Wajib Tahu Bro Buat Motor Honda Beat yang Brebet


Sejeworks – Motor brebet diputaran bawah dan putaran atas sering kali dirasakan pada sepeda motor yang telah berumur atau telah mengalami modifikasi pada bagian mesin dan sistem pengkabutan bahan bakar. Sebenarnya penyebabnya ada banyak sekali, tapi kali ini kita akan ambil garis besarnya saja khusus untuk honda beat injeksi. Dari generasi Honda Beat FI, Beat POP, Beat ESP, Scoopy dan Vario 110 FI, sebenarnya memiliki basic yang hampir sama mulai dari sistem keliistrikan, sampai bagian mesin.


beat fi brebet



Sehingga jika mengalami kendala alias masalah biasanya ngga beda jauh, salah satunya adalah masalah motor brebet diputaran bawah dan atas. Padahal kita sudah buka grip gas secara penuh tapi motor terasa nahan dan ngga mau lari, selain itu motor suka mogok dan susah stasioner atau langsam.

Penyebab Honda Beat FI Brebet

Ngomongin brebet pada motor injeksi ngga bakalan ada habisnya, dan sumber penyebabnya pun bermacam – macam harus dicek satu persatu. Dari kerusakan pada sensor - sensor injeksi, pemakain busi, filter udara, tegangan puncak koil dan tekanan bahan bakar yang disemprotkan oleh fuel pump. Itu hanya sedikit kemungkinan yang bisa saja terjadi pada motor Beat FI dan temen – temennya.

Busi Perhatikan Kode Panasnya

Untuk mengantisipasinya seharusnya sepeda motor melakukan service secara berkala, agar kemungkinan tersebut bisa diminimalisir. Dimulai dari hal kecil seperti penggantian busi yang sesuai heat range (kode panas), filter udara memakai model Viscous dan bahan bakar yang tidak bertimbal dan tidak bercampur air. Itu semua adalah hal yang sepele tapi sangat penting untuk performa kendaraan.

Untuk lebih jelasnya ini link kode busi honda..



Sensor System Injeksi Rusak

Motor injeksi mempunyai beberapa sensor yang memberi input ke ECM / ECU selaku komputer atau otak dari sepeda motor, sensor tersebut berisi sensor TPS (Bukaan throtle), Sensor Suhu, Sensor Injeksi, Sensor CKP, Sensor O2 dan masih banyak lagi. Jika ada kerusakan pada sensor tersebut maka secara otomatis ECM / ECU akan memberi tahu pengendara lewat lampu indikator yang berkedip pada speedometer.

Ini bro link cara reset manual motor injeksi...




Koil Pengapian dan ACCU

Koil adalah komponen yang berfungsi sebagai pembesar tegangan listrik dari ECU, koil yang lemah akan membuat tegangan yang dikeluarkan oleh koil menjadi berkurang dan tidak stabil. Sehingga sepeda motor mengalami brebet, sedangkan accu adalah sumber tenaga bagi motor injeksi yang menganut pengapian full transistor.

Pompa Bahan Bakar

Pompa bahan bakar yang telah melemah akan mepunyai tekanan yang tidak sesuai pabrikan yaitu 316 kpa, akibatnya supply bahan bakar menjadi tidak stabil, sehingga motor akan brebet pada putaran bawah, menengah dan atas. Ciri lainnya sepeda motor akan sering mogok dan susah langsam / stasioner, tapi jika fuel pump sudah benar – benar rusak. Bisa ditandai dengan tidak adanya getaran dan suara denging dari fuel pump saat sepeda motor dalam posisi kontak ON.  
Untuk lebih jelasnya ini videonya bro, honda beat fi brebet tapi jangn lupa subscribe dulu...





Akhir kata, see you next time and safety first, keep riding noarogan salam satu aspal... wor.. wor..

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Motor beat q sering berebet mohon infox

    BalasHapus
  2. Kemarin saat saya pupang kampung ke daerah bogor . pas berangkat lumayan macet"an . sehingga pada saat jarak 28kilo dari rumah motor saya mati di saat lampu merah . saya hidupkan lagi ,kembali hidup . dan setelah saya hidupkan baru berjalan dari lampu merah 50meter motor saya mati lgi . saya setarter lagi . dan seterus nya . mati hidup . singkat cerita saya balik ke jakarta . dengan rute yg sama . saya tidak ada kendala mati " . ini kenapa yah mohon pencerahan nya . bagi yg paham.

    BalasHapus
  3. Itu biasanya ada kabel yg kejepit atau putus nyambung..jadi kadang konek kadang tidak.coba juga cek tekanan pull pump nya juga

    BalasHapus
  4. Motor saya kalo panas lebih dari 20km, di gas nya brebet gt kaya mau habis bensin itu kenapa yah, terus motor panas nya over bngt gt.

    BalasHapus
  5. Motor beat esp mas kalaw di gas terasa nyendat , sudah di mode , reset tp, setelah itu bagus. Jarak beberapa minggu kembali lagi,,, setelah itu saya ganti ecm, trotol body,,, terus bagus mas. Jarak sebulan lebih kembali lgi yendat ny,, solisi ny g mn mas,,,, ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensor nya sudah diganti blm bos, klo blm wajib ganti dikarenakan sudah rusak alias ngacak bacanya, dirisert pun selang bberapa hari balik lagi boss👌👍

      Hapus
  6. kalo motor honda beat brebet ngaruh ke busi atau minta bantuan jawaban nya dong , saya test pass gas full motor kluar asep hitam apa ngaruh ke busi atau gak bang minta bantuan nya dong abang🙏

    BalasHapus
  7. Motor honda beat saya berebet setelah mesin panas,,itu knp ya,,motor kaya kesendat gak mau lari,

    BalasHapus
  8. Motor saya berebet sudah di servic ke ahss 3mingu brebet lagi.servic lagi berebet lagi.kalau di gas.kadang2 bagus gitu lagi.pdahal komponen semua udah di cek normal semua di komputer nyah.itu apanya ya

    BalasHapus
  9. Bang motor saya beret apakah kiprok nya harus di ganti bng?

    BalasHapus
  10. Mas motor saya beat esp 2015,kalau di gass mentok brebet mas di ajak nyalip juga ngeden,ane udh ganti busi,sama filter udara,malahan di suruh ganti ecm/ecu??

    BalasHapus
  11. Motor beat esp 2015 kalo di hidupkan idle nya bagus, tapi kalo di gas pertama dia nyendat nyendat, di kecepatan 60 an juga terasa nyendat, udah ganti filter udara,busi, masih nyendat, kalo itu dari sensor, kok indikator injeksi nya gx nyala,
    Kira kira apa ya bos?
    Kalo ada sensor yang bermasalah kan harusnya indikator nya hidup,
    Tapi ini engga,,?

    BalasHapus