Selamat datang kembali mas dan mba bro, long time ngga update.
Kali ini yang mau dibahas tentang cara stel kopling motor bebek dan motor sport
dari semua merk. Dan gua lengkapin dengan video tutorialnya biar mantep dan lu
bisa langsung action lah… Tapi jangan lupa jarak main bebas kopling harus
diperhatikan karena mempengaruhi umur pakai dari kanvas kopling dan komponen
terkait.
Fungsi Kopling
Kopling atau Clutch berfungsi untuk memindahkan tenaga
secra perlahan – lahan dari poros engkol ke transmisi kemudian dari transmisi
mengubah tingkat kecepatan sesuai keinginan biker. Pada posisi normal dan
kopling berfungsi dengan baik, saat biker menekan pedal kopling, tenaga mesin
(poros engkol) akan diputuskan. Kondisi inilah yang mempermudah terjadinya
perpindahan gigi.
Pada Sepeda Motor Terdapat 2 Jenis Kopling :
Kopling Sentrifugal
Kopling yang bergerak menyamping dan menjauhi titik
pusat dari sumber tenaga (poros engkol). Pada sepeda motor bebek / cup model kopling
sentrifugal juga biasa disebut sebagai kopling primer / primery clutch karena terhubung
langsung ke kuk as / poros engkol (crankshaft).
Tapi pada sepeda motor model matik kopling sentrifugal
langsung berhubungan dengan transmisi maka ada yang menyebutnya kopling
sekunder / ganda, pada intinya tergantung masing – masing orang menyebutnya
apalah arti sebuah nama jika memingat fungsinya he….
Komponen – komponen kopling sentrifugal :
Outer Clucth / Mangko Kopling bagian yang langsung
bergesakan dengan kanvas kopling.
Inner Clutch
berisi one way clutch sebagai penyearah putaran kopling sentrifugal.
Clutch Weight atau kanvas kopling sentrifugal yang
berbentuk seperti kanvas rem tromol.
Drive Plate sebagai dudukan kanvas kopling sentriugal.
Drive Gear sebagai penghubung antara outer clutch dengan
kopling sekunder.
Cara kerja kopling sentrifugal
Saat sepeda motor berputar secara stasioner / langsam
drive plate belum bekerja secara maksimal, sehingga outer clutch belum
berfungsi tapi saat mesin mulai berputar lebih dari 1500 Rpm maka drive plate akan
mengembang karena adanya gaya sentrifugal.
Kopling Manual
Kopling manual alias kopling plat gesek yang berbentuk
lingkaran yang terdiri dari unit kopling yaitu kanvas kopling, plat tekan dan
pegas kopling. Kopling ini seringkali disebut sebagai kopling sekunder karena
posisinya langsung berhubungan transmisi utama pada sepeda motor, contoh sepeda
motor tipe bebek dan sport.
Artikel Terkait
Sejarah Sepeda Motor di Dunia
Faktor Yang Mempengeruhi Hidupnya Motor
Artikel Terkait
Sejarah Sepeda Motor di Dunia
Faktor Yang Mempengeruhi Hidupnya Motor
Komponen – Kompone Kopling Manual
Outer Clutch biasa disebut sebagai rumah kopling
berfungsi meneruskan tenaga dari drive gear ke bagian transmisi pada sepeda
motor model sport dan bebek (cup).
Presure Clutch dan Clutch Center berfungsi sebagai
dudukan kanvas kopling dan plat kopling.
Kanvas Kopling dan Plat Kopling yaitu komponen yang langsung saling
bergesakan dan sebagai pemutus tenaga ke transmisi.
Liter Plate tempat dudukan pegas kopling, duduk bearing dan
baud pengikat pressure clutch dan clutch
center.
Cara Kerja Kopling Manual
Pada saat hendel kopling ditekan clutch liter bearing
(dudukan bearing) akan ikut menekan preasure clutch sehingga terdapat gap /
jarak antara kanvas kopling dan plat kopling. Akibatnya putaran tenaga yang
menuju transmisi dan roda belakang akan terputus.
Kemudin saat gigi tansmisi dimasukan dan hendel kopling
dilepas perlahan – lahan, pada saat itu juga plat dan kanvas kopling kembali
rapat secara perlahan – lahan. Sehingga putaran mesin menuju transmisi
diteruskan sampai ke roda belakang dan sepeda motor kembali berjalan dengan
memakai tenaga dari putaran mesin tersebut.
