Sejeworks – Ingat bro sebentar lagi mudik lebaran segara
cek kondisi kendaraan lo di bengkel langganan dan terpercaya, jujur, tidak
sombong dan apa adanya he.... Et dah kayak ngomongin pasangan aja, memang iya
bro karena motor yang biasa lo pakai keluyuran yang menemani lo dalam suka dan
duka he....
Langsung saja ke pokok bahasan bro, kali ini yang mau
dikupas tajam setajam silet baru ngutang adalah penyakit motor Honda New CB150R
LED. Gua tambahin LED supaya tidak ada kekeliruan sama sekali diantara generasi
CB, seiring bertambahnya jam terbang alias sering dipakai berkendara maka
komponen yang terdapat pada sepeda motor akan mulai aus. Dan jika tidak segera dilakukan perbaikan
maka lama kelamaan kan berdampak pada motor tersebut, dampak ringannya paling
hanya performa atau power yang menurun tapi dampak ekstreamnya gua ngga mau
ngomong bro biar lo ngerasain sendiri he.....
Tapi tenang setiap ada penyakit pasti ada obatnya, iya
kan... sebenarnya kerusakan yang pada setiap sepeda motor hampir sama cuman itu
– itu saja. Maksudnya bro ? contoh untuk bagian mesin lifter, piston, kopling,
sedangkan untuk bagian injeksi dari fuel pump, ECU, injektor dan hal ini hampir
setiap motor mengalaminya.
Tapi untuk pemakai Honda New CB150R sering kali
mengeluhkan hal – hal seperti berikut ini, suara mesin kasar, tenaga kurang
responsif, motor mbrebet di rpm tertentu. Setelah gua cari kesana kemari
akhirnya ketemu juga bro, penyakit yang sering terjadi pada Honda New CB150R. So
untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot...
Penyebab Masalah yang Sering Kali Dialami Honda New CB150R
Oli Mesin
Kenapa oli mesin gua letakan pertama ? sebab banyak para
biker All New CB150R tidak mengetahui kapasitas oli mesin tersebut yaitu 1,2
liter. Sering kali para biker All New CB150R memakai oli mesin dengan ukuran 1
liter, maka hasilnya pelumasan akan terganggu dan jangka panjangnya semua
komponen yang ada didalam mesin akan rusak atau aus.
Lifter Assy Tensioner
Lifter alias penonjok keteng adalah komponen yang sangat
penting karena letaknya didalam sebuah mesin sepeda motor, bro bukannya semua
komponen pada sepeda motor itu penting ya jelas penting bro. Tapi untuk hal ini
tidak bisa ditawar jika lifter sudah mulai aus / rusak sebaiknya segera lakukan
penggantian karena risikonya jika dibiarkan maka piston dan klep akan saling
berbenturan dan boom lo pasti taulah bro
apa yang akan terjadi selanjutnya.
Masalah pada tensioner ditandai dengan adanya bunyi
klotok – klotok pada bagian mesin lebih tepatnya sisi silinder com bagian kiri.
Apa sih penyebabnya ? usia pakai kendaraan dan bagian peer di dalam lifter yang
lemah, untuk lebih jelasnya ini linknya bro...
Kanvas Kopling Terbakar
Hal ini paling sering dialami oleh Honda New CB150R, apa
sih penyebab utamanya bro ?. Yaitu keadaan stut kopling yang menekan secara
terus menerus dan lakukan secara setengah (setengah kopling), kok bisa seperti
itu. Nah ini sebenarnya hal yang tidak disadari oleh para biker saat melewati
jalan macet, terus solusinya gimana bro. Jangan lewat jalan macet, gubrak....
sebaiknya saat melewati jalan macet posisikan perseneling pada posisi netral.
Tujuannya agar mengurangi kinerja kopling atau lebih tepatnya mengurangi biker
melakukan posisi setengah kopling dengan menarik handel kopling tanpa langsung
akselerasi.
Berikut Jepretannya Bro...
Motor Mbrebet
Nah ini banyak banget sebabnya bro, dari pemilihan kode
busi yang salah dan fuel pump yang mulai rusak karena kemasukan air. Apakah
masih ada lagi penyebabnya ? jelas bro ada banyak tapi kedua hal tersebut
adalah biang kerok pertama dari mbrenbet tersebut.
Untuk lebih jelasnya baca ini bro,
As Roda Belakang Seret
Ini masalah klasik bagi para pemakai motor sport yaitu
as roda belakang yang macet karena jarang sekali dibongkar pasang, cara
penanggulangannya sebenarnya sangat mudah yaitu dengan mengerinda bagian as
roda tipis – tipis dan memberinya pelumasan. Tapi jika sudah macet parah, mau
ngga mau harus memotong as roda dan menggantinya dengan yang baru.
Bro tau bengkel yang bagus buat ngatasin masalah brebet sama motor ncb 150r yang led ga? Sekitaran tangerang dan jakarta
BalasHapusSob numpang tanya nih,,
BalasHapusKnpa yah motor Ocb gw kalo di gas rasanya kasar bangt dan gak mau lari.
Dari gigi 1/4 itu rasanya SMA kek pakai gear besar, pdhl gear masih standar.
Trus klo di bawa lari 80km getarannya sangat terasa, body² hingga Amoe bunyi.
Kira2 apa yah krudakannya??
Tolong kasih infonya sob, trmksihh
Sama bang punya saya juga
BalasHapusKlo gua bro, punya cb150r masalahnya hampir sama. Ada bunyi gratak di mesin saat start kosong gk jalan. Nah begitu jalan, klo mesin rada panaS tiba2 mati. Gk mau hidup lagi. Apanya yg salah bro? Mohon infonya. Makasih.
BalasHapus