Buat Biker Yamaha, Wajib Tahu Penyakit Pada Motor Vixion dan Solusinya


Sejeworks – Yamaha Vixion salah satu pelet jepang yang cukup manjur untuk menggaet kaum hawa he.... he.... Dari tongkrongannya yang enak dipandang, di modifikasi dan satu lagi performa yang cukup mumpuni untuk mesin dengan rasio kompresi 10,4 : 1. Tapi bro, namanya juga produk buatan manusia semuanya ada batasannya atau kekurangannya. Sehingga seiring berjalannya waktu yamaha vixion akan timbul problem atau masalah yang akan dihadapi oleh para bikers.


piston yamaha vixion


Salah satunya ban bocor ?? what, itu hal biasa bro, oh iya berarti ralat dulu. Salah satunya motor ngebul, motor brebet, sering mogok dan lampu indikator ngedip – ngedip. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro...


Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Yamaha Vixion


Yamaha Vixion Ngebul Putih

Pabrikan Yamaha sekarang ini menerapkan teknologi dialsil pada semua produknya, tujuannya untuk menambah power dan menjaga usia pakai dari piston dan cylinder comp. Tapi bro saat motor ngebul putih parah ini berarti gaswat bingit, karena piston dan cylinder comp tersebut tidak bisa dikorter atau oversize. Dan solusinya adalah menggantinya secara utuh atau satu set tapi jika memang mau dipakasa untuk mengoversize jalan terakhir adalah ganti boring cylinder comp.

Terasa kurang rasanya jika tidak ngomongin harga ganti piston dan cylinder comp, untuk mengganti kedua part tersebut bisa ditebus kurang lebih Rp 800.000 belum termasuk biaya penggantiannya.

Komstir Yamaha Vixion

Untuk yang satu ini trobel atau masalahnya terletak dibagian stang kemudi, hal ini ditandai dengan sepeda motor yang susah dikendalikan saat diajak jalan. Sepeda motor terasa mau ngebanting entah ke kanan atau kiri dan kadang kala terasa mau copot saat melewati tanggul atau polisi tidur.

Solusinya dengan menyetelnya tapi ini untuk jangka pendek sedangkan solusi jangka panjangnya jalan satu – satunya dengan mengganti part tersebut. Harganya berkisar Rp 500.000 beserta pemasangannya untuk vixion lama, tapi untuk NVL harganya kurang lebih Rp 250.000.

Yamaha Vixion Brebet

Untuk yang satu ini banyaknya sekali penyebabnya dan mesti check satu persatu agar sumber masalahnya kelar. Untuk lebih jelasnya dan tak kelamaan ngomong ngalor – ngidul langsung saja check it dot.

Kode Panas Busi
Pemilihan busi yang tidak yang tidak sesuai standar anjuran pabrik dalam jangka lama akan menimbulkan problem mulai dari brebet dan pre-ignition. Maka dari itu perhatikan baik – baik kode busi yang dipakai dan jangan asal comot bro...

Ini link kode busi yamaha bro dari standar pabrikan sampai busi iridium dan platinum.


Tangki Kemasukan Air
Ini sebenarnya sering kali kita bahas, tapi akan gua singgung sedikit karena air merupakan momok yang menakutkan bagi motor – motor injeksi baik batangan ataupun matic dan bebek karena akibat yang ditimbulkan cukup menguras kantong. Mulai fuel pump rusak, tangki bocor dan tarikan motor menjadi brebet, biar tambah mantep ini linknya bro...



Coil Lemah
Untuk part yang satu ini cukup susah mendeteksinya, karena harus memakai alat yang lumayan rebet ya itu peak volt tage adaptor. Gejalanya jika koil mulai lemah tarikan motor akan brebet karena koil berfungsi sebagai pembesar arus pengapian dari ECU, dan bisanya motor akan sering kali mogok.

Kiprok Rusak
Ngomongin kiprok berarti accu / aki akan ikut terseret karena kedua part ini saling berkaitan. Kerusakan pada kiprok akan menimbulkan masalah disistem pengisian, sehingga accu akan sering kali ngedrop bukan hanya ganti sekali malah kadang berkali – kali.

Untuk lebih menguatkan ini bro, videonya tapi jangan lupa subscribe dulu ya... he...







Ok, sekian dulu bro jangan lupa safety firts & keep riding no arogan salam satu aspal...  

Posting Komentar

1 Komentar

  1. terimakasi gan, sangat bermanfaat.
    kujungi juga website kampus kita http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus