Ini Bro Solusi dan Tanda - Tanda Kanvas Kopling Aus / Habis


Selamat datang para bro semua, dari mas bro dan mba bro yang setia nongkrong di blog yang mengkhususkan bagi para pecinta dan pemakai roda dua. Setelah sekian lama akhirnya gua bisa posting juga he…., karena banyak kesibukan yang cukup menguras waktu dan tenaga. Ok ngga usah basa – basi lagi kali ini yang mau dimongin tentang tanda – tanda kanvas kopling aus atau habis alias terbakar. Sebenarnya untuk mengetahui kanvas kopling aus / habis cara yang paling dianjurkan adalah bongkar kopling dan ukur ketebalan kanvas kopling tersebut dengan jangka sorong. Selanjutnya bandingkan hasil ukur dengan standar yang direkomendasikan pabrikan, tapi kekurangannya adalah apakah lo hapal standar ketebalan kanvas kopling ?? dan buat ngebongkar kanvas kopling lumayan bikin keluar keringat dan keluar duit.


motorcycle clutch


Maka dari itu gua kasih sedikit pencerahan et… dah, supaya lo bisa mendeteksi sendiri apakah kanvas kopling tersebut memang perlu ganti atau BPKB nya yang harus di ganti he…. Sebelum kita masuk lebih dalam kanvas kopling sepeda motor menurut posis terendan oli mesin dibagi menjadi 2 yaitu kopling kering (dry clutch) dan kopling basah (wet clutch). Yang kita mau omongin ini untuk tipe kopling basah yang biasa dipakai untuk motor tipe sport dan bebek (cup). Ok dari pada kelemaan simak saja langsung bro, check it dot.

Ciri - Ciri Kanvas Kopling Habis


Oli Mesin Kotor

Oli mesin baru yang belum digunakan oleh mesin akan berwarna variasi, maksudnya beragam dari merah, kuning, dan Hijau tergantung pabrikan pembuatnya. Tapi jika sudah dipakai oleh mesin akan berwarna hitam jika sepeda motor telah dihidupkan walaupun cuman setengah jam. Hitam disini berwarna bening sementara untuk kanvas kopling yang aus atau habis oli mesin akan berwarna hitam kotor seperti abu bekas bakar – bakar kayu. Walaupun oli mesin tersebut baru dimasukan kedalam mesin dan kemudian sepeda motor tersebut dihidupkan.

Selip Saat Jalan

Untuk motor sport akan sangat terasa jika sepeda motor dipakai buat jalan motor akan ngeden tapi ngga ada tenaganya, dan kalau belum yakin coba buat nanjak apakah motor mempunyai tenaga untuk melibas trek tersebut. Ngga usah cari tanjakan yang ekstreams tanjakan yang biasa aja, jika sepeda motor diasapin doang oleh mocil (motor cc kecil) dengan posisi grip gas dibuka penuh maka bisa dipastikan kanvas kopling aus.
Sementara untuk motor tipe kopling semi otomatis bebek (cup) posisi slip akan jarang terasa, yang ada hanya tenaga / power yang dihasilkan oleh mesin kurang maksimal disalurkan ke transmisi. Untuk lebih jelasnya ini linknya





Akselerasi Kurang Responsif

Sebelumnya sudah pada tahu belum apa itu akselerasi ? kalau sudah, ya sudah, ngomong apaan gua. Akselerasi biasa disebut percepatan alias perubahan kecepatan pada waktu tertentu, bagaimana bingung ? sama berarti. Itu pengertiannya secara umum tapi secara simpelnya pada sepeda motor bisa dirasakan dari hentakan kopling. 
Hal ini ditandai dengan hentakan saat melepas hendel kopling secara mendadak bukan perlahan – lahan pada sepeda motor tipe kopling manual sport atau bebek sport. Jika kanvas kopling masih dalam keadaan bagus maka hentakannya akan kuat tapi sebaliknya untuk kanvas kopling yang telah aus / habis maka hentakannya akan lemah atau bahkan tidak ada hentakan.
Sedangkan untuk motor bebek (kopling semi – otomatis) juga dapat merasakan hentakan yang sama saat melepas perseneling, lho kenapa perseneling (pemindah gigi). Sebab komponen kerja kopling semi – otomatis mempunyai perbedaan dengan kopling manual.   

