Vario 125 Ngempos dan Ngegas Sendiri, Ini Dia Solusinya

Sejeworks – Seiring berjalannya waktu sebuah relationship pasti akan menghadapi sebuah masalah, begitu juga dengan sepeda motor setelah begitu lama menemani kita berhari – hari, pasti akan mulai rewel dan mulai bermasalah. Tapi perlu diingat bro, konflik adalah biasa jadi please tetap optimis dikutip dari bonda prakoso he...  dan satu lagi semoga prahara mendewasakan kita dari ungu.... et dah... pembukaan macam apa ini he.... he...


vario ngempos



Slow dulu ya bro, nah kali ini baru serius... honda vario 125 yang telah berumur sering kali akan terjadi berbagai macam masalah, ya sebenarnya ini hampir setiap motor mengalaminya. Jika sepeda motor sudah mulai tua akan rewel dan minta jajan ini itu banyak sekali, tapi kali ini gua memperioritaskan pada honda vario 125 dan saudara deketnya vario 150. Sebab apa ? gua merasa terpanggil untuk bikin artikel ini he... he.... Ya walaupun banyak kekurangan dan bukan sok jago, tapi karena gua anaknya emak yang paling keren he....

Honda vario 125 yang mulai ngempos, brebet dan gas nyangkut atau ngegas sendiri biasanya disebabkan karena kurang lebih 80 % sepada motor kurang terawat, memakai suku cadang after market dan usia komponen honda vario sudah berumur (memang waktunya rusak). Vario 125 sudah berteknologi injeksi, artinya jika ada masalah pada sistem injeksi maka lampu MIL akan menyala, memberitahu pengendaranya.

Jika lampu MIL tidak menyala ada 2 kemungkinan, yaitu ada kerusakan pada komponen lain yang mengganggu supply bahan bakar dan sistem pengapian. Kemungkinan kedua adalah perlu DLC Short Connector untuk memeriksa dan memunculkan kode kerusakan tersebut, untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot. Bro...
 

Penyebab Vario 125 Ngempos


Busi

Sering kali para biker main asal comot saja saat membeli busi, padahal busi untuk motor injeksi dan motor karbu itu berbeda tapi memang bisa dipasang alias plug and play. Tapi efeknya bro, jika motor injeksi memakai busi motor karbu akibatnya motor akan sering mogok, brebet dan parahnya lagi busi akan meleleh karena tidak kuat menahan panas dari mesin. Sebab busi motor karbu memakai busi tipe panas sementara motor injeksi memakai tipe busi dingin, perbedaan jelasnya ada pada angka yang tertera pada busi tersebut. Lebih jelasnya ini linknya bro...


Cap busi

Cangklong busi atau cop busi alias cap busi adalah part yang jarang sekali rusak dan sering kali di anak tirikan, tapi ujung – ujungnya ini akan menjadi sumber masalah baru. Pada motor jenis karburator, jika sepeda motor tidak memakai cap busi maka tidak akan terlalu berpengaruh. Tapi lain halnya dengan motor injeksi, jika tidak memakai cop busi maka kinerja ECU / ECM akan terganggu karena adanya radiasi dari percikan busi. Cap busi yang baik memiliki tahanan 5 kilo ohm pada suhu 20 derajat celcius, kerusakan pada cop busi akan ditandai dengan adanya jamur dan karat pada bagian dalam cop busi.

Fuel pump

Pompa bahan bakar alias fuel pump berfungsi untuk menyuplay bahan bakar dari dalam tangki bahan bakar menuju injektor, dan injketor akan menyemprotkan bahan bakar banyak atau sedikit sesuai perintah dari ECM / ECU. Pompa bahan bakar yang mulai rusak akan menyebabkan supplay bahan bakar tidak stabil, sehingga sepeda motor akan ngempos.


honda vario 125 ngempos


Kerusakan pada sensor FI

Kerusakan pada sensor injeksi mulai dari injektor, throttle position, sensor suhu, akan menyebabkan motor vario 125 menjadi ngempos. Kerusakan ini meliputi sensor tersebut dan jalur sensor, tapi semua ini bisa dilihat dari lampu indikator yang menyala berkedip – kedip.

