Sejeworks – Indikator bensin eror atau ngaco alias tidak
akurat, ah.... ngga apa – apa dan ujung – ujungnya motor didorong karena
kehabisan bensin he... he... Memang kita sering kali mengangap suatu masalah
dengan sepele dan menunda – nunda untuk menyelesaikannya, ya itu manusiawi lah
soalnya gua juga ngalamin dan melakukannya. Balik lagi ke indikator bensin yang
ngaco atau tidak akurat, hal ini sering kali dialami oleh sepeda motor yang
telah berusia diatas 4 tahun. Ya memang ada yang belum genap 2 tahun sudah
mengalami kerusakan indikator bensin.
Apasih penyebab indikator bensin rusak atau ngaco?
Bagaimana cara mendeteksi kerusakannya ? kenapa bisa indikator bensin ngga
akurat? Berapasih harga pelampung bensin ? Bagaimana akibatnya kalau mengganti
dengan spare part kw atau bukan ori ? nah.....
pertinyiin – pertinyiin ini akan kita kupas tuntas sampai beres.
Masalah indikator bensin yang eror atau ngaco sebenarnya
dialami oleh semua merk dan jenis motor, dari sport, bebek, matic. Demikin juga ngga pandang karburator atau
injeksi, dari yang model indikator digital dan model jarum karena semua pasti
akan mengalaminya. Maka dari itu pantengin terus disini sampai tuntas biar lo
cepet – cepet ambil tindakan dan ngga keduluan orang he..... ngomong apa gua.
Penyebab Indikator Bahan Bakar Ngaco
Kondisi Accu
Kondisi accu yang mempunyai tegangan dibawah 10 volt
akan mempengaruhi arus listrik pada sistem beban ( elektrik starter, lampu sen,
lampu rem, lampu senja, klakson, lampu indikator speedo dan indikator bensin). Maka
dari itu perhatikan selalu kondisi accu, accu yang prima mempunyai tegangan
12,50 volt dibawah nilai tersebut bisa dikatakan rusak atau soak.
Jalur Kabel Indikator Bensin
Ngomongin kabel berarti siap – siap pusing karena harus
mengecek satu persatu, tapi untuk jalur kabel indikator bensin ngga terlalu
ribet. Karena hanya menghubungkan antara pelampung dengan indikator bensin dan
tidak bercabang kemana – mana lagi tapi
terkadang warna kable aka berubah – ubah saat menyambung ke soket. Hal
ini terjadi pada motor injeksi dan motor
karburator, biar lebih jelas kita ambil contoh Yamaha Xeon 125 karbu Hijau (+)
dan hitam (-) menuju pelampung bensin dan sampai ke indikator bensin warnanya
pun masih tetap sama.
Sementara untuk sepeda motor Honda mempunyai 3 warna
kabel yang berasal dari pelampung bensin yaitu Hijau (-), Biru / Putih (+) dan Kuning / Putih (+). Nah bagaimana dengan
motor injeksi, untuk motor injeksi Honda pelampung bahan bakar mempunyai warna
kabel Merah (+) dan Hitam (-). Kemudian akan berubah di soket kabel body
pelampung bensin menjadi Hijau / Hitam (-) dan Kuning / Putih (+) sampai
indikator bensin.
Pelampung Bensin
Untuk pelampung bensin sebenarnya cukup mudah diprediksi
apakah mengalami kerusakan atau tidak ada masalah sama sekali. Cara manualnya
yaitu dengan mencopot soketan antara kabel body dengan pelampung, kemudian
menyambung soketan tersebut dengan menggunakan potongan kabel / tang sirklip.
Hasilnya jika indikatror bensin bergerak naik keatas atau penuh bisa dipastikan
pelampung bensin mengalami kerusakan, tapi sebaliknya jika indikator bensin
tidak bergerak sampai penuh besar kemungkian ada kerusakan di bagian indikator
bensin tersebut.
Cara diatas adalah cara mudahnya dengan menyambung atau
jumper, tapi jika mau pakai cara yang akurat dengan cara mengukur tahanan (ohm)
pada pelampung tersebut. Tapi ada kekurangannya lo harus tahu ukuran standar
dari sepeda motor yang lo garap. Catatan penting, untuk kabel dibawah ini adalah
warna sisi dari soket kabel body menuju pelampung, karena pelampung bahan bakar
tidak mempunyai sisi kabel yang bisa terlihat.
