Tips Agar Bearing Roda Awet

Cara Merawat Bearing Roda sepeda Motor


Apa kabar para pembaca yang budiman, bukan berarti anda saudaranyanya budi he…. Untuk kali ini yang akan di bahas adalah merawat bearing roda, sebenarnya apa sih fungsinya bearing / laher roda. Bearing roda berfungsi untuk menopang axle shaft (as roda) dan membantu agar roda dapat berputar dengan halus.

Untuk tipe motor sport dan cup (bebek) bearing roda ada dua yaitu :

  • Bearing roda depan
  • Bearing roda belakaang dan driven flange bearing (bearing gear belakang)


Sedangkan untuk motor matik hanya ada bearing roda depan, untuk roda belakang langsung gabung dengan tranmisi / rasio gear.
Sebenarnya untuk masalah bearing sudah di ulas di postingan sebelumnya berikut linknya….
http://www.sejeworks.id/2017/04/cara-baca-bearing-alias-laher.html

Agar bearing roda awet ini ada beberapa tips yang perlu di perhatiakan :


  • Pakailah bearing tipe ZZ     

Zink “ berpelapis seng pada bagian kanan kiri ) kelebihanya selain harganya yang lumayan mahal he…  bearing ini biasanya berusia lebih awet, karna air dan debu tidak akan masuk kesele – sela pelor baja yang ada di dalam bearing.


          Kalau memakai tipe RS (rubber seal ‘’ berpelapis karet ‘’) pasang posisi bagian rubber seal di bagian luar agar air dan debu tidak dapat masuk kesela sela bearing.

untuk lebih jelasnya gua kasih fotocopynya... he...
motor oleng


  • Perhatikan Keadaan Dust Seal/ sil roda


Dust seal berfungsi untuk menutupi bearing dari benda benda asing yang dapat merusak bearing, seal ini sebagai pelindung pertama bagi bearing.  Kerusakan pada sil ini sering kali di akibatkan karena usia pakai, untuk penggantian kurang lebih per 24.000 km.

  • Side collar / bosh roda


Bosh roda /side collar sebenarnya part yang awet dan jarang sekali rusak kecuali terjadi benturan keras karena kecelakaan, tetapi namanya juga manusia istilahnya “ tangane rai so meneng “ tangannya ga bisa diam. Sering kali merubah velg roda yang mengakibatkan harus merubah ukuran side collar / bosh roda tanpa memperhatikan ukurannya, hal ini juga yang dapat membuat bearing roda cepat rusak.

  • Perhatikan dudukan bearing


Kalau dudukan bearing yang terdapat di tromol velg sudah longgar, dan penuh dengan ganjal muali dari seng tutup oli T** 1, malah mungkin sobekan kain. Sebaiknya segera menabung untuk beli teromol / velg baru karna jika di paksakan bearing tidak awet.

  • Medan yang terjal


Jalanan yang rusak dan bergelombang juga mempengaruhi usia pakai laher roda / bearing roda, sebisa mungkin untuk menghindari jalanan berlobang.  Sebenarnya utuk point ini tidak bisa di tanggulangi oleh biker, karena ini urusannya PU. He…. He…..
Udahan dulu ya bro, soalnya gua mau beli bearing  / laher…
Untuk lebih jelasnya gua kasih video berikut chek it dot….