Ini Bro, 4 Penyebab CVT Motor Matic Geter


Sejeworks – Selamat datang kembali para bro semua, akhirnya bisa update juga ini blog. Bagi para bro yang biasa nongkrong  atau malah jarang sekali gua ucapin thank’s you very much for your attention, tanpa lo semua gua ngga mungkin seperti ini he…. He… ngomong apa tong.


Clucth Scooter Matic



Kali ini yang mau diomongin masalah sepeda motor matic yang tarikan awalnya atau saat lagi RPM rendah teras getar sampai ke bagian stang. Setelah dicari kesana kemari akhirnya sumber masalahnya ketemu yaitu ada dibagian CVT, untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro.



Artikel terkait :









Penyebab dan Solusi Motor Matic Getar


Debu di Bagian Dalam CVT

Ini memang terlihat sangat sepele dan sering kali disepelekan he…. Kasian bener ya bro… Biasanya sepeda motor matik yang telah memasuki km 8.000, bagian CVT akan mulai kemasukan debu jalan yang akhirnya menyebabkan getar pada tarikan awal. Debu – debu tersebut akan menumpuk dibagian rumah kopling (outer clutch) dan pada bagian rumah roller.
Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa getar itu disebabkan oleh debu tersebut ? nah ini sebenarnya gampang tinggal di bongkar bagian CVT, jika bagian CVT bersih dari oli atau greas maka kemungkinan besar sumber masalahnya dari debu. Setelah itu semprot dengan angin kompresor bagian CVT tersebut jika ublek (udara penuh dengan debu) maka hirup udara tersebut, et …. Jangan dihirup ya bro usahakan pakai masker,  safety first pokoknyalah.

Oli Mesin dan Oli Gardan Bocor

Nah ini yang agak eskrim, e… sorry ekstream maksudnya bro, oli mesin dan oli gardan bocor maksudnya bagaimana ?. Setiap sepeda motor matic memakai jenis dry clutch alias kopling kering, jadi secara otomatis bagian CVT tidak terendam oli mesin dan harus pada posisi kering tanpa adanya zat – zat asing di dalamnya.
Apakah oli mesin dan oli gardan bocor bersamaan ? jawabnya kadang bocor bersamaan tapi pada biasanya akan bocor satu per satu dulu karena letak kedua oli tersebut tidak dalam satu lokasi. Oli mesin terlatak di pulley depan dan dibatasi oleh sil CVT depan sedangkan oli gardan terletak di pulley belakang dengan sil CVT belakang sebagai pembatasnya.
Kerusakan pada sil (seal) tesebut yang mengakibatkan kebocoran oli, penyelesainya adalah menggantinya dengan sil /seal baru. Jika kedua sil tersebut rusak dibiarkan saja maka akibatnya selian oli akan berkurang, CVT akan getar dan slip kopling.

Greas yang Bocor

Greas CVT terletak di bagian pulley balakang walaupun ada matic tertentu yang bagian pulley depannya juga memakai greas. Greas alias gemuk atau fat dan masih banyak lagi sebutannya berfungsi sebagai pelumas padat untuk bagian part / komponen tertentu. Untuk pulley depan Bosh roller sedangkan pulley belakang secondry sliding sheave, tapi ada yang melakukan pelumasan berlebih pada komponen lain contohnya roller. Apakah boleh melumasi roller dengan grease ? ya sah – sah saja toh hak mekaniknya tapi kalau slip ya angkat tangan bro… udu urusanku (bukan urusan gue) he…
Kebocoran pada greas diakibatkan karena sil driven face suadah aus / rusak bisa juga saat penggantian greas memberinya dengan takaran yang banyak. Sehingga greas yang tidak mendapat tempat akan bocor keluar menempel dikopling dan rumah kopling.


greas cvt


Kopling Seret dan Dumper Kopling Peang

Setiap motor matic memakai jenis kopling sentrifugal yang bergerak keluar / menjauhi sumber gerakan. Terkadang gerakan dari kopling tidak sepenuhnya keluar bergesekan dengan rumah kopling, hal ini diakibatkan karena dudukan kanvas kopling seret dengan kanvas kopling ganda. Masalah seperti ini sering kali terjadi karena tidak dilakukannya perawatan secara berkala dengan memeriksa pergerakan kopling sentrifugal.
Solusinya dengan melakukan pembongkaran / overhaul bagian CVT secara menyeluruh setiap sepeda motor memasuki km 10.000 ke atas dan jika dumper kopling sudah peang lakukan penggantian. Untuk lebih jelasnya ini penampakannya ada diatas sendiri bro…


Ok bro, sekian dulu bua postingan kali ini, jangan lupa subscribe channel youtube gua ya.... he...
safety first & keep riding no arogan salam satu aspal….

Posting Komentar

0 Komentar