Cara Mengusir Tikus Pada Sepeda Motor

Tikus makan kabel body motor, bukan tikus makan sabun ya..... paling jengkel memang ketika motor mogok tiba tiba, padahal kemarin malem motor hidup bisa bernafas,... e.. sory, bisa jalan maksudnya pas paginya ngambek ngga mau idup sudah di starter sampe accu tekor, sudah di engkol kick starter sampai kaki terasa mau patah, he..... parah parah.... langsung tancap gas ambil bensin campur, iya campur dorong. Giliran di cek dan bongkar sana sini ternyata kabel body motor dimakan tikus kan jengkel gara gara tikus,

Kalo lagi beruntung paling modal solasi sambung sana sini,tapi kalau ekstramnya motor dengan pengapian full transistor atau bisa dikatakan motor injeksi efek mantepnya ECM (enggine control module) mati total. Lah kan nyesek banget bro gara - gara kabel di makan tikus, masa harus ganti ECM dan harga ECM sendiri bisa mencapai 1 jutaan tergantung jenis motornya.



baca juga bro...

Ini Bro, Penyakit Motor Vixion

Mau Bisnis Bengkel, Modalnya Berapa Si ??


Paling menjengkelkan lagi biasanya sepeda motor yang sudah pernah digigit tikus maka tikus tersebut akan datang kembali ke motor tersebut dan menggigit kembali kabel body motor tersebut. Walaupun pada posisi yang berbeda atau malah posisi yang kemarin bekas digigit tikus. Maka dari itu lakukan cara dibawah ini untuk menghindari kabel body motor tidak digigit tikus.



bahaya tikus makan kabel


Pelindung Kabel Motor Dari Gigitan Tikus


Usahakan sepeda motor dipakai setiap hari, agar suhu panas mesin merambat keseluruh sepeda motor. Sehingga suhu motor menjadi tidak lembab, karena biasanya motor yang sering digigit tikus pada bagian kabel adalah motor yang jarang atau tidak pernah dipakai untuk berkendara.

Cara kerdua adalah dengan memakai kamper alias kapur barus, cukup dengan meletakan kamper tersebut di dasbord, bagasi jok, cover bawah belakang roda depan maka bisa dipastikan motor aman dari tikus. Tapi cara ini punya kelemahan yaitu kamper tersebut akan mengecil atau menghilang seiring berjalannya waktu, lakukan pengecekan kondisi kamper setiap dua minggu sekali.

Oleskan greas (gemuk) atau oli mesin pada bagian kabel yang telah digigit tikus, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan bekas air liur tikus pada kabel yang telah digigit tersebut. Cara ini menurut gua adalah cara yang paling manjur dan ngga perlu sering – sering mengecek keadaan kabel.

Cara terakhir, jika motor tersebut jenis matic adalah dengan mencopot semua cover bawah. Tujuannya agar tikus tidak membuat sarang dan menetap pada cover bawah tersebut. Karena disitu adalah tempat paling nyaman bagi tikus untuk membuat sarang selain disekitar tangki bahan bakar.



kabel body digigit tikus




Ok bro di cobanya saran ini di khusus kan buat motor matic, karna tikus biasanya pada pw di cover under sambil ngemil kabel he..

Next time, bakalan gua tambah videonya bro... tapi jangan lupa subscribe ya... he... Akhir kata safety firts, keep riding no arogan dan salam satu aspal...