupkan, lampu depan tidak akan menyala dengan terang. 


Jadi saat kita menyalakan lampu depan, lampu sen / riting bagian depan akan ikut menyala secara bersamaan. Kadang lampu depan juga ikut berkedip mengikuti kedipan lampu sen, nah kalau sudah seperti ini terjadi pada motor lo. Langsung segera diperbaiki ya bro, dari pada menumpuk menjadi masalah baru. Nah sebelumnya kita cari tahu dulu y bro, penyebab lampu sen / riting menyala semua.    


Penyebab Lampu Sen / Riting Menyala Bersamaan dengan Lampu Depan

Penyebab utama dari lampu riting atau lampu sen yang menyla bersamaan dengan lampu depan, sering kali disebabkan karena kabel massa (-) yang kosleting / korslet. Jadi kabel massa (-) yang seharusnya tidak mempunyai arus listrik, malah terdapat arus listrik. Walaupun arus listrik tersebut tidak sampai 12 volt, adanya arus listrik pada kabel massa bisa disebabkan karena adanya kabel arus 12 volt pada sepeda motor. Menempel ke kabel massa tersebut, kalau seperti ini kemungkinan besar akan membuat sekring / fuse putus. Bagaimana kalau sekring tidak putus dan adanya arus listrik pada kabel massa. Nah ini yang lumayan sulit bro, karena harus mengecek satu – persatu pda setiap kabelnya. Pastikan tidak ada kabel massa yang terkelupas dan dekat dengan sumber arus listrik 12 volt. Kadang kabel massa bekas terbakar karena korsleting, akan membuat arus listrik bisa lompat kekabel tersebut.   


Cara Mengatasi Kabel Massa Ada Arus Listriknya

Untuk mengatasi hal semacam ini kita bisa menggantinya dengan kabel body baru, tapi jelas harganya lumayan mahal ya bro. Nah cara murahnya kita bisa membagi kabel massa, dan menyambungya langsung ke rangka / sasis sepeda motor. Tujuannya supaya tidak ada kabel massa yang saling bersentuhan satu sama lain. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen dan subscribenya ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.. wor… wor... 


Posting Komentar

0 Komentar