Beat, Vario, Standar Samping Tidak Berfungsi

Selamat malam, pagi, sore mas bro dan mba bro, masih pada setia nongkrong dimari ternyata, gua jadi terharu…. He… tapi nongkrong kalau ngga ada secangkir kopi atau teh yang membisu, yaelah nomong apa gua ?/%^* ngga yambung banget. Ok langsung aja tanpa babibu kita kembali ke topic utamanya swit standar samping, ya ini memang masalah klasik yang sering kali terjadi buat para pengguna motor matik Honda.



Kronologinya biasanya begini, kemarin malam motor bisa idup udah muter – muter keliling dunia / keliling komplek dah, terus paginya motor ngga bisa dihidupin. Keadaan motor bisa starter, klakson bunyi, lampu sen ngedip, tapi motor ngga bisa hidup, saat di kick starter / engkol hasilnya pun sama saja motor ngga bisa hidup. Dari keadaan seperti itu kita bisa menarik kesimpulan bahwa accu top cer, tinggal kembali ke teari dasar  faktor hidupnya motor dimulai dari bahan bakar dan udara, pengapian yang tepat, kompresi, lebih jelasnya link dibawah ini.


http://www.sejeworks.id/2017/04/faktor-hidupnya-motor.html





Saat mengecek busi ternyata, busi tidak memercikan api, dan saat buka cover di bawak jok ternyata kabel hijau/putih yang menuju ke swit standar samping putus di makan tikus, posisnya untuk vario series ada disamping kanan di bawah jok, beat fi ada di belakang spakbor depan, menempel dengan kerangka / sasis.

Ini wijud barangnya..


sejeworks




Kenapa swit standar samping berpengaruh ke pengapian motor, gambar di bawah ini penjelasannya. Tapi tidak ada efek untuk part lainnya, karena sebenarnya itu kabel massa bukan arus jadi tidak terjadi konsleting.


skema kelistrikan

Penyelesaiannya tinggal disambung, kalau mau di modifikasi sekalian bisa tinggal pasang saklar rahasia dan taruh dijok kan mantep, sambil menyelam minum air he… he… cara bikinnya, nunggu postingan yang akan datang aja ya kalau ngga lupa…

Ok bro sekian dulu ya postingannya semoga berguna buat yang baca, don’t you forgeted safety first , salam satu aspal, ….