Ini Bro, Penyebab Honda Beat ESP, Vario 125 dan 150 Susah Starter


Sejeworks – Ngomongin motor tu ngga ada habisnya bro, bener ngga dari yang minta jajan ini lah itu lah dan ono lah pokoknya sudah kaya bocah he... ngga diturutin emalah kita yang repot sendiri. Dari mogok dijalan dan masih banyak problem lagi, tapi tenang bro selama gua lagi kepingin nulis maka akan gua bisikin sedikit bocoran - bocoran.

Postingan kali ini dikhusukan buat honda vario 125 dan vario 150 tapi untuk honda beat, scoopy yang sudah pakai teknologi esp juga nongkrong juga disini. Apa saja sih yang mau di bahas ? dari Apa itu Esp dan fitur – fiturnya ? apa itu ACG  (Alternating Current Generator), penyebab honda beat dan scoopy esp, vario 125 dan 150 ngga bisa distarter ? ok, untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot !!.

Apa itu Teknologi ESP

Esp yaitu teknologi pada sepeda motor matic pabrikan Honda secara global, yang diaplikasikan ke rangkaian mesin matic generasi terbaru. Tujuan dari penerapan teknologi ini oleh pabrikan Honda untuk menambah efisiensi pembakaran dan mengurangi energi yang terbuang, maka akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa sepeda motor semakin meningkat.

Didalam teknologi Esp terdapat banyak komponen – komponen diantaranya :

ACG Starter

Sebuah teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada awal menghidupkan sepeda motor dengan elektrik starter, akibatnya saat sepeda motor dihidupkan memakai elektrik starter tidak akan terdengar suara kasar karena gesekan antar komponen terkait.

Fuel Injector

Sepeda motor matic Honda memiliki semprotan bahan bakar yang halus karena diameternya sangat kecil dibandingkan merk lainnnya yaitu 0,152 mm x 4. Hal ini menjadikan pemakaian bahan bakar yang irit dan lebih efisien.

 Baca juga artikel terkait...



Offset Cylinder dan Spinny Sleeve

Offset cylinder berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dengan silinder pada ruang bakar, sehingga menambah usia pakai dari komponen terkait. Sedangkan spiny sleeves adalah lapisan kulit jeruk dengan tekstur berduri pada dinding silinder yang mengurangi suhu panas menjadi lebih cepat dan kerugian akibat gesekan komponen terkait.

Rocker Arm Type Roller

Pemakaian rocker arm dengan memakai bantalan bearing sebagai poros penghubung, sehingga meminimalisir gesekan antara noken as dan rocker arm pada bagian head silinder.

Compact Combustion Chamber

Yaitu penyempurnaan pada ruang bakar dengan menghilangkan hambatan pada saluran bahan bakar.

Light Weight Piston & Crankshaft

Piston dibuat dengan bahan yang lebih kuat dan lebih ringan dari komponen terdahulu, selain itu kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran pada mesin dengan memakai ukuran bearing yang lebih besar.

Breater Passage

Di dalam lubang silinder selain terdapat lubang air radiator juga terdapat lubang pendinginan pada mesin.

Nah bro diatas adalah komponen – komponen yang terdapat pada sepeda motor matic tipe Esp, dan untuk kali ini kita akan menitik beratkan pada ACG Starter. Karena apa ? sebab komponen ini masih cukup asing dan sering kali menimbulkan pertanyaan, oleh karena iu kita jawab satu – satu.


Pengertian ACG Starter

ACG Starter yaitu sistem elektrik starter yang mengunakan spul atau alternator sebagai pemicunya. Caranya dengan mengalirkan arus listrik ke spul / alternator, kemudian alternator  tersebut akan mempunyai gaya magnet. Sehingga antara magnet sepeda motor dan alternator akan saling tolak menolak dan menimbulkan gerak berlawanan. Nah gerak berlawanan ini lah yang akan menjadi pemicu piston bergerak dari Titik Mati Bawah menuju Titik Mati Atas dan disaat bersamaan busi memercikan api sehingga sepeda motor bisa dihidupkan.



vario susah starter



Teknologi ini akibatnya menggeser dinamo starter dan pinion starter, sehingga pada sepeda motor jenis ini tidak memakai dinamo starter. Selain itu suara yang ditimbulkan saat menyalakan dengan elektrik starter akan sangat halus tidak kasar seperti memakai dinamo starter.

