Penyebab Brebet Pada Yamaha New Vixion Advance dan R 15

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, k bro kali ini kita akan ngomongin masalah klasik pada Yamaha Vixion dan ganknya he…. Kenapa gua sebut gank, sebab ada banyak motor sport 150 injeksi Yamaha yang menggunakan basic masin yang hampir sama, seperti Vixion old, NVL, NVA dan R15. Kondisi motor brebet memang sering kali terjadi pada motor yang telah berusia lebih dari 3 tahun atu 30.000 kilometer, hal ini memang wajar ya bro .. Pada kesempatan kali iini kita akan lebih fokus ngomongin motor brebet pada motor Yamaha Vixion and the gank. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot y bro…

Penyebab Yamaha Vixion dan R15 Brebet


Bensin Campur Air

Namany motor batangan alias motor sport, posisi tangki bensin / bahan bakar yang berada didepan sehingga tidak ada pelindung saat terkena air hujan atupun air cuci steam. Et… kan ada tutup tangki, ya jelas ada, tapi perlu diingat ya bro. Umur motor yang bertambah akan membut karet di tutup tangki menjadi keras, sehingga air akan bis masuk kedalam sela – sela tutup tangki bahan bakar. Nah kalau air sudah masuk kedalam tangki bahan bakar, maka bisa dipastikan akan ada banyak masalah yang terjadi ya bro. Seperti karat yang menyumbat filter bahan bakar, tangki bensin menjadi bolong dan rotak / pompa bahan bakar menjadi rusak. Hal yang paling ringan terjadi saat bensin caampur air yaitu brebet, hal ini disebabkan karena air yang ada didalam tangki akan masuk kedalam, pompa bahan bakar, selang bahan bakar, injektor dan ruang bakar. Nah diruang bakar ini, air tidak akan terbakar selayaknya bensin, alhasil terjadilah brebet.


Aki Ngedrop dan Kiprok Rusak

Pada umunya motor dengan sistem pengapian motor injeksi menggunakan sumber arus full DC, lebih tepatnya full transistor. Oleh sebab itu kondisi aki / batrey yang ngedrop alias soak akan sangat mempengruhi sistem pengapian motor tersebut. Hal ini disebabkan karena koil, pompa bensin dan injektor membutuhkan arus 12 volt. Jadi saat kondisi tegangan aki tidak mencapai 12 volt maka ECU atau ECM akan lebih memperioritaskan suplay arus listrik ke 3 komponen tersebut. Aki yang ngedrop tapi tidak terlalu parah motor akan susah untuk dihidupkan, hal ini akan diperparah jika kiprok rusak dan tidak ada sistem pengisian pada aki. Kalau sudah seperti ini motor akan brebet – brebet saat dipakai, nah setelah aki benar -benar tidak ada arus listrik maka motor akan mogok total.    


Busi dan Cop Busi Rusak

Pemilihan busi juga cukup mempengaruhi kondisi motor, anjuran pabrikan garputala yng bermarkas di pulogdung ini. Busi yang digunakan Yamaha Vixion yaitu CR8E, dimana busi tersebut telah dilapisi dengan menggunakan resistor keramik. Sehingga komponen elektronik pada motor tidak terganggu saat busi memercikan api. Selain itu tingkat panas busi juga menentukan daya tahan busi terhadap mesin, pemilhan busi yang salah akan membuat motor menjadi brebet, kurang bertenaga dan parahnya akan membuat busi meleleh. 

Sedangkan cop busi alias cangklong busi yang berkarat dan berjamur, akan membuat percikan api dari koil menjadi tidak maksimal tersalurkan ke busi.      



Fuel Pump Lemah

Nah ini yang paling ektream bro, sering kali Yamaha Vixion yang brebet terjadi karena fuel pump yang lemah. Tekana fuel pump yang tidak sesuai standar akan membuat suplai bahan bakar menjadi tidak maksimal. Motor akan brebet – brebet, gas telat seperti kurang bahan bakar, untuk mengetahui fuel pump rusak kita bisa mengukur tekanan dari fuel pump tersebut. Harga fuel pump pada motor Vixion sekitar 500 ribuan bro, jadi kalau lo punya dana lebih silhkn beli. Tapi kalau ngga punya dana segitu, kita bisa mengkali tekann fuel pump agar bisa maksimal. Caranya cukup mengganjal bagian pressure regulator, nah untuk lebih jelasnya lngsung saja check video berikut ini ya bro…





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam stu asphal.. wor… wor….      

Posting Komentar

0 Komentar