Sejeworks – Seiring berjalannya waktu sebuah
relationship pasti akan menghadapi sebuah masalah, begitu juga dengan sepeda
motor setelah begitu lama menemani kita berhari – hari, pasti akan mulai rewel
dan mulai bermasalah. Tapi perlu diingat bro, konflik adalah biasa jadi please
tetap optimis dikutip dari bonda prakoso he...
dan satu lagi semoga prahara mendewasakan kita dari ungu.... et dah...
pembukaan macam apa ini he.... he...
Slow dulu ya bro, nah kali ini baru serius... honda
vario 125 yang telah berumur sering kali akan terjadi berbagai macam masalah,
ya sebenarnya ini hampir setiap motor mengalaminya. Jika sepeda motor sudah
mulai tua akan rewel dan minta jajan ini itu banyak sekali, tapi kali ini gua
memperioritaskan pada honda vario 125 dan saudara deketnya vario 150. Sebab apa
? gua merasa terpanggil untuk bikin artikel ini he... he.... Ya walaupun banyak
kekurangan dan bukan sok jago, tapi karena gua anaknya emak yang paling keren he....
Honda vario 125 yang mulai ngempos, brebet dan gas
nyangkut atau ngegas sendiri biasanya disebabkan karena kurang lebih 80 %
sepada motor kurang terawat, memakai suku cadang after market dan usia komponen
honda vario sudah berumur (memang waktunya rusak). Vario 125 sudah berteknologi
injeksi, artinya jika ada masalah pada sistem injeksi maka lampu MIL akan
menyala, memberitahu pengendaranya.
Jika lampu MIL tidak menyala ada 2 kemungkinan, yaitu
ada kerusakan pada komponen lain yang mengganggu supply bahan bakar dan sistem
pengapian. Kemungkinan kedua adalah perlu DLC Short Connector untuk memeriksa
dan memunculkan kode kerusakan tersebut, untuk lebih jelasnya langsung saja
check it dot. Bro...
Penyebab Vario 125 Ngempos
Busi
Sering kali para biker main asal comot saja saat membeli
busi, padahal busi untuk motor injeksi dan motor karbu itu berbeda tapi memang
bisa dipasang alias plug and play. Tapi efeknya bro, jika motor injeksi memakai
busi motor karbu akibatnya motor akan sering mogok, brebet dan parahnya lagi
busi akan meleleh karena tidak kuat menahan panas dari mesin. Sebab busi motor
karbu memakai busi tipe panas sementara motor injeksi memakai tipe busi dingin,
perbedaan jelasnya ada pada angka yang tertera pada busi tersebut. Lebih
jelasnya ini linknya bro...
Cap busi
Cangklong busi atau cop busi alias cap busi adalah part
yang jarang sekali rusak dan sering kali di anak tirikan, tapi ujung – ujungnya
ini akan menjadi sumber masalah baru. Pada motor jenis karburator, jika sepeda
motor tidak memakai cap busi maka tidak akan terlalu berpengaruh. Tapi lain
halnya dengan motor injeksi, jika tidak memakai cop busi maka kinerja ECU / ECM
akan terganggu karena adanya radiasi dari percikan busi. Cap busi yang baik
memiliki tahanan 5 kilo ohm pada suhu 20 derajat celcius, kerusakan pada cop
busi akan ditandai dengan adanya jamur dan karat pada bagian dalam cop busi.
Fuel pump
Pompa bahan bakar alias fuel pump berfungsi untuk
menyuplay bahan bakar dari dalam tangki bahan bakar menuju injektor, dan
injketor akan menyemprotkan bahan bakar banyak atau sedikit sesuai perintah
dari ECM / ECU. Pompa bahan bakar yang mulai rusak akan menyebabkan supplay
bahan bakar tidak stabil, sehingga sepeda motor akan ngempos.
