Sejeworks – Seiring berjalannya waktu sebuah relation
pasti akan memiliki problem, et... tunggu dulu tong ini blog otomotif woy....
he.... he... iya sorry. Kita ulangi lagi, seiring berjalannya waktu sepeda
motor akan mengalami penurunan kualitas pada komponen – komponen yang terdapat
dimotor tersebut. Akibatnya hampir semua part mengalami keausan alias kerusakan
sacara bertahap, maka secara kinerja dari part / komponen tersebut akan mulai
melemah sama halnya dengan lampu utama atau lampu depan alias head light.
Sebelum kita ngomongin lebih jauh lagi, ada beberapa
pertanyaan dibenak para biker yaitu lampu depan sepeda motor redup saat tidak
digas. Nah jawabnya, karena jenis penerangan yang dipakai adalah jenis ac maka
cahaya lampu tergantungputaran mesin. Kalau posisi stasioner / langsam lampu
akan redup tapi saat grip gas ditarik dengan RPM tinggi maka lampu akan menyala
lebih terang.
Terus lampu depan redup saat direm, berarti adanya
konsleting atau hubungan arus pendek. Lho kenapa sekring / fuse tidak putus
kemungkinan besar arus listrik tersebut menjamper / menyambung dengan beban (klakson,
lampu rem, lampu sen).
Ada beberapa penyebab mengapa lampu depan sepeda motor
redup, hal ini terjadi pada hampir semua sepeda motor dan semua merk yang telah
memiliki cukup umur atau usia motor sudah tua he... ok dari pada kebanyakan omong mending
langsung check it dot.
Penyebab Lampu Depan Redup
Jenis Bohlam Lampu
Sebaiknya para bro semua harus tahu tentang spesifikasi
dari bohlam lampu motor yang dipakai, apakah 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt,
atau malah 55 watt 12 volt. Karena banyak sekali produk after market / spare
part kw 1, 2 dan masih banyak lagi, hati - hati bro salah dalam mimilih bohlam
lampu bisa berakibat fatal. Bukannya terang yang didapat malahan reflektor yang
meleleh terbakar kepanasan karena ukuran lampu yang tidak standart, cahaya
lampu bukan tidak terfokus tapi malah menyebar.
Mika Lampu atau Reflektor Lampu Depan
Mika lampu sepeda motor yang telah lama dipakai lama –
kelamaan akan berwarna buram, sehingga cahaya yang dipantulkan tidak akan
terpantul dengan sempurna. Selain itu pamakaian reflektor bukan original (kw)
juga mempengaruhi pancaraan cahaya yang dihasilkan oleh bohlam lampu.
Soketan Jalur Lampu
Hal ini sering kali terjadi adanya soketan yang kendor
ataupun berkarat pada jalur penerangan atau lampu depan, soketan yang kendor
akan menyebabkan adanya arus yang putus sambung karena goncangan atau posisi
stang kemudi digerakan kekanan dan kiri.
Fitting Lampu
Kondisi fitting lampu atau tempat dudukan lampu yang
terbakar disekitar tembaga, sering kali menyebabkan lampu depan redup atau
bahkan tidak menyala sama sekali. Maka jangan anggap sepele hal tersebut,
karena fitting lampu adalah penghubung arus listrik dari kabel body ke lampu
depan.
Saklar Lampu
Untuk sistem penerangan sepeda motor keluaran terbaru
hampir semua pabrikan menerapkan AHO (automatic headlight on), yang berarti
kondisi lampu akan menyala terus tanpa adanya swit On/Off arus lampu tersebut.
Akibatnya akan tertuju pada usia lampu depan dan kondisi swit dimmer (saklar
lampu jarak jauh dan jarak rendah) yang sering kali meleleh atau rusak.
Sehingga lampu depan sering kali tidak menyala dan keadaan ringannya lampu
depan akan menyala redup.
Spul Penerangan
Untuk memastikan kondisi spul penerangannya bermasalah
atau mulai lemah bisa dilihat kondisi umur motor jika sudah diatas 10 tahun
berarti memang saatnya ganti, ya... elah gitu amat... He.... he... cara tadi
bisa dikatakan tebak – tebak berhadiah, tapi kalau mau memakai cara yang benar
yaitu dengan mengecek tahanan spul penerangan tersebut. Spul penerangan untuk
motor honda dan yamaha berwarna kuning, tahanannya antara 0,2 – 1,2 ohm pada
kondisi dingin suhu mesin 40 derajat celcius. Jika lebih dari kriteria tersebut
yaitu kurang lebih diatas atau mendekati 2 ohm maka bisa dipastikan spul
tersebut mulai lemah. Maka langkah penyelesaiannya dengan mengganti atau
melilit ulang (gulung spul), tapi untuk menggulung spul gua tidak menyarankan
jadi resiko tanggung penumpang. He...
Aki atau Accu
Pada sistem penerangan DC contoh Tiger, megapro, CB150R
Street Fire, aki atau accu adalah segala – galanya, karena aki adalah sumber
tenaga dari arus penerangan tersebut. Jika aki ngedrop maka sistem penerangan
akan mengalami masalah karena suplay arus listrik yang tidak stabil, alhasil
lampu akan kurang terang atau redup. Tapi untuk motor Sistem Penerangan AC
(Yamaha Mio, Honda Beat, Honda Revo 110, Suzuki Smash), aki tidak terlalu
penting karena sumber arus penerangan berasal dari spul penerangan.
Kiprok
Kiprok berfungsi sebagai pengubah arus ac dari spul
magnet menjadi arus dc, pada sistem penerangan dan pengisian. Selain itu kiprok
juga sebagai pembatas arus berlebih dari spul magnet, jika kiprok mengalami
kerusakan pada sistem penerangan akan menyebabkan lampu utama menyala sangat
terang dari biasanya kemudian putus secara mendadak ditandai dengan ledakan
pada bohlam lampu tersebut. Untuk pengecekannya bisa memakai avometer dengan
mungukur tegangan masuk difitting lampu yaitu 12 – 15 volt jika lebih dari 15
volt maka lampu akan putus bro bahan meledak.
Ok bro, sekian dulu ya ojo lali (jangan lupa) safety
firts and keep riding no arogan, salam satu aspal.... wor... wor...
Motor sya supra 125 saat rpm rendah lampu gak mau hidup tapi bila gas di tarik dikit baru mau hidup, apakah komponen yg perlu di perbaiki atau d ganti, mogon jawabanya, terimakasih,
BalasHapusMotor saya legenda lampu tidak menyala/kalo tidak di gas kalo di gas baru nyala, padahal keprok baru spul baru, terus cara penyelesaian nya gimana suhu tolong
BalasHapus