Kelemahan dan Kelebihan ACG Starter
Setiap teknologi pasti terdapat plus minusnya tak terkecuali eSP, untuk lebih jelasnya check it dot bro...

Kelebihan
Teknologi terbaru pada sistem elektrik starter.
Komponen yang simpel sehingga mengurangi berat sepeda motor.
Suara yang sangat halus jika dibandingkan dengan motor dengan dinamo sebagai pemicu elektrik starter.

Kekurangan ACG Starter
Konsumsi arus listrik yang besar saat pemakaian elektrik starter, sehingga membutuhkan accu dengan kuat arus yang tinggi.




Penyebab Honda Beat ESP, Vario 125 dan Vario 150 Susah Starter

Pada sepeda motor matic Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP memunyai sistem elektrik yang hampir sama yaitu ACG starter. Dan komponen elektrik starter yang terdapat pada motor – motor jenis ini pun sama yaitu Accu, alternator, sekring, relay utama, relay pengisian, swith rem kanan dan kiri, kable body, tombol saklar, ECM dan swith standar samping.
Dari kompone – kompone diatas jika salah satu rusak atau mengalami keausan maka sistem elektrik starter akan bermasalah untuk lebih jelasnya langsung simak saja bro...  

Accu atau Aki
Sebenarnya ini hal yang sangat umum untuk sistem kelistrikan sepeda motor, karena sistem elektrik starter termasuk dalam sistem beban yang sangat mengandalkan accu sebagai sumber tenaga. Untuk accu yang bagus tegangan saat posisi kunci kontak off adalah 12,40 volt dan pada saat posisi elektrik starter ditekan maka tegangan akan turun yaitu 11,00 volt minimal. Jika kurang dari tegangan tersebut maka bisa dipastikan accu minta ganti baru.


beat susah starter



Sekring dan Rumah Sekring
Dua kompone ini sering kali disepelekan tapi ternyata sangat vital bagi sistem elektrik starter, dimulai dari kondisi sekring / fuse yang putus dan berjamur atau  karatan. Kemudian kondisi rumah sekring yang berkarat dan terbakar atau dudukan sekring yang rusak mempengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor.

Rellay Pengisian dan Rellay Utama
Sebenarnya kedua relay ini cara kerjanya hampir sama dengan dengan relay yang terdapat pada sistem elektrik starter pada motor yang memakai dinamo starter sebagai pemicunya. Hanya saja untuk ACG starter bentuk relay dan fungsinya lebih komplek bukan lagi hanya ngurusin elektik starter, tapi kedua relay tersebut juga berperan hampir keseluruh sistem kelistrikan pada sepeda motor mulai dari penerangan, pengisian dan sistem beban.
Jika salah satu relay tersebut rusak maka secara otomatis sistem elaktrik starter pada motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP tidak akan berfungsi dengan baik.

Swith Rem Depan & Belakang
Sebenarnya selain Swith Rem Depan & Belakang ada juga yang menyebutnya swith rem kanan dan kiri tapi terserah lah bro, yang penting satu tujuan he.. kedua swith rem ini jika salah satu atau keduanya rusak maka motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP tidak bisa dihidupkan.

Swith Starter
Nah ini merupakan saklar utama untuk mengalirkan arus listrik ke alternator sehingga menjadi gerak gerak balik yang menimbulkan sepeda motor hidup. Kerusakan pada saklar ini bisanya karena karat atau jamur dan kompenan tersebut memang benar – benar rusak.

Alternator
Spul atau alternator sebenarnya sudah sering kali kita omongin, tapi kali ini ada letak perbedaannya terdapat pada fungsi dari spul motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP itu sendiri. Karena kompone tersebut berfungsi sebagaimana pada spul sepeda motor pada umumnya juga ditambah lagi sebagai pemicu gerak elektrk starter. Jika spul tesebut mulai lemah maka starter elektrik akan ngadat atau susah, kemudian akan disusul dengan sistem pengisian yang terganggu karena kurangnya suplay arus listrik dari spul tersebut. Solusi terbaiknya adalah dengan mengganti alternator / spul motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP.





