5 Penyebab Rem Blong Sepeda Motor

Para bro sekalian dari mas bro dan mba bro, untuk kali ini yang akan kita omongin masalah rem yang nggak pakam atau bisa dikatakan blong. Hal ini amat berbahaya bagi keselamatan pengendara dan orang lain maka dari itu harus benar – benar di perhatikan dan tidak diabaikan atau malah dianggap remeh. Karena rem pada sepeda motor hanya terdapat dua yaitu hydraulic disk / cakram dan teromol, maka untuk uraian kali ini akan gua akan buat dengan jelas dan sesimpel mungkin, ok.. langsung aja bro…

5 Hal yang Menyebabkan Rem Tidak Pakam / Blong :



  • Kanvas Rem



Sebenarnya untuk part ini semua orang juga tahu, bahwa kanvas rem yang telah tipis atau habis akan membuat pengereman menjadi tidak maksimal  / pakam entah itu rem cakram atau teromol. Tapi ada satu hal yang harus para biker tahu ada beberapa jenis kanvas rem yang beredar di pasaran antara lain non-asbestos (original), asbestos, keramik, dan semi metallic, sering kali bikers asal beli tanpa mengetahui bahan yang dipakai dan efeknya rem menjadi tidak pakam / blong.


Dibawah ini linknya

Buat Biker Wajib Tahu Bahan Kanvas Rem Biar Ngga Salah Pilih

  • Minyak Rem



Minyak rem juga sesuatu yang sangat berpengruh pada, system pengereman sepeda motor terutama tipe cakram. Pabrikan menganjurkan untuk memakai minyak rem dot 3 atau dot 4, dan tidak boleh dibawah standart dari ketentuan tersebut. Kemudian kesalahan yang sering terjadi atau malah di sengaja yaitu dengan mencampur minyak rem dengan merk yang berbeda, kenapa gua bilang ini kesalahan ?? karena setiap merk minyak rem mempunyai titik didih yang berbeda dan kandungan zat yang berbeda pula, untuk itu jika melakukan penggentian minyak rem jangan lakukan setengah – setengah / kuras sampai habis sampai benar – benar tidak tersisa.

Agar lebih jelas, dibawah  ini linknya.



  • Disck / Piringan Cakram



Piringan cakram mempunyai ketebalan 4,0 mm  +/- 0,2 itu untuk piringan cakram baru, sementara batas servisnya 3,5 mm kalau sudah dipakai buat jalan. Nah jika ketebalan piringan cakram lebih dari batas servis dianjurkan dilakukan penggantian, tapi kalau dompet ada isinya he….  Sebenarnya masih bisa dipaksakan untuk di pending sementara / sementaun, dengan menggerenda bagian pinggir dari kanvas rem. Jika itu kanvas baru, intinya roda bisa diputar secara enteng tidak seret saat melakukan penggantian kanvas rem cakram.
Bagaimana dengan piringan cakram after market / variasi yang banyak dijual di pasaran? sebenarnya  ngga masalah sih, kan motor lu bro masang gua larang..      et… dah jawaban apaan ini, ngga banget. Maksudnya ok .. ok saja yang terpenting perhatikan breket kalipernya jika memakai piringan cakram diameter lebar, karena baisanya akan menimbulkan masalah baru.


honda beat



  • Sil Master Rem / Master Piston Rem



Komponen ini berfungsi saat hendel rem di tarik atau pedal rem diinjak maka sil master rem akan memompa minyak rem yang kemudian menekan piston caliper sehingga kanvas rem terdorong dan kemudian menekan piringan cakram. Sil master rem sangat penting bagi system pengereman, jika sil master mulai rusak akan di tandai hendel sangat keras (mbagel)  saat ditarik dan rem kadang nyelonong  / ngelos. Jika sil master rusak parah maka rem akan benar – benar blong tidak mengunci sama sekali.  



  • Drum Brake / Teromol


Ini untuk sepeda motor yang memakai rem teromol, drum brake / teromol seiring berjalannya waktu dan jem terbang sepeda motor disertai dengan pengereman yang sering dlakukan maka teromol bagaian dalam akan cepat aus / termakan oleh kanvas rem. Sehingga jika teromol bagian dalam tersebut aus secara parah saat penggantian kanves rem baru pun hasilnya sama saja yaitu terlalu jauh setelan rem teromol, dan terlalu dalam tekanan yang harus di berikan entah itu di injak ( motor bebek , sport ) atau di tarik ( motor matik).


Sekian dulu bro buat postingan kali ini, jangn lupa safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal, buat video lain waktu gua buatin… he… he…   

jangan lupa bro chek it dot...