Contoh Yamaha Xeon 125 Karbu tahanan sender / pelampung
saat posisi penuh 4 -10 ohm,sedangkan pada saat posisi habis 90 -100 ohm.
Sedangkan Honda Beat Karbu Posisi penuh Biru/Putih 25 – 45 ohm, Kuning/Putih –
Hijau 400 – 700 ohm, Kuning/Putih – Biru/Putih 450 – 750 ohm. Saat posisi kosong
Biru/Putih – Hijau 400 – 700 ohm, Kuning/Putih – Hijau 25 – 45 ohm dan
Kuning/Putih - Biru/Putih 450 – 750 ohm.
Bagaimana cara mengukur tahanan pelampung motor injeksi,
pada intinya sama saja cuman pada Fuel Pump Unit terdapat 4 kabel yaitu 2 kabel
menuju presure regulator da 2 kabel lagi menuju pelampung bahan bakar. Nah untuk
motor honda cari posisi fuel pump yang menuju kabel berwarna Hijau/Hitam –
Kuning/Putih saat posisi penuh mempunyai tahanan 6 – 10 ohm dan posisi kosong
mempunyai tahanan 384 – 396 ohm.
Odometer Mengalami Kerusakan
Odometer mengalami kerusakan jika semua cara pengecekan
diatas telah dilakukan dengan benar, pada sepeda motor yang penunjuk posisi
bahan bakarnya memakai sistem digital. Dapat dengan mudah memperkirakan
kerusakannya yaitu dengan melihat indikator bensin tersebut, apakah tamapak
separo / setengah atau full pada tampilannya. Tapi untuk yang memakai analog
bisa melihat jarum penunjuk, jika posisi jarum ada ditengah terus atau diatas (bahan
bakar penuh) maka kemungkinan besar indikator bensin rusak.
Bagaimana kalau indikator bergerak naik turun ? hal ini
terjadi pada sepeda motor injeksi honda yang memakai indikator bahan bakar
model digital seperti Honda CB150R, Vario 125, Vario 150, Verza dsb. Penyebabnya
bisa dari tegangan accu yang kurang (acu ngedrop) dan pelampung bahan bakar
yang rusak.
Apa pengaruhnya jika memakai pelampung bensin bukan asli
/ ori ? sebenarnya antara spare part ori dengan biasa / kw ada banyak
perbedaan. Yaitu dari bentuk yang kurang presisi, ukuran tahanan pelampung
bensi yang bisanya berbeda. Pengaruh pada usia part tersebut yang tidak akan
bertahan lama, kemudian pelampung bahan bakar akan tetap tidak akurat / ngaco.
Ok bro sekian dulu dari gua, moga lo sedikit terbantu
kalau tambah bingung bawa saja motor lo ke bengkel he.... Akhir kata safety
first dan keep riding no arogan, salam satu aspal... WOR... WOR...
sya ud pasang pelampung baru beat karbu yg ori tp ko pas isi bensin mlah turun metran bensinny ke E smpe mentok itu jalur kabel atw indikator bensinny mas.?
BalasHapusMungkin kabel kebalikπ€
HapusIndikator bensin saya naik turun mas, tapi setelah saya jumper indikator tidak naik turun dan menunjukkan bensin tinggal 1 bar. Kalau seperti ini rusak dibagian apanya mas?
BalasHapusBang klo indikator bbm CBR 150 old menunjukan strip full tp kondisi kedip2 .knp ya bangkerusakan d bagian apa.a?
BalasHapusBang... Pelampung sy baru tapi jarum full diatas aj ga mau turun pasisi kabel urutn nya yg mna ya..
BalasHapus1.kuning..2.biru strip putih.. 3.hitam
Urutan dari arah depan motor kiri,tengah,kanan...kiri warna ap bang.. Kanan warna ap... Maksih bangπππππ
Beat 2011 karbu
BalasHapusPunya saya mas kalau diisi bensin turun imparnya kalau mau abis dia naik gimana itu
BalasHapusAduh
BalasHapusKalo beat karbu saya,pas d tas d jumper kabel hijau putih mau turun,tp pas kabel yg putih biru ga mau naik full,cuma setengah. Itu apanya yg rusak ya gan
BalasHapus