Ok bro sekian dulu ya, kalau postingan ini berguna bagikan ke komunitas lo bro. Akhir kata safety firts & keep riding no arogan salam satu aspal...

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Motor sya vario esp 150, keluaran 2017, setelah setahun ini, klo starter, pencet rem kanan, klo rem kiri ga bisa starter, dulu mah bisa, masalahnya apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya itu mungkin antara switch y korosi atau ada kabel yg terputus di gigit tikus...hehehe cuma saran

      Hapus
  2. Minta penjelasannya bang..kondisi aki masih normal pada saat di tekan tombol starter lampu sedikit agak redup..tapi engine nggak mau nyala

    BalasHapus
  3. Motor saya scoopi 2016 akhir
    Kalo panas tidak bisa di stater kira kira apanya ya mas .. kalo motornya dingin bisa distater

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama punya saya vario 110 2017 jg ga bisa stater kalo panas, pas dingin lancar, butuh pencerahan suhu

      Hapus
    2. Indikasi fuel pump kw, overheat fuelpump karena bensin tinggal sedikit

      Hapus
  4. Motor saya vario keluaran 2019 yg remot... Gak bsa di pencer stater.. Di remot bisa.. Knpa yaa

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum.bang mau tanya harga ACG Kaki 4 Sampek brp Zha???

    BalasHapus
  6. Bos vario 2017 tiba tiba di mau starter tangn ap maslhnya ?? Kik bisa

    BalasHapus
  7. Bang vario 125 saya gak bisa di starter dan semburan bensin dari injector nya sangat kenceng jadi menimbul kan banjir , kira" permasalahan nya apa ya mohon bantuan nya bang

    BalasHapus
  8. Nyesel saya beli vario .ribet

    BalasHapus
  9. mas sya punya vario 125 tahun 2014....sya mau tnya, knp ya klo sya habis nyalakan kontak trus sya pencet tombol stater nya kadang ga respon ya? smpe sya ganti aki baru sya kira karna sudh soak...tp stlah di ganti pun aki nya kadang di starter jg tetep ga lgsg nyala....harus sya matikan kontak dan hidupkan lg baru nyala starter nya tp yg lebih parah lg skrg² malah makin parah, sya on off kontak nya harus smpe 2x - 3x baru lah mau di starter....mohon pencerahan nya? trmksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru turun mesin susah distater dan engkol berat karna pemasangan pelatuk klep in dan ex terbalik

      Hapus
  10. Bang ini acg saya vario 150 masih bagus tapi stater electric nya ga idup, kadang kadang ada nendang dikit stater nya. Mohon info suhu

    BalasHapus
  11. Maaf kang motor beat esp saya,,, di stater nya,,, magnet nya cuma gerak dikit doang,,, apa nya ya yang rusak,, klakson sama lampu sen normal

    BalasHapus
  12. Bang punya saya ..... Staternya kadang mau kadang enggak itu masalahnya apa ya ....

    BalasHapus
  13. Bro, mau tnyak ni
    Motor saya bru aja kcelakaan
    Motor d stater gk mau nyala
    Tp dia bunyi cetek2 gt d rela ny saat tombol stater d tekan
    Kira2 msalah ny ap y bro
    Motor sya vario 125 new 2019

    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  14. sya punya vario 125 led dobel stater nendang cuma sedikit kayak strom aki lemah mohon pencerahannya hu...

    BalasHapus
  15. maaf hu tolong pencerahannya saya punya pasien vario 125 led dobl staternya g bisa nendang seperti kurang strom aki padahal aki baru di coba aki lain juga sama tolong pencerahannya,terimakasih semoga sehat selalau

    BalasHapus
  16. Saya punya kasus Vario esp itu di starternya malah berbalik,,,, balik mundur arah jarum jam,,,, itu pe yebabnya di apa ya,,,, ECU bagus, spul bagus kadang aki suka droff

    BalasHapus