Mengatasi Penyakit dari Honda CB150R

Selamat datang para bro semua dari yang keren sampai yang ngga keren, dari yang gentel sampai yang feminim, dari yang pria sampai yang wanita. Pokoknya salam satu aspal dulu and keep riding no arogan, untuk kali ini yang mau diomongin mengenai penyakit?? Et ... dah kaya dokter aja. Maksudnya penyakit atau kerusakan yang sering terjadi dari motor CB150R STREET FIRE, alias CB150R generasi pertama yang dimulai launching pada akhir tahun 2012 kalau ngga salah... he...
Jadi buat bro yang merasa memiliki, dan mau beli secondnya baca dulu artikel yang sangat keren menurut gua, he.... ok dari pada banyak ngelindur mending langsung chek it dot..

Kabel CKP / Spull Yang Terbakar

Nah gua pretelin dulu maksudnya gua jelasin ala kadarnya soalnya sudah gua omongin tentang fungsi – fungsi sensor di motor injeksi, dibawah ini linknya.


kabel CKP yang dimaksud ini adalah bagian soketan / konektor 6 P yang menghubungkan antara kabel body dengan sensor CKP. Kalau hal ini dibiarkan saja maka akibatnya akan mengarah ke bagian pengisian dan penerangan dari motor CB150R tersebut dan ujung – ujungnya motor akan sering mogok.
Solusinya cukup diganti soketan / konektor, bisa juga langsung sambung antara kebel body dengan kabel CKP / spull. Tapi harus hati – hati karena terdapat tiga kebel berwarna kuning dan tidak boleh saling tertukar, tutup sambungan dengan solasi bakar / selang bakar biar kuat dan jangan memakai solasi biasa atau malah solasi kertas dan parah lagi pakai bungkus plastik he.... he...
Ini penempakannya bro..


cb150r street fire



Lifter Tensioner dan Keteng


Buat part / komponen yang ini sebenarnya hal biasa yang terjadi pada sepeda motor entah merk garpu tala, sayap mengepak atau logo S. Jadi gua ngga ngomong panjang lebar, oh ya...  dibawah ini linknya.

Fuel Pump dan Tangki Bahan Bakar


Fuel pump atau pompa bahan bakar kenapa gua sandingin jadi satu, karena meraka pacaran !! et dah .... bukan itu alasannya karena saling keterkaitan sumber masalahnya yaitu air, entah air hujan atau air cuci steam. Karena biasanya kalau tangki bahan bakar sudah kemasukan air maka tangki tersebut akan korosi / keropos dan karat yang di akibatnya akan ikut menggangu fuel pump / pompa bensin. Nah ini link penjelasannya...

Piting Lampu Terbakar


Piting lampu ini maksudnya adalah lampu utama, karena lampu CB150R berukuran 55 watt / 12 volt maka kelebihannya nyala lampu yang terang tapi akibatnya bagian piting lampu yang sering terbakar. Kemudian penggunaan arus dari accu / aki akan besar maka untuk mengatasinya ada dua cara yaitu di buatkan saklar ON / OFF pada lampu utama, dan mengganti lampu dengan arus / watt yang lebih kecil bisa memakai lampu origianl verza / scoopy tapi harus sedikit merubah bagian kaki – kai lampu tersebut agar bisa di pasang. Cara yang lebih mudah tinggal membeli lampu after market bisa Phillips atau Osram dengan watt 35.

As Roda Belakang Macet

Nah ini yang agak rumit dan menjengkelkan, karena harga as roda paling Rp 30 ribu. Tapi kalau mecet ngga bisa di lepas seluruh keringat, emosi, dan was – was tersajiakan menjadi satu sebagai kopi white atau pikir sambil seruput kopi... he....
Jadi pas kebeneran as roda motor cb150r di bongkar dengen enteng, maka sebelum pemasangan oleskan greas / oli supaya tidak terdapat karat dan akhirnya macet. Jangan samapai sudah macet atau kejadian baru menyesal tak melakukan saran mbah.... he....

Ini gambarnya bro, as roda yang di lecetin pakai gerinda bukan di potong ya bro... he...

as roda


Pinion Starter Rontok


Saat motor CB150R di hidupkan dengan memakai starter elektrik kemudian ada suara tok...tok.. di bagian magnet maka hal itu di pastikan bahwa pinion starternya rontok / gompal. Solusinya ganti dengan pinon starter yang baru.


Ok bro sekian dulu ya karena udah kehabisan kata – kata he...., moga berguna buat para bikers. Salam satu aspal....