Kerusakan pada sensor FI
Kerusakan pada sensor injeksi mulai dari injektor,
throttle position, sensor suhu, akan menyebabkan motor vario 125 menjadi
ngempos. Kerusakan ini meliputi sensor tersebut dan jalur sensor, tapi semua
ini bisa dilihat dari lampu indikator yang menyala berkedip – kedip.
Cara mengatasi motor vario 125 ngempos
Gunakan busi yang sesui dengan anjuran pabrikan, dan
ganti gusi setiap 8.000 km.
Bersihkan filter udara dengan cara menggetoknya ke
lantai bukan menyemprot dengan angin compresor atau malah mencucinya dengan
bensin dan air sabun.
Ganti filter udara setiap 15.000 km.
Gunakan bahan bakar yang tidak mengandung timbal.
Ganti pompa bahan bakar jika mempunyai tekanan dibawah
250 kpa.
Perbaiki sensor – sensor injeksi kemudian lakukan Reset
ECM dan Seting Altitude (mode ketinggian tanah).
Honda Vario 125 Ngegas Sendiri
Honda Vario ngegas sendiri ini horor banget bro, serasa
ada yang menarik grip gas sampai kecepatan 40 km/jam bahkan kadang lebih. Jika
hal ini dibiarkan saja maka secara otomatis, biker tersebut akan menarik rem
belakang sementara gas terus berputar. Akaibatnya kanvas kopling akan aus atau
bahkan pecah. Maka dari itu Subcribe channel gua he.... yaelah promosi bae dari
tadi... mending langsung saja check it dot...
Pemakainan Jalu dan Pelindung Tangan
Jalu atau pemberat stang kemudi dan pelindung tangan
variasi, sering kali akan membuat grip gas nyangkut sehingga tidak kembali pada
posisi bebas sebelum grip gas ditarik.
Jarak Main Bebas
Grip gas mempunyai jarak main bebas sekitar 2 – 5 mm
pada posisi stang kemudi lurus atau tidak berbelok. Jika sepeda motor tidak mempunyai
jarak main bebas maka saat posisi berbelok grip gas akan tertarik dan gas akan
manjer.
Throtle Possition Rusak
Sensor TP akan terhubung pada bukaan butterlfy atau koin
seperti pada motor karburator vakum, rusaknya TP bisa diakibatkan karena
penyetelan secara manual yang asal – asalan. Padahal stelan tersebut tidak
boleh diiotak – atik secara manual karena akan mengakibatkan putaran gas yang
tidak stabil. Nah ini bahaya sekali
bro... karena pada bukaan butterfly / koin, sensor TP akan mengirimkan sinyal
ke ECM. Dan ECM akan memerintahkan sensor – sensor lain untuk memyesuaikan posisi
bukaan derajat TP.
Kode MIL yang Terlalu Lama Tersimpan
Nah ini biasanya karena empunya vario kurang tanggap dan
memaksakan, maksudnya gmana bro ?. Semua motor injeksi menganut sistem
kelistrikan Full transistor, bahasa simpelnya sangat membutuhkan aki / accu. Nah
accu yang telah ngedrop dan dipaksakan secara terus menerus akan mengirim kode
kerusakan / kode kegagalan yang seharusnya diperbaiki. Maka dari itu bro jika
accu ngedrop maka cepat – cepatlah diganti dan lakukan riset ECM untuk
mengjhapus kode kerusakan yang tersimpan.
Untuk lebih jelasnya ini link terkait bro...
dan cek video dibawah ini ya bro
Kasus nge gas sendiri kejadian sama motor sy, supra x 125 injeksi helm in. Awalnya normal, pas dipake anak sy tiba" berubah setelan gas jadi kenceng, tanpa digas, why bro?
BalasHapushonda vario ane kadang waktu hidupkan ngegas sendiri kadang enggak....kadang kalau gas sendiri q kontak on off dengan cepat beberapa kali sembuh apanya ya gan?
BalasHapus