Modal 20 Ribu, Accu Ngedrop Kembali Normal

Selamat datang para bro semua long time no see, kali ini gua mau ngomongin soal accu / aki kering (maintenance free). Bukan masalah harga atau plus minusnya tapi mereparasi accu yang sudah ngedrop alias soak, bagaimana tertarik untuk mencobanya ?. Modalnya hanya 20 ribu 5 ribu untuk beli air accu zuur dan 15 ribu untuk beli sealant, accu kering bisa normal jaya lagi dan bisa dipakai untuk sementara atau bahkan sementaun tapi untuk masalah kualiatas ya harap maklum karena barang reparasi / rekondisi jadi jangan terlalu ngarep bingit.


memperbaiki accu ngedrop



Apakah pakai cara ini berhasil 100 % ? jujur ngga semua berhasil tergantung kerusakan dari accu tersebut tapi setidaknya lu sudah berjuang walau tak terlihat dimata he…. Berapa lama accu rekondisi ini bertahan ? accu kering baru biasanya akan bertahan 1 tahun lebih dengan catatan system pengisian normal jaya ngga ada yang over charging dari kiprok atau low charging karena kerusakan kiprok dan spul pengisian. Maka untuk accu rekondisi tersebut paling tidak akan bertahan kurang lebih sampai 1 tahun dengan system pengisian yang normal.

Ini artikel terkait,



Apakah akan berpengaruh ke sepeda motor injeksi ? selama accu dalam posisi tegangan stand by  kurang lebih 12,50 volt dan bisa starter elektrik maka ngga ada masalah. Masalah yang sering terjadi biasanya korosi pada dudukan accu yang disebabkan karena air accu yang rembes / keluar dari accu, seperti problem accu basah. Untuk mempersingkat waktu langsung saja bro sikat….  


Cara Memperbaiki Accu Kering Yang Ngedrop


Peralatan dan Bahan

Sarung tangan plastic dan kacamata

Sebab safety itu penting dan kualitas itu harus, air accu zuur jika terkena tangan akan terasa gatal dan perih usahakan jangan digaruk – garuk tapi langsung cuci tangan dengan sabun.

Air Accu Zuur

Air accu ini biasanya digunakan untuk pengisian accu / battery tipe basah saat pertama kali pengisian, tutup botol atau botol tersendiri biasanya berwarna merah. Jangan sampai salah beli karena disaran ada jenis air accu, yaitu air accu zuur berwarna merah dan air accu biasa berwarna biru. Untuk lebih jelasnya ini gambarnya bro, lu liat aja sendiri mana bedanya


aki basah

Obeng min (-) kecil / stelan angin

Dipakai untuk mencungkil atau membuka tutup accu kering contoh model A.

Soldier

Digunakan jika tutup accu sangat rapat contoh model B, intinya sebagai pengganti obeng min (-) karena pabrikan mempunyai dua jenis tutup accu / aki untuk lebih jelasnya lihat gambar paling atas.

Lem campur / lem plastic

Bisa juga memakai sealent untuk merekatkan kembali, penutup accu setelah diperbaiki agar tidak ada rembesan / kebocoran yang berasal dari penutup accu tersebut. Sehingga tidak menimbulkan korosi pada bagian yang terkena rembesan air zuur.

Majun atau kain lap

Untuk membersihkan air zuur, jika air zuur tumpah karena pengisian yang terlalu kebanyakan.

Charger accu / aki

Jika mempunyainya, tapi kalau ngga punya bisa memakai alternative lain yaitu memakai sepeda motor untuk lebih jelasnya baca sampai kelar ya bro…

Langkah – Langkahnya Memperbaiki Aki Soak

Bersihkan dahulu seluruh body accu dan buka tutup accu dengan memakai obeng min (-) dengan cara mencongkelnya pastikan tidak ada body accu yang bolong / rusak karena proses congkel tersebut, jika posisi tutup accu sangat rapat pakai soldier liahat gambar paling atas accu A. 

Setelah tutup accu terbuka maka akan terlihat karet penutup yang berjumlah 6 dan buka karet tersebut masukan air accu zuur secara perlahan.

