Ini Loh Bro, Masalah yang Sering di Alami Honda All New CB150R

Sejeworks – Ingat bro sebentar lagi mudik lebaran segara cek kondisi kendaraan lo di bengkel langganan dan terpercaya, jujur, tidak sombong dan apa adanya he.... Et dah kayak ngomongin pasangan aja, memang iya bro karena motor yang biasa lo pakai keluyuran yang menemani lo dalam suka dan duka he....

Langsung saja ke pokok bahasan bro, kali ini yang mau dikupas tajam setajam silet baru ngutang adalah penyakit motor Honda New CB150R LED. Gua tambahin LED supaya tidak ada kekeliruan sama sekali diantara generasi CB, seiring bertambahnya jam terbang alias sering dipakai berkendara maka komponen yang terdapat pada sepeda motor akan mulai aus.  Dan jika tidak segera dilakukan perbaikan maka lama kelamaan kan berdampak pada motor tersebut, dampak ringannya paling hanya performa atau power yang menurun tapi dampak ekstreamnya gua ngga mau ngomong bro biar lo ngerasain sendiri he.....

Tapi tenang setiap ada penyakit pasti ada obatnya, iya kan... sebenarnya kerusakan yang pada setiap sepeda motor hampir sama cuman itu – itu saja. Maksudnya bro ? contoh untuk bagian mesin lifter, piston, kopling, sedangkan untuk bagian injeksi dari fuel pump, ECU, injektor dan hal ini hampir setiap motor mengalaminya.

Tapi untuk pemakai Honda New CB150R sering kali mengeluhkan hal – hal seperti berikut ini, suara mesin kasar, tenaga kurang responsif, motor mbrebet di rpm tertentu. Setelah gua cari kesana kemari akhirnya ketemu juga bro, penyakit yang sering terjadi pada Honda New CB150R. So untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot...

Penyebab Masalah yang Sering Kali Dialami Honda New CB150R


Oli Mesin

Kenapa oli mesin gua letakan pertama ? sebab banyak para biker All New CB150R tidak mengetahui kapasitas oli mesin tersebut yaitu 1,2 liter. Sering kali para biker All New CB150R memakai oli mesin dengan ukuran 1 liter, maka hasilnya pelumasan akan terganggu dan jangka panjangnya semua komponen yang ada didalam mesin akan rusak atau aus.

Lifter Assy Tensioner

Lifter alias penonjok keteng adalah komponen yang sangat penting karena letaknya didalam sebuah mesin sepeda motor, bro bukannya semua komponen pada sepeda motor itu penting ya jelas penting bro. Tapi untuk hal ini tidak bisa ditawar jika lifter sudah mulai aus / rusak sebaiknya segera lakukan penggantian karena risikonya jika dibiarkan maka piston dan klep akan saling berbenturan dan boom  lo pasti taulah bro apa yang akan terjadi selanjutnya.

Masalah pada tensioner ditandai dengan adanya bunyi klotok – klotok pada bagian mesin lebih tepatnya sisi silinder com bagian kiri. Apa sih penyebabnya ? usia pakai kendaraan dan bagian peer di dalam lifter yang lemah, untuk lebih jelasnya ini linknya bro...

Kanvas Kopling Terbakar

Hal ini paling sering dialami oleh Honda New CB150R, apa sih penyebab utamanya bro ?. Yaitu keadaan stut kopling yang menekan secara terus menerus dan lakukan secara setengah (setengah kopling), kok bisa seperti itu. Nah ini sebenarnya hal yang tidak disadari oleh para biker saat melewati jalan macet, terus solusinya gimana bro. Jangan lewat jalan macet, gubrak.... sebaiknya saat melewati jalan macet posisikan perseneling pada posisi netral. Tujuannya agar mengurangi kinerja kopling atau lebih tepatnya mengurangi biker melakukan posisi setengah kopling dengan menarik handel kopling tanpa langsung akselerasi.

Berikut Jepretannya Bro...

honda cb650r


Motor Mbrebet

Nah ini banyak banget sebabnya bro, dari pemilihan kode busi yang salah dan fuel pump yang mulai rusak karena kemasukan air. Apakah masih ada lagi penyebabnya ? jelas bro ada banyak tapi kedua hal tersebut adalah biang kerok pertama dari mbrenbet tersebut.


Untuk lebih jelasnya baca ini bro,




As Roda Belakang Seret

Ini masalah klasik bagi para pemakai motor sport yaitu as roda belakang yang macet karena jarang sekali dibongkar pasang, cara penanggulangannya sebenarnya sangat mudah yaitu dengan mengerinda bagian as roda tipis – tipis dan memberinya pelumasan. Tapi jika sudah macet parah, mau ngga mau harus memotong as roda dan menggantinya dengan yang baru.   

Ok bro sekian dulu ya, kalau ada masalah tentang All New CB150R bisa komen di channel youtube gua he... tapi jangan lupa subscribe dulu. Akhir kata safety firts & keep riding no arogan, salam satu aspal...

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Bro tau bengkel yang bagus buat ngatasin masalah brebet sama motor ncb 150r yang led ga? Sekitaran tangerang dan jakarta

    BalasHapus
  2. Sob numpang tanya nih,,
    Knpa yah motor Ocb gw kalo di gas rasanya kasar bangt dan gak mau lari.
    Dari gigi 1/4 itu rasanya SMA kek pakai gear besar, pdhl gear masih standar.
    Trus klo di bawa lari 80km getarannya sangat terasa, body² hingga Amoe bunyi.

    Kira2 apa yah krudakannya??
    Tolong kasih infonya sob, trmksihh

    BalasHapus
  3. Klo gua bro, punya cb150r masalahnya hampir sama. Ada bunyi gratak di mesin saat start kosong gk jalan. Nah begitu jalan, klo mesin rada panaS tiba2 mati. Gk mau hidup lagi. Apanya yg salah bro? Mohon infonya. Makasih.

    BalasHapus