Apakah Aman Memotong Rantai dan Cara Potong Rantai Motor Vixion

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, rantai motor merupakan penghubung antar gear depan yang menempel ke gear transmisi. Dengan gear roda belakang, yang langsung memutar pergerakan ban belakang. Rusaknya rantai roda akan sangat mempengaruhi laju sepeda motor, jadi motor bisa berjalan atau tidak akan sangat dipengaruhi oleh kondisi dari rantai roda. Pada umumnya penggantian ranti roda akan dibarengi dengan penggantian gear depan dan gear roda belakang. Sebenarnya hal ini sangat kondisional ya bro, iya tergantung dari kondisi keuangan dari bikers tersebut.

Karena alasan keuangan tersebut maka para biker’s biasanya mengakalinya dengan memotog rantai roda, jika kondisi ranti tersebut sudah terlalu panjang. Rantai yang mulur / terlalu panjng akan membuat rantai tersebut terlepas dari gear roda belakang. Apakah bahaya ? Jelas sangat bahaya bro, sepeda motor bisa terjatuh karena hal tersebut. Untuk mengatasi rantai yang molor, kita bisa dengan memotong rantai tersebut, entah 1 – 2 mata rantai. Tergantung dari berapa parahnya rantai tersebut molor, tapi ingat ya bro, jangan terlalu pendek memotong rantai. Sebab jika terlalu pendek rantai tidak akan bisa dipasang, kecuali dengan mengganti rantai yang baru.  

Berapa Ukuran Rantai Motor Vixion

Karena kita lagi fokus ngomongin motor vixion, kita akan bahas jenis ranti motor Vixion dan panjang ranti motor tersebut. Rantai bawaan pabrikan pada sepeda motor Vixion yaitu 428 HDC, dimana rantai bawaan tersebut tidak mempunyai sambungn rantai, jadi kalau mau ganti rantai bawaan pabrikan lumayan susah, harus melepas swing arm. Panjang rantai Yamaha Vixion Old 120 mata, sedangkan panjang rantai Vixion Lightning 122 mata. Bagi par biker’s Vixion harus memperhatikan  kode sambungan rantai yang digunakan jika memotong rantai bawaan motor. Sebab kode rantai 428 HDC lumayan sulit mencari sambugan rantainya, kebanyakan kode sambunagn rantai menggunakan kode 420, 428 dan 428 H. Nah sambungan rantai yang paling mendekati yaitu kode 428 H, dipasaran dijual dengan harga yang variatifnya bro.  


Cara Memotong Rantai Sepeda Motor

Ada banyak cara untuk memotong rantai sepeda motor, yang pertama dengan alat potong rantai. Cara ini biasa digunakan oleh mekanik sepeda motor kekinian ya bro he… sementara ada juga yang menggunakan gerinda dan para embahnya mekanik biasanya hanya menggunakan obeng min / pahat. Atau ada juga yang menggunakan ketiga alat tersebut secara bersamaan, biasanya untuk menyambung rantai roda motor – motor gede.


Nah berikut cara memotong rantai roda belakang dengan mengguakan gerinda dan obeng min, ok langsung sja check it dot ya bro….


Langkah pertama tentukan terlebih dahulu berapa panjang rantai yanga akan kita potong bro, jangan sampai terlalu pendek ya bro…


Setelah itu lepas sambungan rantai, jika rantai tersebut mempunyai sambungan. Naha kalau ngga ada sambugan rantai, langsung saja kita eksekusi.


Tahap selanjutya eksekusi, gunakan gerinda untuk memotong mata rantai. Usahakan mata rantai yang dipotong saling terkait ya bro. 


Jika mata rantai sudah etrpotong, gunakan obeng min untuk melepas rantai. Nah supaya lebih jelasnya langsung tonton video dibawah ini ya bro. Jng lup tinggalkan komen, like, share dan subscribeny ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati pra pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor…. 

Posting Komentar

0 Komentar