Ini Dia Bro, Cara Stel Rantai Motor yang Bener


Sejeworks – Pada sepeda motor yang memakai transmisi kecepatan pasti memakai rantai sebagai komponen penghubung antara gear depan yang menyatu dengan transmisi dan gear belakang yang menyatu dengan roda belakang. Perawatan pada rantai roda sangat menentukan usia komponen tersebut, lumasi rantai roda dan perhatikan kekencangan rantai agar tidak menimbulkan masalah.


cara stel rantai motor



Karena rantai yang terlalu kendor akan membuat tarikan motor menjadi kurang responsif dan akibat ekstreamnya rantai roda copot atau lompat dari gear ngeri ngeri sedap pokoknya bro... sementara stelan rantai yang sangat kencang juaga akan menimbulkan masalah, mulai bunyi kemudian rantai yang putus karena posisi rantai sangat kencang.

Cara stel rantai motor

Setiap mekanik mempunyai cara tersendiri menyetel rantai, apakah ada aturan baku dari pabrikan ? tentu saja ada tapi saat dilapangan tujuan dan hasil kerja adalah segalanya. Bagaimana dengan aturan bakunya ? ya pada intinya beti (beda tipis) alias mirip – mirip caranya. Ada yang menginjak rem belakang agar roda belakang tetap sejajar saat pengencangan as roda, atau mendorong / menahan roda belakang dengan dengkul supaya roda tidak bergerak maju mundur. Untuk lebih jelasnya baca sampai akhir ya bro....

Peralatan stel rantai

Setiap pabrikan mempunyai perbedaan pada setiap as roda belakang, jadi tidak bisa digebug rata. Jika ukuran kunci tidak seperti dibawah ini kemungkinan besar bukan bawaan pabrikan atau bekas gantian. Karena kadang terdapat mur 18, 20 dan sebagainya pada as roda belakang, jadi jangan kaget ya bro... untuk lebih jelasnya berikut peralatan yang dibutuhkan untuk menyetel rantai.
Mistar baja untuk mengukur kekencangan rantai.

Motor Honda

Honda Bebek
Kunci ring 14 (14 -17)
Kunci ring 19 (17 -19)
Kunci pas / kombinasi 10
Kunci pas / kombinasi 12

Honda Sport
Untuk motor honda New Megapro, New Megapro FI, CB150R, New CB150R, CBR150, New CBR150R, Verza dll.
Kunci ring 17 (14 -17)
Kunci ring / pas 22
Kunci pas / kombinasi 10
Kunci pas / kombinasi 12

Untuk motor Honda Tiger
Kunci ring 17 (14 -17)
Kunci ring / pas 24
Kunci pas / kombinasi 12
Kunci pas / kombinasi 14

Motor Yamaha

Kunci ring 17 (14 -17)
Kunci ring 19 (17 -19)
Kunci pas / kombinasi 10 untuk bebek
Kunci pas / kombinasi 12 untuk sport
Kunci shock 14 untuk motor dengan rem belakang cakram.


stelan motor yamaha


Motor Suzuki

Kunci ring 14 (14 -17)
Kunci ring 17 (17 -19)
Kunci pas / kombinasi 10
Kunci pas / kombinasi 12

Langkah – langkah stel rantai

Posisikan sepeda motor pada standar untuk mempermudah pekerjaan, jika sepeda motor tidak terdapat standar tengah bisa memakai peddock.

Kemudian kendorkan as roda belakang dengan memakai kunci – kunci seperti diatas, langkah selanjutnya mengendorkan mur stelan rantai.

Cara mengendorkan mur tersebut dengan menahan mur yang berada pada bagian paling dalam, dan mur bagian paling luar dikendorkan. Tujuannya agar memisah kedua mur tersebut, jika diputar secara bersamaa biasanya akan mematahkan stelan rantai.

Khusus untuk motor yamaha yang memakai rem cakram contohnya Yamaha Vixion, Jupiter MX, kendorkan juga baud 14 pengunci rem belakang yang terletak dekat caliper rem. Agar posisi stelan rantai bisa rata saat menggesernya, dan memperoleh hasil kerja yang maksimal.

