Honda Beat Injeksi Susah Hidup, Ini Dia Solusinya

Sejeworks –  Selamat datang kembali para bro semua, Honda Baeat FI alias beat injeksi salah satu motor scooter andalan pabrikan yang berlogo sayap mengepak. Saking larisnya motor ini dijuluki motor sejuta umat, ngga kakek, nenek, encang, encing, nyak, babeh, abang, none, tua, muda, bocah dan lebih bocah lagi memakainya.


honda beat susah hidup



Tapi seiring berjalannya waktu atau bertambahnya jam terbang dan kurangnya perawatan, motor yang tadinya enak – enak saja dipakai mulai ngambekan dari mulai susah dihidupin, ngempos, tarikan brebet dan sebagainya. Nah pada artikel kali ini yang mau diomongin kenapa honda beat injeksi susah dihidupkan ? dan cara mengatasi honda beat injeksi yang suasah dihidupkan. Ok langsung saja check it dot...

Kenapa Honda Beat Injeksi Susah Hidup


Kerusakan Pada Sensor Sensor Injeksi

Sensor – sensor pada motor injeksi lumayan cukup banyak bro, mulai dari sensor suhu, sensor kemiringan motor, sensor TP, sensor O2, sensor IACV (choke otomatis) dan masih banyak lagi. Kerusakan pada sensor – sensor di motor injeksi akan mengakibatkan, motor susah dihidupkan, motor sama sekali ngga bisa hidup, dan sepeda motor sering mogok.
Tapi kabar baiknya setiap sepeda motor injeksi mempunyai lampu pemberitahuan adanya kerusakan pada sensor – sensor injeksi, lampu tersebut akan memberi kode kepada pengendara dengan berkedip berkali – kali. Nah dimana letak lampu tersebut? Posisinya berada di sekitar pada spidometer, jadi agak peka dikit ya bro... he...

Umur atau Usia Pakai Komponen

Ini gunanya servis berkala dan penggantian secara periodik, karena setiap part atau komponen pasti mempunyai umur atau usia pakai. Ambil contoh busi, lakukan penggantian busi setiap 8.000 kilometer atau satu tahun pemakaian dan jangan tunggu sampai busi tersebut mati he.... Tapi jangan lupa bro, perhatikan benar – benar kode panas busi tersebut akarena akibatnya cukup fatal bagi motor.

Untuk lebih jelasnya berikut kode busi motor injeksi



Loss Kompresi

Hilangnya tekanan kompresi pada ruang bakar sering kali menjadi penyebab utama, tekan kompresi yang lemah bisa ditimbulkan karena kerak karbon yang menyumbat klep. Selain itu penyebab lainya karena ring piston mulai lemah atau piston dan cilinder comp mulai aus. Sebenarnya penjelasan tentang lost kompresi sudah ada dan dikupas setajam silet baru beli, agar labih gampang dibawah ini penjelasan komplitnya.
Untuk lebih jelasnya ini linknya bro...


Bahan Bakar dan Pompa Bahan Bakar yang Jelek

Bahan bakar yang dianjurkan oleh pabrikan untuk motor injeksi adalah jenis bahan bakar tanpa timbal yang biasanya terdapat pada ron 90, 92, 95 dan seterusnya. Jika disederhanakan pemakain bensin atau bahan bakarnya adalah berjenis pertamax, pertamax plus untuk untuk bahan bakar pertamina. Sementara untuk bahan bakar dari shell bisa memakai shel reguler dan shell v-power, lain halnya jika memakai bahan bakar Total memakai performance 90, performance 92 dan performance 95.
Pompa bahan bakar yang sudah mulai rusak akan menyebabkan motor susah dihidupkan karena kurangnya suplai bahan bakar. Untuk lebih jelasnya berikut linknya, harap maklum ya bro... karena masalah pompa bahan bakar sudah sering  kita omongin.




Cara Mengatasi Honda Beat Injeksi Susah Hidup


Lakukan Servis Berkala

Servis berkala itu sangat untuk menjaga performa sepeda motor dari mulai kondisi kelistrikan, mesin dan sistem injeksi. Karena tanpa dilakukan servis berkala kendaraan akan mulai sakit – sakitan, maksudnya rewel dari sering mogok tarikan ngempos dan susah dihidupkan.  

