Motor Injeksi Tanpa Aki Apa Bisa Hidup


Sejeworks – Selamat datang para bro semua di blog yang sederhana dan tidak mewah ini, tapi sangat keren sekali dimata gue he... he.... Kali ini yang mau diomongin tentang pengaruh sepeda motor injeksi yang ngga memakai aki / accu. Karena sebagian para biker pasti melihat motor – motor tua atau keluaran lama yang nongol di pinggiran gang, buat bawa galon, tabung gas dan masih banyak lagi.

Pasti dipikiran lo, bertanya ? itu motor kok bisa hidup ya tanpa menggunakan accu / aki dan tidak mogok – mogokan lagi. Jujur bro, pasti lu kadang bertanya sendiri tapi malu mau tanya sama sapa ? tapi tenang gua baik hati tidak sombong dan suka menabung akan kasih penjelasan yang singkat, padat dan ngga jelas ini he....



motor injeksi tanpa aki


Kebanyakan sepeda motor yang tidak memakai aki / accu tersebut adalah motor – motor tua atau keluaran lama lebih komplitnya honda supra 100, honda grand, honda supra fit dan keluarganya. Dari jenis motor tersebut dapat disimpulkan bahwa motor tersebut mempunyai sistem pengapian AC dan sistem penerangan AC, sehingga aki / accu tidak terlalu fital karena hanya berfungsi sebagai arus beban (klakson, lampu sen, lampu rem dan lampu senja). Semua sistem kelistrikanya AC jadi yang menjadi sumber percikan api dan nyala lampu berasal dari alternator / spul magnet.

Pengaruh Motor Injeksi Tanpa Aki


Bagaimana untuk sepeda motor injeksi yang tidak menggunakan aki atau malah aki yang dipakai aki ngedrop alias soak. Sebenarnya sistem pengapian sepeda motor injeksi full transisitor dan arus pengapian bersumber dari accu / aki / batrey yang mempunyai tegangan 12 ,50 volt saat kunci kontak posisi Off. Tapi saat tegangan aki disekitaran 10 volt, sepeda motor injeksi bisa dihidupkan dengan menggunakan  kick starter / diengkol karena aki tidak kuat untuk memutar dinamo starter / sistem elektrik starter.

Biasanya para biker akan menunda - nunda penggantian aki yang mulai ngedrop (<12 span="" style="mso-spacerun: yes;" volt="">  dengan aki baru, karena harga aki baru lumanyan jadi harap maklum. Tapi jangan sampai kebablasan atau dibiarkan secara terus menerus, setiap aki / accu ngedrop yang masih dipakai pada sepeda motor injeksi akan mengirimkan kode sinyal kerusakan pada ECM / ECU.

Dan ECM / ECU akan memberitahukan para biker lewat kedipan lampu MIL yang terdapat pada odometer, jika tidak segera diambil tindakan dengan penggantian aki /accu dan meriset kode kerusakan tersebut maka ECM akan mengalami kerusakan walapun dalam jangka waktu yang lama.

Sepeda motor injeksi akan tetap bisa dihidupkan walaupun memakai aki yang ngedrop dengan catatan tegangan accu tersebut lebih dari 5 volt. Tapi jika tegangan aki dibawah 5 volt maka sepeda motor tersebut tidak bisa dihidupkan alias mati total karena tidak mempunyai sumber arus sistem pengapian dan sistem injeksi.

Apakah saat accu / aki ngedrop langsung dilakukan penggantian aki ? kayaknya jawabannya sebagian besar para biker akan menunda penggantian accu karena harga accu lumayan buat nguras isi kantong. Maka dari itu pabrikan sepeda motor menambahkan kapasitor / elco pada sistem pengisian accu agar muatan listrik yang berlebih akan disimpan sementara pada kapasitor tersebut.


kapasitor honda



Jadi kapasitor disini berfungsi sebagai tenaga cadangan disaat aki ngedrop. Untuk motor Honda, kapasitor terdapat pada motor injeksi yang memakai kick starter (engkolan) contoh Honda Beat Fi, Vario 125, Vario 150, Verza, CB150R  . Ciri lainnya untuk tipe matic dan bebek terdapat benjolan kapasitor pada kiprok, sedangkan untuk tipe sport biasanya kapasitor berada terpisah dari kiprok. Sedangkan untuk sepeda motor honda yang tidak memakai kapasitor terdapat pada jenis motor injeksi yang tidak memakai kick starter contoh Honda CBR150R, PCX 150, CBR250RR, dan ternyata malahan motor kelas premium tidak memakai kapasitor bro.

Sementara untuk pabrikan Yamaha tidak dilengkapi kapasitor, jadi saat aki ngedrop sampai 10 volt lampu indikator injeksi yang terdapat dispidometer akan menyala dan kondisi motor masih bisa dihidupkan. Tapi jika tegangan accu kurang dari 5 volt, maka motor tidak dapat dihidupkan karena tegangan injeksi membutuhkan minimal 5 volt.

Ok bro sekian dulu ya dari gua, jangan lupa subscribe channel youtube nya, seperti biasa safety firts dan keep riding no arogan , salam satu aspal... wor.... wor...

Posting Komentar

9 Komentar

  1. sy punya cbr 150r facelift. rencananya mau dipakaikan saklar untuk aki...jadi antara aki (+) ke kabel merah mau sy isiin saklar... apakah boleh begitu? apa ada komponen yg mesti perlu daya saat motor dlm keadaan mati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecuali alarm mungkin tidak ada lagi komponen yng memerlukan daya.

      Hapus
  2. Sy punya vario tecno 125 pgm fi, sudah di belikan aki baru cuma kuat 5 hari ngedrop lgi. Kira2 penyebabnya apa ya suhu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau ada multitester/volt meter coba test pas motor kontak berapa volt, kemudian saat motor start/nyala berapa volt. Naik atau tetap, apa bila tegangan tetap ada kemungkinan kiprok atau alternator/spul

      Hapus
  3. Gan,kalau motor yg sistem pengapian nya dc ga dipasangin aki masih bisa di engkol untuk nyalain nya ga ?

    BalasHapus
  4. May nanya apakah motor CBR 150 tidak memiliki Aki? Saya punya motor CBR 150 tidak punya Aki tapi selama ini motor hidup pakai starter tangan

    BalasHapus
  5. Kalo motor beat fi aki di lepas buat harian, apakah aman ?

    BalasHapus