Selamat
malam, pagi, sore mas bro dan mba bro, masih pada setia nongkrong dimari
ternyata, gua jadi terharu…. He… tapi nongkrong kalau ngga ada secangkir kopi
atau teh yang membisu, yaelah nomong apa gua ?/%^* ngga yambung banget. Ok
langsung aja tanpa babibu kita kembali ke topic utamanya swit standar samping,
ya ini memang masalah klasik yang sering kali terjadi buat para pengguna motor
matik Honda.
Kronologinya
biasanya begini, kemarin malam motor bisa idup udah muter – muter keliling
dunia / keliling komplek dah, terus paginya motor ngga bisa dihidupin. Keadaan
motor bisa starter, klakson bunyi, lampu sen ngedip, tapi motor ngga bisa
hidup, saat di kick starter / engkol hasilnya pun sama saja motor ngga bisa
hidup. Dari keadaan seperti itu kita bisa menarik kesimpulan bahwa accu top cer,
tinggal kembali ke teari dasar faktor
hidupnya motor dimulai dari bahan bakar dan udara, pengapian yang tepat,
kompresi, lebih jelasnya link dibawah ini.
http://www.sejeworks.id/2017/04/faktor-hidupnya-motor.html
http://www.sejeworks.id/2017/04/faktor-hidupnya-motor.html
Saat
mengecek busi ternyata, busi tidak memercikan api, dan saat buka cover di bawak
jok ternyata kabel hijau/putih yang menuju ke swit standar samping putus di
makan tikus, posisnya untuk vario series ada disamping kanan di bawah jok, beat
fi ada di belakang spakbor depan, menempel dengan kerangka / sasis.
Ini wijud barangnya..
Kenapa swit
standar samping berpengaruh ke pengapian motor, gambar di bawah ini
penjelasannya. Tapi tidak ada efek untuk part lainnya, karena sebenarnya itu
kabel massa bukan arus jadi tidak terjadi konsleting.
Penyelesaiannya
tinggal disambung, kalau mau di modifikasi sekalian bisa tinggal pasang saklar
rahasia dan taruh dijok kan mantep, sambil menyelam minum air he… he… cara
bikinnya, nunggu postingan yang akan datang aja ya kalau ngga lupa…
Ok bro sekian dulu ya postingannya semoga
berguna buat yang baca, don’t you forgeted safety first , salam satu aspal, ….