Ok bro cukup jelas ? dari penjelasan diatas kalau mubung
santai saja ngopi dulu ngopi he… langsung saja ke penyetelan kopling sepeda
motor. Karena sepeda motor mempunyai 3 jenis kopling berdasarkan cara kerjanya
yaitu Automatis, Semiotomatis dan manual. Tapi untuk jenis otomatis ngga
mungkin distel he… maka yang mau diomongin tentang semiotomatis (bebek / cup)
dan manual (sport). Langsung saja check it dot…
Cara Stel Kopling Sepeda Motor
Cara Stel Kopling Motor Bebek / Cup Honda, Yamaha, Suzuki
Sebenarnya dari semua merk mempunyai persamaan cara
kerjan dan cara meneyetelnya, tapi ada perbedaan diposisi dan kunci untuk
menyetel clutch adjester bolt (baud stelan kopling). Contoh untuk semua model
honda memakai obeng min (-) dank unci ring 14, Yamaha memakai obeng plus (+)
sedangkan Suzuki memakai kunci T8 dan kunci ring 14.
Ok langsung saja bro sikat …
Siapkan dulu alatnya liat penjelasan diatas persis dan jangan
sampai salah motor pabrikan mana he….
Usahakan sepeda motor posisi mati atau kondisi mesin
tidak dihidupkan dan oli mesin mempunyai takaran yang pas lebih bagus lagi baru
ganti oli mesin.
Untuk pabrikan honda gunakan obeng min (-) untuk menahan
adjuster clutch (stelan kopling) dan kunci ring 14 melonggarkan lock nut (mur
pengunci).
Lihat gambar dibawah…
Untuk pabrikan Yamaha gunakan obeng plus (+) untuk
menahan adjester clutch (stelan kopling) dan kunci ring 10 melonggarkan lock
nut (mur pengunci).
Lihat gambar dibawah…
Untuk pabrikan Suzuki gunakan T8 untuk menahan adjester
clutch (stelan kopling) dan kunci ring 10 melonggarkan lock nut (mur pengunci).
Setelah posisi mur pengunci (lock nut) adan stelan
kopling (adjuster clutch) saling terpisah / tidak dalam posisi terkunci atau
seret. Putar adjuster kearah kanan / keluar tujuannya agar kanvas kopling netral
/ tidak dalam posisi tertekan oleh adjuster clutch.
Kemudian putar kedalam / kekiri sampai penuh mentok dan
jika sudah mentok jangan dipaksakan karena dapat merusak adjuster tersebut.
Selanjutnya putar kearah kanan / keluar beri 1/8 atau 1/4
putaran jika belum pas maka kasih ½ putaran tergantung keausan dari kanvas
kopling tersebut. Nah untuk ini feeling yang bermain tapi lebih baik kasih 1/8 putaran
dulu baru tambah putaran lagi jika dirasa kurang pas.
Posisi pas yang dimaksud adalah dimana posisi
perseneling ditekan kedepan akan bergerak 30 mm (jarak main bebas) dan kopling
terasa empuk.
Jika sudah dirasa pas maka kencangkan lock nut (mur
pengunci).
Cara Stel Kopling Manual Motor Sport Honda, Yamaha, Suzuki
Siapkan alat dulu berupa tang, kunci pas 12 dan kunci
pas 14 jangan lupa pastikan motornya ada he…
Selanjutnya buka karet penutup hendel kopling dan
kendorkan mur pengunci dengan tang dan putar adjuster clutch kerah dalam /
mendekati handel kopling. Sisakan beberapa ulir agar dan kencangkan mur
pengunci (lock nut).
Pada kabel kopling bagian bawah kendorkan atau pisahkan
mur 12 dan 14, selanjutnya cari jarak pada hendel kopling 10 – 15 mm. Dengan
cara maju atau mundurkan mur 14 tersebut, jika sudah ketemu dekatkan dan
kencangkan mur 12 dengan mur 14 agar posisi keduanya terkunci / seret.
Langkah terakhir cek hasil pengerjaan terutam jarak main
bebas handel kopling.
Untuk lebih jelasnya ini videony jangan lupa subscribe
ya bro..
Ok bro berhubung mata gua udah pegel jadi akhiri dulu
ya, see you. Jangan lupa safety first and keep riding no arogan salam satu
aspal…
Komentar
Posting Komentar