Kemudian pasang kembali karet penutup tadi yang berjumlah 6 dan pastikan tidak ada air zuur yang tumpah / bocor di sekitar body accu, jika ada bersihkan dengan majun / kain lap.
Langkah selanjutnya pasang kembali tutup accu dan jangan lupa lumasi dengan lem campur / lem plastic atau sealent agar accu benar - benar rapat, karena kebocoran pada accu akan menyebabkan korosi pada komponen disekitar accu terutama sasis / kerangka.

Apakah proses proses memperbaiki accu sudah selesai ? dan ternyata belum bro, tahap selanjutnya adalah pengecasan accu. Jika ngga punya charger accu maka beli saja ke gua, he…. Ini gambarnya

Produk made by BRT dan kebetulan gua di kasih ijin untuk jualan produk – produk tersebut, ngomongin harga dilapak ini dijual sesuai harga pasaran bro.


cas aki



Harga charger accu motor  Rp 670.000,
Harga charger accu mobil  Rp 850.000,
Harga charger accu jumbo  Rp 1.120.000,

Belum termasuk ongkir ya bro…..


Tapi kalau ngga mau beli charger accu / aki bisa memanfaatkan tukang aki atau memakai sepeda motor sebagai media pengecasan accu rekondisi tersebut. Caranya pasang accu pada sepeda motor, kemudian hidupkan motor dengan memakai kick starter (diengkol) jangan pakai starter elektrik agar accu tidak langsung bekerja keras karena pada dasarnya accu belum mempunyai tegangan listrik yang memadai atau masih soak / ngedrop.
Setelah motor hidup tarik grip gas sampai rpm diatas 5.000 selama minimal 30 menit, kenapa diatas 5.000 rpm ? sebab arus pengisian pada sepeda motor terbaik pada rpm tersebut. Kalau sepeda motor tidak mempunyai takometer maka pakai filing meter (kira – kira) saat sepeda motor berjalan pada kecepatan 60 km/jam. Bagaimana kalau dibiarkan pada posisi langsam / stasioner ? maka arus pengisian tidak akan maksimal, pakai rpm 5.000 saja minimal 30 menit apalagi dibiarkan pada posisi langsam / stasioner yang hanya 1.300 rpm.

Jika memakai charger accu, maka lakukan pengecasan secara maksimal sampai full, berapa lama ? bervariasi tergantung dari kerusakan accu tersebut antara 1 sampai 2  jam dan ada yang rusak ngga bisa dibenerin.

Cara Mengecas Accu

Ukur dahulu tegangan awal sebelum di cas dengan avometer.

Kemudian pasang kebel charger accu / aki yaitu kabel merah charger jepitkan ke terminal positif (+) accu dan kebel hitam charger jepitkan ke terminal negative (-) accu, jangan sampai terbalik jika terbalik maka charger tidak akan bekerja.

Setelah itu nyalakan charger accu dengan cara menekan tombol on dan tak lupa masukan colokan charger ke terminal listrik.

Tunggu sampai charger menyala maka charger accu pintar ini akan menunjukan tampilan performa dari accu diantaranya :

Tampilan      Indikasi                                                        Tindakan
Diag             Proses diagnosa kondisi accu      
nobat           jepit terminal accu copot / kebalik                             periksa terminal accu
12.55           besarnya tegangan accu yang diukur
99.66           menunjukan performa accu / kapasitas pengisian
C-03            performa accu < 80 % beberapa sel rusak        ganti / cas ulang
C-02            performa accu < 12,5 % beberapa sel rusak     ganti / cas ulang 10 jam
C-01            performa accu < 12,5 % beberapa sel rusak     ganti / cas ulang 30 menit
Bad              accu sangat jelek tdk bisa menyimpan arus       harus ganti accu


Selain tampilan diatas ada beberapa tampilan lain diantaranya :
30 M : 30 menit pengecasan
1 H : 1 jam pengecasan
POL : jepit terminal terbalik pemasangan
2 H : 2 jam pengecasan
BOOSTER : pengecasan cepat
INTELLEGENT : pengecasan cerdas / automatic
Kapasitas > 95 % : bagus (good)
99 % : penuh (full)


Untuk lebih jelasnya liat aja videonya check it dot….





Akhir kata sekian dulu bro selamat mencoba jangan lupa safety first and keep riding no arogan, salm satu aspal…

Posting Komentar

0 Komentar