Harus Tahu bro, 8 Hal Ini Penyebab Lampu Depan Redup dan Tidak Menyala


Sejeworks – Seiring berjalannya waktu sebuah relation pasti akan memiliki problem, et... tunggu dulu tong ini blog otomotif woy.... he.... he... iya sorry. Kita ulangi lagi, seiring berjalannya waktu sepeda motor akan mengalami penurunan kualitas pada komponen – komponen yang terdapat dimotor tersebut. Akibatnya hampir semua part mengalami keausan alias kerusakan sacara bertahap, maka secara kinerja dari part / komponen tersebut akan mulai melemah sama halnya dengan lampu utama atau lampu depan alias head light.

Sebelum kita ngomongin lebih jauh lagi, ada beberapa pertanyaan dibenak para biker yaitu lampu depan sepeda motor redup saat tidak digas. Nah jawabnya, karena jenis penerangan yang dipakai adalah jenis ac maka cahaya lampu tergantungputaran mesin. Kalau posisi stasioner / langsam lampu akan redup tapi saat grip gas ditarik dengan RPM tinggi maka lampu akan menyala lebih terang.


alternator honda





Terus lampu depan redup saat direm, berarti adanya konsleting atau hubungan arus pendek. Lho kenapa sekring / fuse tidak putus kemungkinan besar arus listrik tersebut menjamper / menyambung dengan beban (klakson, lampu rem, lampu sen).


Ada beberapa penyebab mengapa lampu depan sepeda motor redup, hal ini terjadi pada hampir semua sepeda motor dan semua merk yang telah memiliki cukup umur atau usia motor sudah tua he...  ok dari pada kebanyakan omong mending langsung check it dot.

Penyebab Lampu Depan Redup


Jenis Bohlam Lampu

Sebaiknya para bro semua harus tahu tentang spesifikasi dari bohlam lampu motor yang dipakai, apakah 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, atau malah 55 watt 12 volt. Karena banyak sekali produk after market / spare part kw 1, 2 dan masih banyak lagi, hati - hati bro salah dalam mimilih bohlam lampu bisa berakibat fatal. Bukannya terang yang didapat malahan reflektor yang meleleh terbakar kepanasan karena ukuran lampu yang tidak standart, cahaya lampu bukan tidak terfokus tapi malah menyebar.

Mika Lampu atau Reflektor Lampu Depan

Mika lampu sepeda motor yang telah lama dipakai lama – kelamaan akan berwarna buram, sehingga cahaya yang dipantulkan tidak akan terpantul dengan sempurna. Selain itu pamakaian reflektor bukan original (kw) juga mempengaruhi pancaraan cahaya yang dihasilkan oleh bohlam lampu.

Soketan Jalur Lampu

Hal ini sering kali terjadi adanya soketan yang kendor ataupun berkarat pada jalur penerangan atau lampu depan, soketan yang kendor akan menyebabkan adanya arus yang putus sambung karena goncangan atau posisi stang kemudi digerakan kekanan dan kiri.

Fitting Lampu

Kondisi fitting lampu atau tempat dudukan lampu yang terbakar disekitar tembaga, sering kali menyebabkan lampu depan redup atau bahkan tidak menyala sama sekali. Maka jangan anggap sepele hal tersebut, karena fitting lampu adalah penghubung arus listrik dari kabel body ke lampu depan.


fitting lampu rusak


Saklar Lampu

Untuk sistem penerangan sepeda motor keluaran terbaru hampir semua pabrikan menerapkan AHO (automatic headlight on), yang berarti kondisi lampu akan menyala terus tanpa adanya swit On/Off arus lampu tersebut. Akibatnya akan tertuju pada usia lampu depan dan kondisi swit dimmer (saklar lampu jarak jauh dan jarak rendah) yang sering kali meleleh atau rusak. Sehingga lampu depan sering kali tidak menyala dan keadaan ringannya lampu depan akan menyala redup.


switch dimmer


Spul Penerangan

Untuk memastikan kondisi spul penerangannya bermasalah atau mulai lemah bisa dilihat kondisi umur motor jika sudah diatas 10 tahun berarti memang saatnya ganti, ya... elah gitu amat... He.... he... cara tadi bisa dikatakan tebak – tebak berhadiah, tapi kalau mau memakai cara yang benar yaitu dengan mengecek tahanan spul penerangan tersebut. Spul penerangan untuk motor honda dan yamaha berwarna kuning, tahanannya antara 0,2 – 1,2 ohm pada kondisi dingin suhu mesin 40 derajat celcius. Jika lebih dari kriteria tersebut yaitu kurang lebih diatas atau mendekati 2 ohm maka bisa dipastikan spul tersebut mulai lemah. Maka langkah penyelesaiannya dengan mengganti atau melilit ulang (gulung spul), tapi untuk menggulung spul gua tidak menyarankan jadi resiko tanggung penumpang. He...

Aki atau Accu

Pada sistem penerangan DC contoh Tiger, megapro, CB150R Street Fire, aki atau accu adalah segala – galanya, karena aki adalah sumber tenaga dari arus penerangan tersebut. Jika aki ngedrop maka sistem penerangan akan mengalami masalah karena suplay arus listrik yang tidak stabil, alhasil lampu akan kurang terang atau redup. Tapi untuk motor Sistem Penerangan AC (Yamaha Mio, Honda Beat, Honda Revo 110, Suzuki Smash), aki tidak terlalu penting karena sumber arus penerangan berasal dari spul penerangan.

Kiprok

Kiprok berfungsi sebagai pengubah arus ac dari spul magnet menjadi arus dc, pada sistem penerangan dan pengisian. Selain itu kiprok juga sebagai pembatas arus berlebih dari spul magnet, jika kiprok mengalami kerusakan pada sistem penerangan akan menyebabkan lampu utama menyala sangat terang dari biasanya kemudian putus secara mendadak ditandai dengan ledakan pada bohlam lampu tersebut. Untuk pengecekannya bisa memakai avometer dengan mungukur tegangan masuk difitting lampu yaitu 12 – 15 volt jika lebih dari 15 volt maka lampu akan putus bro bahan meledak.

Ok bro, sekian dulu ya ojo lali (jangan lupa) safety firts and keep riding no arogan, salam satu aspal.... wor... wor...  

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Motor sya supra 125 saat rpm rendah lampu gak mau hidup tapi bila gas di tarik dikit baru mau hidup, apakah komponen yg perlu di perbaiki atau d ganti, mogon jawabanya, terimakasih,

    BalasHapus
  2. Motor saya legenda lampu tidak menyala/kalo tidak di gas kalo di gas baru nyala, padahal keprok baru spul baru, terus cara penyelesaian nya gimana suhu tolong

    BalasHapus