4 Penyebab Lampu Depan Motor Sering Putus

Selamat pagi para bro semua, entah yang ngebuka blog ini pagi, siang, sore atau malam. Biar semangatnya seperti pagi yang penuh ambisi dan power positive lah pokoknya, intinya selftalk yang baik – baik ya bro agar hidup berasa lebih hidup, sorry lagi rada ngelindur dikit.
Kali ini yang mau diomongin masalah lampu depan / head light, karena kalau ngebahas lampu ngga ada habisnya, dari yang sering putus, nyala ngga terang lah, reflector / mika lampu meleleh, ngurut kabel, kelistrikan pokoknya ribet ya mirip hidup lu, he….. becanda bro. Dari pada banyak omong langsung aja kita chek it dot,…..



lampu halogen



Penyebab Lampu Utama Sering Putus :


  • Overcharge


Sebenarnya ini pernah diomongin dipostingan terdahulu, jadi gua bahas sedikit. Overcharge pengisian arus listrik yang berlebih ke accu / aki, karena seharusnya saat sepeda motor digas mentok RPM motor sekitar 11.000 arus pengisian tidak boleh lebih dari 14,5 dan ada juga tipe tertentu sampai 15,5. Jadi gebug ratanya jika pengisian lebih dari 15,5 maka itu overcharge. Dan apa sajakah yang akan rusak, biasanya lampu yang akan putus pertama kali setelah itu accu / aki akan terasa panas berlebih dan boom meledak. Ya walaupun ledakannya ngga kaya rudal balastik punya korea utara he….. paling bunyinya pus… doang.
Jadi apa penyebab, yaitu jalur pengisian yang bermasalah bisa dari kiprok / rectifier, spul, accu / aki dan kabel bodi, agar lebih jelas ini gua kasih linknya…


  • Sistem AHO (Automtic Headlight On)


Untuk sepeda motor keluaran terbaru, hampir semua pabrikan menerapkan system ini yaitu lampu depan tidak menggunakan saklar On/Off, lampu akan selalu menyala saat kondisi sepeda motor tersebut dihidupkan. Akibatnya usia pakai lampu tersebut akan cepet berkurang dan lampu cepet putus.
Apakah ada solusinya ?? cukup memasang saklar On / Off pada jalur lampu utama tapi ingat yang di putus kabel massa, jangan kabel arus soalnya bisa mempengaruhi usia pakai saklar tersebut kadang akan terasa sangat panas dan cepat rusak. Jika ngga mau pasang saklar ON / OFF bisa memilih alternatih lainnya yaitu cukup mengatur nyala lampu, maksudnya saat siang hari gunakan lampu jarak jauh sedangkan saat malam hari pakai lampu jarak dekat. Bagi yang mau praktek dan ngga hafal warna kabel massa motornya, ini gua kasih linknya…..


  • Lampu Depan Terkena Air


Masuknya air kedalam reflector ini sering terjadi jika reflector rusak / bolong, bukan part original, dudukan lampu / fitting lampu tidak ada karet pelindung. Perbedaannya akan sangat kelihatan jika lampu putus karena air dengan putus krena usia pakai dan adanya hubungan arus pendek. Untuk lampu yang putus karena terkena air akan berwarna kehujau – hijauan, beda halnya dengan putus karena usia pakai atau terjadi hubungan arus pendek, lampu akan berwarna kehitam – hitaman. Ini penampakannya bro….



lampu honda beat


  • Menggunakan Lampu Bukan Original Pabrikan


Memang pabrikan membuat lampu depan dengan model itu - itu saja, warnanya ngebosenin ngga warna – warni. Alhasil kepingin pakai lampu variasi, it’s ok lah tapi harus dicermati berapa ukuran watt lampu variasi tersebut dan bandingkan dengan lampu yang standart yang dipakai, jangan memaksa dengan memakai watt berlebih. Bukannya gua nakut – nakutin, ini jepretan terhangatnya bro….


lampu honda vario




Ok sekian dulu ya, moga bisa membantu unek – uneknya sehingga ngga sia- sia mantengin tulisan ini sampai kelar. Jangan lupa safety first, keep riding no arogan salam satu aspal, wor wor …….