Susah Pindah Gigi

Saat melakukan perpindahan gigi akan mengalami kesulitan terutama saat menetralkan posisi transmisi, hal ini biasanya terjadi pada sepeda motor tipe manual. Sedangkan pada sepeda motor bebek biasanya akan terasa keras saat melakukan perpindahan gigi.
Motor Ngelos Saat Diengkol
Saat menghidupkan motor rasakan apakah terasa ngelos atau tidak ada beban saat melakukan kick starter atau diengkol, jika iya kemungkinan besar kanvas kopling aus / habis. Tapi dengan catatan kompresi motor tersebut besar paling tidak mendekati standar pabrikan jika diukur dengan kompresi tester. Kalau tidak ada alat tersebut maka cukup memakai jempol tester, caranya dengan melepas busi dan sumpal lubang busi dengan jempol. Kemudian engkol dan rasakan apakah ada dorongan / hentakan dari dalam ruang bakar di jempol tersebut.

Tenaga Mesin Berkurang

Nah ini biasanya akibat terakhir dari kanvas kopling aus / habis, tapi dibutuhkan feeling yang pas untuk mendeteksinya. Jika kanvas kopling sudah parah maka akan mudah dirasakannya tapi jangan menunggu parah baru melakukan penggantian ya bro….


Kapan Waktu Penggantian Kanvas Kopling

Motor Sport

Biasanya pada km 24.000 atau 2 tahun kanvas kopling sudah mulai aus atau habis, tapi memang ada banyak kasus yang belum menyentuh km tersebut kanvas kopling habis karena terbakar. Lho kok terbakar padahal kan ngga ada yang membakar kanvas kopling, atau ngga ada api dalam mesin. Istilah terbakar karena pada umumnya kanvas kopling yang aus / habis akan berwarna hitam seperti arang.
Maka lakukan penggantian kanvas kopling pada km 24.000 +/-, tapi jangan lupa perhatikan preasure dan center clutch apakah aus atau tergerus karena bergesekan langsung dengan kanvas kopling. Caranya cukup dengan visual atau melihatnya pada bagian preasure dan center clutch, apakah ada goresan, terkikis. Bagaimana jika kudua bagian tersebut tidak diganti, maka hasilnya power dari poros engkol tidak akan maksimal tersalurkan dan kanvas kopling akan cepat aus / habis kembali.

Motor Bebek atau Cup

Nah untuk motor tipe ini penggantian kanvas kopling cukup lama yaitu km 50.000 atau 5 tahun, ada tapinya bro untuk penggantiannya akan membuat kantong jebol. Karena terdapat 2 jenis kopling yaitu kopling plat gesek dan kopling sentrifugal, pada umumnya para biker akan mengganti kopling plat geseknya saja. Hasilnya akan mengeluh kok tenaganya sama saja sebelum diganti, nah ini letak kesalahannya para biker sering melupakan kopling sentrifugal.

kopling sepeda motor


Maka dari itu jika menginginkan tenaga mesin tersalurkan secara maksimal ganti sekalian kanvas kopling plat gesek, kanvas kopling sentrifugal dan mangkokan (outer clutch). Jika sudah melakukan penggantian tersebut maka dijamin siap asoy geboy, tapi pakai spare part original ya bro. kalau pakai spare part kw mending ngga usah bro cukup ganti kanvas kopling plat geseknya saja.

Ini videonya buat supaya mantep dan jangan lupa subscribe ya he…. Walaupun masih sederhana belum secanggih film Hollywood he….



Ok bro, kalau tulisan cakar ayam gua berguna bagikan buat komunitas lo. Sekian dulu bahasan kali ini, see you next jangan lupa safety first & keep riding no arogan dan salam satu aspal..

Posting Komentar

0 Komentar