Apasih Kelebihan dan Kekurangan Smart Key Sepeda Motor


Sejeworks – Perubahan zaman selalu dibarengi dengan perubarubah teknologi, yup… mam.. dalam hal ini yang lagi diomongin sepeda motor ya bro. karena blog yang ngga keren ini memfokuskan pada sepeda motor, dari jamannya platina menjadi CDI. Terus karburator menjadi Fuel Injection, nah sekarang ini ada yang baru juga yaitu Smart key. 


smart key yamaha




Ya walaupun setiap pebrikan memberi nama yang berbeda tapi intinya sama alias beti (beda tipis) dari bentuknya, cara pakainya dan system kerjanya. Untuk Pabrikan Yamaha menamainya Advance Key System, Suzuki menamainya Keyless Ignition System sementara Honda memberi nama Honda Smart Key System, bener kan bro kesimpulannya beti jadi garis besarnya Smart Key alaias kunci pintar.

Kelebihan Smart Key System


Aman dari Curanmor

Kenapa disebut smart key atau kunci pintar ? dari teknologinya pokoknya canggih bingit dari kunci kontak konvensional (model lama), sementara dari sisi safety motor pokoknya aman dari jangkauan Kunci leter T (curanmor). Kok bisa lebih aman, pertama si maling mau mencongkel apa ? la wong ngga ada kunci kontaknya hanya pakai remote. Saat sepeda motor posisi mati baik pada posisi kunci stang atau netral, knob (handle lock) tidak bisa diputar – putar tanpa mengaktifkan remote terlebih dahulu.
Jika knob / handle lock diputar dengan paksa dan mungkin bisa pada posisi On, sepeda motor tidak bisa dihidupkan karena tidak adanya sinyal Otentikasi ID dari remote ke Smart Kontrol Unit. Karena setiap sepeda motor mempunyai kode ID otentikasi yang berbeda jadi      
Artikel terkai :



Kunci Kontak yang Canggih

Sebenarnya teknologi smart key sudah lama diaplikasikan pada mobil – mobil premium tapi untuk sepeda motor lagi anget – angetnya, dimulai Yamaha Aerox 155 VVA tipe S – version, Suzuki GSX - R150  dan yang terbaru Honda All PCX 150. Biasanya di remote smart key terdapat 2 tombol yaitu Answer Back dan Immobilizer, tapi ada juga pabrikan yang menambah anti theft (alarm anti maling) pada remote tersebut.

Kekurangan Smart Key System

Pemakaian Yang Ribet

Kok ribet, sebab lo perlu belajar mengoprasikan dan beradaptasi dengan teknologi smart key ini, karena cara memakainya berbeda dengan kunci kontak konvesional / model lama.

Harga yang Mahal

Sesuai dengan teknologi yang ditawarkankan harga satu set smart key lumayan mahal, ya bisalah buat DP motor lagi. Maka dari itu buat para bro, yang motornya pakai teknologi smart key harus hati – hati saat menyimpan kode ID otentikasi karena setiap motor mempunyai kode yang berbeda. Jika remote smart key hilang dan kode ID Otentikasi masih ada maka bisa membeli remote lagi dan mendaftarkanya menggunakan kode Otentikasi tersebut. Tapi jika remote hilang kode otentikasi hilang juga / lupa maka siap – siap saja mengganti satu set Smart Key Sistem dan harganya beh… ngga nahan..

Komponen Smart Key

Remote Smart Key
Berfungsi sebagai tombol – tombol pengoprasian On / Off pada remote smart key, Answer Back Sistem dan Anti Theft (jika ada).

Smart Handle Lock (Knop / Papan Kunci)
Untuk menghidupkan system kelistrikan, membuka jok dan tangka bahan bakar.

Smart Kontrol Unit
Sebagai computer / otak dari Smart Key Sistem yang mengirim sinyal otentifikasi ke ECM.

ECM
Sebagai komponen terakhir yang menerima kode otentifikasi dan otak / komputer dari seluruh komponen kelistrikan sepeda motor.



smart key honda



Cara Memakai Smart Key Pada Sepeda Motor Honda PCX

Atur jarak dulu yang bener dengan kendaraan yang memakai smart key, usahakan remote dengan kendaraan mempunyai jarak 1 meter.

Kemudian tekan tombol bergambar kunci pada remote smart key sampai lampu led pada remote berwarna hijau.

Setelah itu tekan knob / smart hendle lock dan tunggu sampai berwarna Biru, selanjutnya putar knob ke posisi On dan nyalakan sepeda motor seperti pada motor matic Honda pada umumnya.


Ok bro sekian dulu postingan kali ini, seperti biasa safety first & keep riding no arogan, salam satu aspal wor… wor… oya jangan lupa subscribe channel youtube gua he…

Posting Komentar

0 Komentar