4 Part Penyebab Motor Matik Ngorok / Noise

Selamat pagi siang sore malem para bro semua, kali ini gua khususkan buat para bikers yang memakai motor matik, entah mas bro atau mba bro. Pasti timbul pertanyaan kenapa kebanyakan yang gua posting tentang motor matik ???  itu disebabkan motor tipe cup / bebek sudah mulai ditinggalkan oleh para bikers seantero nusantara. Entah dari pabrikan sayap mengepak (Honda) atau garputala (Yamaha), hal ini dibuktikan dengan jumlah produksi motor tipe cup dari tiap pabrikan. Ngga percaya juga ?? hitung sendiri jumlah motor metik di parkiran atau yang berseliweran di jalan raya.

Dari pada ngomong panjang lebar, mendingan langsung kita check it dot sesuai judul yang telah dibuat, yaitu 4 hal yang harus di cek jika cvt motor matik ngorok..

4 Penyebab Motor Matik Ngorok :


  • Rumah Roller dan boss rumah roller

Rumah roller / moveble drive face terletak di bagian pulley depan yang langsung berhubungan dengan kruk as / crank shaft. Sebenarnya usia pakai rumah roller agak lama alias awet karena jarang rusak, tetapi pada umumnya setelah sepeda motor berusia lebih dari 3 tahun akan part tersebut akan mulai aus. Pemilihan roller yang tidak presisi juga memperparah kondisi rumah roller / moveble drive face, hal ini ditandai dengan adanya clerence / celah yang besar antara rumah roller dan boss rumah roller (drive face boss).

Untuk mengetahui bahwa rumah roller rusak, bisa dilihat dengan adanya serbuk karat disekitar rumah roller dan boss rumah roller. Cara lainnya adalah menggoyangkan boss rumah roller dengan rumah roller, jika terlalu oblag / goyang dipastikan rusak karena seharusnya posisi boss rumah roller agak seret. Biasanya keadaan boss rumah roller ada bagian yang mbaret / luka. Sebaiknya lakukan penggantian secepatnya karena biasanya kerusakan pada dua komponen tersebut akan merembet ke roller dan vbelt.

ini gambarnya bro...

rumah roller



  • Bearing Blok CVT

Dibagian blok cvt hanya ada satu bearing yang biasanya di bagian diameter dalam terdapat ring tembaga, bagian ini langsung berhubungan ke as shaft drive dibagian rasio / transmisi. Cara mengeceknya cukup mudah tinggal bandingkan saja ?? apa ya ini ?? suaranya bro pikiranya jangan ngalur – ngidul dulu wk… wk…

Jadi pertama usahakan sepeda motor pada posisi standar tengah posisi mesin mati, kemudian putar roda belakang dengar dengan teliti suara yang dihasilkan oleh putaran roda tersebut ?? kasar atau tidak.

Kemudian buka blok cvt, posisi motor tetap pada posisi semula, kemudian putar roda belakang dan bandingkan suara yang dihasilkan dengan suara sebelum blok cvt dibuka.
Jika suara saat blok cvt terpasang lebih kasar dari pada saat blok cvt terlepas maka bisa dipastikan bearing  blok cvt sudah mulai aus, tapi jika saat blok cvt dibuka dan suaranya masih kasar / noise maka perlu proses selanjutnya, penjelasannya dibawah ini.


bearing cvt


  • Bearing Driven Face

Driven face terletak di bagian pulley belakang, bearing driven face terdapat 2 macam, yaitu laher / bearing bambu dan laher biasa. Umumnya suara ngorok / noise berasal dari bearing / laher bambu, yang posisinya paling belakang dari driven face.

Cara mengeceknya kelanjutan dari proses diatas, cuman perlu bongkar outer clutch setelah itu putar roda belakang dan bandingkan saat driven face dipasang dan di copot saat memutar roda belakang. Karena pada posisi ini, kita akan mengambil kesimpulan, dari penyebab noise tersebut apakah berasal dari driven face atau dari bagian rasio / transmisi.

  • Transmisi / Rasio

Nah untuk yang satu ini pernah gua omongin, jadi langsung aja gua kasih linknya chek it dot, pokoke….





Ok bro sekian dulunya, karena udah cukup panjang tulisan ini, jadi salam satu aspal aja, keep riding no arogan, safety first….   …    



Ini videonya bro check it dot.