Sedangkan untuk motor Honda dan Suzuki yang memakai rem belakang cakram tidak perlu memakai cara diatas karena caliper rem bisa digeser secara bebas.

Setelah itu setel kekencangan rantai dengan memutar mur stelan rantai yang posisinya berada paling dalam, untuk mengencangkan stelan rantai putar mur kearah dalam / kekanan. Sedangkan untuk mengendorkan stelan rantai putar mur kearah kiri,  jangan lupa usahakan kedua stelan tersebut sejajar antara bagian kanan dan kiri.

Hasil stelan rantai yang tidak sejajar akan membuat putaran ban belakang oleng dan mempercepat kerusakan pada rantai.

Untuk mengecek hasil stelan sudah benar bisa melihat jumlah garis  yang terdapat pada stelan rantai antara bagian kanan dan kiri.

Langkah berikutnya kencangkan as roda belakang dengan torsi sekitar 70 N.m (kgf.m), jika tidak punya kunci momen kencangkan saja sekuat tenaga.

Langkah terakhir kencangkan mur yang terdapat pada stelan rantai dan cek hasil pekerjaan.



jenis stelan rantai




Baca Juga Bro....



Stel rantai tanpa paddock

Nah ini hal yang cukup ribet, karena beberapa sepeda motor tidak memakai standar tengah atau standar 2 dari pabrikan. Atau malah para biker dengan sengaja melepas standar tengah tersebut, hasilnya pusing bareng – bareng karena saat mau ganti gear set, ban belakang atau malah hal paling ringan yaitu stel rantai menjadi lumayan susah.

Untuk mempermudah pekerjaan seharusnya mamakai paddock, tapi berhubung faktor “ i ” alias ilang atau hilang entah masih tertinggal ditoko atau rusak. Tapi tenang saja bro untuk menyetel rantai roda bisa tetap dilakukan dengan memakai standar samping sebagai tumpuan. Bisa dilakukan secara sendirian atau berdua, jika secara sendirian sepeda motor posisikan pada posisi standar samping dan lakukan penyetelan secara bisanya. Jika berdua maka posisnya sama sepeda motor tetep pada standar samping, satu orang menyetel dan satu orang lagi mengengkat sepeda motor dengan menggunkan tupuan standar samping tersebut. Kalau belum jelas naxt time gua kasih jepretannya...  


Ukuran stelan rantai

Setiap motor mempunyai batas toleransi kekencangan rantai roda, karena hal tersebut akan sangat berdampak pada performa berkendara. Jika stelan rantai terlalu kencang akan menyebabkan rantai cepat molor atau longgar, sementara dampak paling ekstreamnya adalah rantai roda putus. Sebaliknya jika stelan rantai terlalu kendor akan menyebabkan rantai roda lompat dari gear roda belakang, apa cuman itu doang bro ? engga ... Kadang rantai mengunci roda belakang dan merusak mur pengunci gear roda belakang atau malah mengunci gear depan.

Jadi kesimpulannya lakukan penyetelan rantai roda setiap sebulan atau dua bulan sekali, agar meminimalasir kemungkinan diatas tapi jangan lupa stel sesuai standar pabrikan. Agar lebih jelas berikut standar kekencangan rantai roda :

Motor tipe bebek / cup standar kekencangan rantai berkisar 15 – 20 mm.
Motor tipe sport standar kekencangan rantai berkisar  20 – 30  mm.
Motor tipe off - road standar kekencangan rantai berkisar 30 – 40 mm.


Biaya stel rantai

Untuk masalah biaya stel rantai setiap bengkel sangat bervarias jadi tidak bisa disama ratakan, cuman biasanya ongkos pengerjaan sekitar Rp 5.000 – 20.000.





Ok, bro sekian dulu ya, next bakalan gua tambah videonya tapi subscribe ya... he... seperti biasa, sefety first and keep riding no arogan. Salam satu aspal..

Posting Komentar

0 Komentar