Ganti Part atau Komponen Secara Periodik

Penggantian part nah ini satu hal yang ngga kalah penting juga, sering kali komponen atau part yang dipakai jarang dilakukan penggantian. Padahal setiap part mempunyai batas usia pemakaian atau akan aus dan rusak dengan bertambahnya jangka waktu pemakaian. Kita ambil contoh ya bro, busi ganti setiap 8.000 km, filter udara setiap 16.000 km dan lain sebagainya. Tapi kenyataan dilapangan penggantian part / komponen lebih cendrung menunggu rusak dulu baru dilakukan penggantian, akibatnya sepeda motor akan minta jajan banyak saat melakukan perbaikan saat ada problem. Untuk itu lakukan penggantian part sesuai anjuran pabrikan, berikut link utamanya bro... aya harap maklum bro soalnya sudah pernah dibikinin artikel He.... he...



Gunakan Bahan Bakar Non Timbal

Bahan bakar yang mempunyai timbal akan berpengaruh pada throtlle body atau karburator, dan ruang bakar pada mesin. Pengaruhnya apaan bro ?? disisi throtle body / karburator akan menunpuk bercak timbal biasanya berwarna kecoklatan seperti karat. Memang bercak ini bisa dibersihkan dengan karburator cleaner atau injector cleaner, tapi terkadang ada saja noda yang membandel tidak bisa dibersihakan sama sekali dan jangka panjangnya karburator atau throtle body akan eror atau rusak.

Selain itu bahan bakar yang memakai timbal akan menyebabkan banyaknya kerak karbon yang menumpuk pada bagian ruang bakar, akibatnya kerak karbon tersebut akan menyumbat lubang klep in dan ex. Sehingga tekanan kompresi menjadi bocor dan ujung ujungnya sepeda motor susah dihidupkan.

Biar ada gambaran ini bro gua siapin videonya, tapi jangan lupa subscribe ya bro...






Ok bro sekian dulu ya, kalau mau nanya – nya kabar atau apalah dichannel Youtube ya bro... biar bisa fast respon he... akhir kata safety firts, keep riding no arogan salam satu aspal..

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Honda beat , , jarang di pake jauh . Sekali jauh , besoknya mati.

    Kendala ..
    GK BSA di starter ..
    Di engkol juga .. GK bisa

    Mau ganti busi ?
    Beda , , GK ada cangklong businya ..

    Kabel nempel
    SMA busi..


    Tau dacch.., mau ke bengkel ..GK punya duit ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel spulnya coba di cek Om? Kemungkinan kabel pulsor(sensor CKP) nya patah/putus d dlm

      Hapus
    2. Om...beat ESP tahun 2016.. abis boring di bengekl seadanya.
      Jim di perjalanan kelamaan gnti oli..
      Dah siap boring .stater susah.hidupnya brebet. Tpi lampu indikator gk da yg kedip kedip..

      Hapus
  2. Kedepan nya jangan injeksi lagi la..banyak nian kendala

    BalasHapus
  3. saya juga pernah mengalami honda beat mogok, starter susah nyala..
    saya tuliskan di artikel saya ini
    https://www.kirimartikel.com/2019/06/solusi-honda-beat-mogok-starter-tidak.html
    semoga bisa bermanfaat dengan saling bertukar informasi.

    BalasHapus
  4. Kalau Honda beat pengapian ada tapi tidak mau nyala

    BalasHapus
  5. Beat esp bisa distater tapi gamau nyala

    BalasHapus
  6. Honda beat distater nyala, tp di gas gak mau jln, ngelos trs kaya kempos gitu, kira2 apa nya ya yg rusak ?

    BalasHapus
  7. Bg motor saya baru ganti piston,dan semua nya bagus,pengapian nya, sama minyak nya lancar, tapi gak menyala, apa ya kendala nya?

    BalasHapus
  8. Mau tanya honda beat saya klw pagi atau pd saat mesin dingin susah d hidupkan kcuali stater kaki bru bisa. Trus klw pertama gas suka buntu2 sdikit. Kira2 pnyebabx apa kak?

    BalasHapus
  9. Gan, mau tanya motor beat 2013 starter bisa tapi mesin tidak mau menyalah solusinya apa gan?
    Terimakasih 🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  10. Om mau nanya beat injeksi susah sidup , sekali hidup jarak 500m mati LG , hidupnya lama 30mnt baru bisa hidup lagi .
    Tolong dong om kasih solusiny.

    BalasHapus
  11. Mau nanya motor beat street saya nda mau di stater, kerusakanya apa ya, di engkol juga nda mau hidup kerusakanya apa ya

    BalasHapus