Sejeworks – Selamat datang para bro semua di blog yang
sederhana dan tidak mewah ini, tapi sangat keren sekali dimata gue he... he....
Kali ini yang mau diomongin tentang pengaruh sepeda motor injeksi yang ngga
memakai aki / accu. Karena sebagian para biker pasti melihat motor – motor tua
atau keluaran lama yang nongol di pinggiran gang, buat bawa galon, tabung gas dan
masih banyak lagi.
Pasti dipikiran lo, bertanya ? itu motor kok bisa hidup
ya tanpa menggunakan accu / aki dan tidak mogok – mogokan lagi. Jujur bro,
pasti lu kadang bertanya sendiri tapi malu mau tanya sama sapa ? tapi tenang
gua baik hati tidak sombong dan suka menabung akan kasih penjelasan yang
singkat, padat dan ngga jelas ini he....
Kebanyakan sepeda motor yang tidak memakai aki / accu
tersebut adalah motor – motor tua atau keluaran lama lebih komplitnya honda
supra 100, honda grand, honda supra fit dan keluarganya. Dari jenis motor
tersebut dapat disimpulkan bahwa motor tersebut mempunyai sistem pengapian AC
dan sistem penerangan AC, sehingga aki / accu tidak terlalu fital karena hanya
berfungsi sebagai arus beban (klakson, lampu sen, lampu rem dan lampu senja).
Semua sistem kelistrikanya AC jadi yang menjadi sumber percikan api dan nyala
lampu berasal dari alternator / spul magnet.
Pengaruh Motor Injeksi Tanpa Aki
Bagaimana untuk sepeda motor injeksi yang tidak
menggunakan aki atau malah aki yang dipakai aki ngedrop alias soak. Sebenarnya
sistem pengapian sepeda motor injeksi full transisitor dan arus pengapian
bersumber dari accu / aki / batrey yang mempunyai tegangan 12 ,50 volt saat
kunci kontak posisi Off. Tapi saat tegangan aki disekitaran 10 volt, sepeda
motor injeksi bisa dihidupkan dengan menggunakan kick starter / diengkol karena aki tidak kuat
untuk memutar dinamo starter / sistem elektrik starter.
Biasanya para biker akan menunda - nunda penggantian aki
yang mulai ngedrop (<12 span="" style="mso-spacerun: yes;" volt="">
12>dengan aki baru, karena harga aki baru lumanyan jadi harap maklum. Tapi
jangan sampai kebablasan atau dibiarkan secara terus menerus, setiap aki / accu
ngedrop yang masih dipakai pada sepeda motor injeksi akan mengirimkan kode
sinyal kerusakan pada ECM / ECU.
Dan ECM / ECU akan memberitahukan para biker lewat
kedipan lampu MIL yang terdapat pada odometer, jika tidak segera diambil
tindakan dengan penggantian aki /accu dan meriset kode kerusakan tersebut maka
ECM akan mengalami kerusakan walapun dalam jangka waktu yang lama.
Sepeda motor injeksi akan tetap bisa dihidupkan walaupun
memakai aki yang ngedrop dengan catatan tegangan accu tersebut lebih dari 5
volt. Tapi jika tegangan aki dibawah 5 volt maka sepeda motor tersebut tidak
bisa dihidupkan alias mati total karena tidak mempunyai sumber arus sistem
pengapian dan sistem injeksi.
Apakah saat accu / aki ngedrop langsung dilakukan
penggantian aki ? kayaknya jawabannya sebagian besar para biker akan menunda
penggantian accu karena harga accu lumayan buat nguras isi kantong. Maka dari
itu pabrikan sepeda motor menambahkan kapasitor / elco pada sistem pengisian
accu agar muatan listrik yang berlebih akan disimpan sementara pada kapasitor
tersebut.
Jadi kapasitor disini berfungsi sebagai tenaga cadangan
disaat aki ngedrop. Untuk motor Honda, kapasitor terdapat pada motor injeksi
yang memakai kick starter (engkolan) contoh Honda Beat Fi, Vario 125, Vario
150, Verza, CB150R . Ciri lainnya untuk
tipe matic dan bebek terdapat benjolan kapasitor pada kiprok, sedangkan untuk
tipe sport biasanya kapasitor berada terpisah dari kiprok. Sedangkan untuk
sepeda motor honda yang tidak memakai kapasitor terdapat pada jenis motor
injeksi yang tidak memakai kick starter contoh Honda CBR150R, PCX 150, CBR250RR,
dan ternyata malahan motor kelas premium tidak memakai kapasitor bro.
Sementara untuk pabrikan Yamaha tidak dilengkapi kapasitor,
jadi saat aki ngedrop sampai 10 volt lampu indikator injeksi yang terdapat
dispidometer akan menyala dan kondisi motor masih bisa dihidupkan. Tapi jika
tegangan accu kurang dari 5 volt, maka motor tidak dapat dihidupkan karena
tegangan injeksi membutuhkan minimal 5 volt.
Ok bro sekian dulu ya dari gua, jangan lupa subscribe
channel youtube nya, seperti biasa safety firts dan keep riding no arogan ,
salam satu aspal... wor.... wor...
terima kasih bro
BalasHapussy punya cbr 150r facelift. rencananya mau dipakaikan saklar untuk aki...jadi antara aki (+) ke kabel merah mau sy isiin saklar... apakah boleh begitu? apa ada komponen yg mesti perlu daya saat motor dlm keadaan mati?
BalasHapusKecuali alarm mungkin tidak ada lagi komponen yng memerlukan daya.
HapusSy punya vario tecno 125 pgm fi, sudah di belikan aki baru cuma kuat 5 hari ngedrop lgi. Kira2 penyebabnya apa ya suhu?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKalau ada multitester/volt meter coba test pas motor kontak berapa volt, kemudian saat motor start/nyala berapa volt. Naik atau tetap, apa bila tegangan tetap ada kemungkinan kiprok atau alternator/spul
HapusGan,kalau motor yg sistem pengapian nya dc ga dipasangin aki masih bisa di engkol untuk nyalain nya ga ?
BalasHapusMay nanya apakah motor CBR 150 tidak memiliki Aki? Saya punya motor CBR 150 tidak punya Aki tapi selama ini motor hidup pakai starter tangan
BalasHapusKalo motor beat fi aki di lepas buat harian, apakah aman ?
BalasHapus