Cara mengatasi motor vario 125 ngempos

Gunakan busi yang sesui dengan anjuran pabrikan, dan ganti gusi setiap 8.000 km.

Bersihkan filter udara dengan cara menggetoknya ke lantai bukan menyemprot dengan angin compresor atau malah mencucinya dengan bensin dan air sabun.

Ganti filter udara setiap 15.000 km.

Gunakan bahan bakar yang tidak mengandung timbal.

Ganti pompa bahan bakar jika mempunyai tekanan dibawah 250 kpa.

Perbaiki sensor – sensor injeksi kemudian lakukan Reset ECM dan Seting Altitude (mode ketinggian tanah).



Honda Vario 125 Ngegas Sendiri

Honda Vario ngegas sendiri ini horor banget bro, serasa ada yang menarik grip gas sampai kecepatan 40 km/jam bahkan kadang lebih. Jika hal ini dibiarkan saja maka secara otomatis, biker tersebut akan menarik rem belakang sementara gas terus berputar. Akaibatnya kanvas kopling akan aus atau bahkan pecah. Maka dari itu Subcribe channel gua he.... yaelah promosi bae dari tadi... mending langsung saja check it dot...

Penyebab Honda Vario 125 Ngegas Sendiri

Pemakainan Jalu dan Pelindung Tangan

Jalu atau pemberat stang kemudi dan pelindung tangan variasi, sering kali akan membuat grip gas nyangkut sehingga tidak kembali pada posisi bebas sebelum grip gas ditarik.

Jarak Main Bebas

Grip gas mempunyai jarak main bebas sekitar 2 – 5 mm pada posisi stang kemudi lurus atau tidak  berbelok. Jika sepeda motor tidak mempunyai jarak main bebas maka saat posisi berbelok grip gas akan tertarik dan gas akan manjer.

Throtle Possition Rusak

Sensor TP akan terhubung pada bukaan butterlfy atau koin seperti pada motor karburator vakum, rusaknya TP bisa diakibatkan karena penyetelan secara manual yang asal – asalan. Padahal stelan tersebut tidak boleh diiotak – atik secara manual karena akan mengakibatkan putaran gas yang tidak stabil.  Nah ini bahaya sekali bro... karena pada bukaan butterfly / koin, sensor TP akan mengirimkan sinyal ke ECM. Dan ECM akan memerintahkan sensor – sensor lain untuk memyesuaikan posisi bukaan derajat TP.

Kode MIL yang Terlalu Lama Tersimpan

Nah ini biasanya karena empunya vario kurang tanggap dan memaksakan, maksudnya gmana bro ?. Semua motor injeksi menganut sistem kelistrikan Full transistor, bahasa simpelnya sangat membutuhkan aki / accu. Nah accu yang telah ngedrop dan dipaksakan secara terus menerus akan mengirim kode kerusakan / kode kegagalan yang seharusnya diperbaiki. Maka dari itu bro jika accu ngedrop maka cepat – cepatlah diganti dan lakukan riset ECM untuk mengjhapus kode kerusakan yang tersimpan.

Untuk lebih jelasnya ini link terkait bro...


dan cek video dibawah ini ya bro




Ok bro, sekian dulu dari gua jangan lupa dukung gua menjadi blog terkeren versi gua sendiri... he.....  Jangan lupa bagikan tulisan ini ke komunitas lo ya bro, akhir kata salam satu aspal....   

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kasus nge gas sendiri kejadian sama motor sy, supra x 125 injeksi helm in. Awalnya normal, pas dipake anak sy tiba" berubah setelan gas jadi kenceng, tanpa digas, why bro?

    BalasHapus
  2. honda vario ane kadang waktu hidupkan ngegas sendiri kadang enggak....kadang kalau gas sendiri q kontak on off dengan cepat beberapa kali sembuh apanya ya gan?

    BalasHapus