Ini Dia, Kelistrikan Yamaha Xeon Karbu yang Susah Hidup

Sejeworks – Sekarang giliran ngomongin kelistrikan Yamaha Xeon karbu, karena kemarin – kemarin honda beat karbu jadi rasanya ngga marem kalau pabrikan garputala ngga dibahas he... he... Apa saja sih yang mau diomongin kali ini ? mulai dari warna kabel yamaha, posisi dan jalur kiprok, jalur CDI, sistem auto choke, sistem sinyal dan hal- hal lainnya yang berhubungan dengan sistem elektrik Yamaha Xeon 125 Karbu.

Pada yamaha xeon sistem kelistrikan sudah lebih canggih dari motor karbu lainnya, sebab motor ini pada bagian CDI sudah dilengkapi self – diagnostic function. Fungsinya untuk menjamin kontrol mesin bekerja dengan sempurna, apabila terjadi kerusakan pada sensor maka lampu indikator pada speedometer akan berkedip sebagai engine troble warning. Tujuan sebenarnya memberi tahu pengendara bahwa ada kerusakan pada sistem elektrik dan sensor yang terdapat pada sistem pengkabutan bahan bakar.



kelistrikan yamaha




Self – diagnostic function kebanyakan dipakai pada sepeda motor injeksi yang memakai sistem pengapian full transistor dengan kata lain arus listrik dalam posisi stand by. Tapi pada Yamaha Xeon 125 karbu hanya memiliki 4 kode kerusakan (engine trouble warning light) dengan nilai yang berbeda, nilai 10 jika lampu menyala 1 detik (kedipan lama). Sedangkan nilai 1 jika lampu menyala selama ½ detik (kedipan cepat), dan jika mempunyai 2 masalah maka lampu akan menyala berulang – ulang. Berikut penjelasannya, check it dot ya bro..

Kode kerusakan             Item Kerusakan

15                                   throtle position sensor terlepas atau konslet
16                                   throtle position sensor macet
21                                   sensor suhu terlepas atau konslet
71                                   auto choke terlepas atau konslet
   


Penyakit Yamaha Xeon Karbu


Motor Xeon Karbu Susah Hidup

Penyebab sepeda motor susah dihidupkan ada banyak sekali dimulai dari yang sepele sampai terberat, salah satunya pemilihan busi yang tidak sesuai anjuran pabrikan. Hal ini bisa ditandai dari keadaan busi yang banyak terdapat endapan carbon, elektroda basah, celah busi yang salah dan terakhir busi tersebut mati.

Kemudian kondisi coil dan pulser yang lemah, untuk tahanan koil terdapat 2 yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Tahanan lilitan primer mempunyai nilai 0,18 – 0,27 ohm, sementara tahanan secondary mempunyai nilai 6,32 – 9,48 Kilo Ohm pada suhu 20 derajat celcius.

Sedangkan pada pulser memiliki tahanan 248 – 372 ohm pada suhu 20 derajat celcius, dan penyebab lainnya adalah adanya kebocoran kompresi pada bagian mesin lebih tepatnya pada ruang bakar. Dan jangan lupa perhatikan tegangan aki / accu yang harus dalam kondisi diatas 5 volt, jika kurang dari angka tersebut maka sepeda motor tidak mempunyai sumber arus pengapian.

Lebih lengkapnya berikut link terkait bro..





Auto Choke Xeon Bermasalah

Sistem auto choke ini meliputi sensor suhu, unit auto choke, kunci kontak dan sikring, aki, jalur kabel dan CDI. Kerusakan pada sistem auto choke akan membuat sepeda motor susah dihidupkan terutama pada suhu rendah dan stasioner tidak stabil alias naik turun tanapa aturan. Pengecekannya bisa dilakukan dengan mengukur tahanan pada unit auto choke pada saat suhu dingin dengan nilai standar 10 – 20 ohm, jika nilai pengukuran lebih besar maka kemungkinan unit auto choke rusak. Sedangkan untuk sensor suhu mempuntai tahanan 183,6 ohm saat suhu 100 derajat.

Mengatasi Aki Tekor Motor Xeon

Aki atau accu alias batrey pada motor xeon sudah memakai jenis aki kering dengan kapasitas 12 V/3,5 A dan bisanya aki kering memiliki umur kurang lebih 1,5 tahun. Tapi jika ada kendala pada sistem pengisian maka aki tersebut paling hanya mempunyai umur 1 bulanan dan aki akan ngedrop, sistem pengisian terdiri dari, spul magnet pengisan, kiprok, accu / aki dan jalur kabel sistem pengisian. Berhubung gua sering kali ngomongin sistem pengisian maka gua kasih linknya saja ya bro..


Letak Kiprok Xeon Karbu dan Jalur Kiproknya

Posisi kiprok sepeda motor Yamaha Xeon berada didekat lampu depan / lampu utama tapi lebih dekat ke dashbord sehingga jika mau menggantinya harus mencopot semua cover depan pada body yamaha xeon 125 dan dashboard.  


Warna Kabel Yamaha Xeon 125 Karbu


CDI
Hitam                    : massa
Merah                    : arus + (plus) accu
Coklat muda           : beban (output kunci kontak)
Oranye                   : koil
Biru                        : throtle position sensor
Hitam / Biru            : throtle position sensor
Kuning                    : throtle position sensor
Putih / Biru             : pulser
Hijau / Merah          : sensor suhu

Kiprok
Putih                      : pengisian
Kuning                   : penerangan
Merah                    : accu (+)
Hitam                    : massa (-)

Sistem Sinyal / Beban
Pink                         : klakson
Coklat muda / putih   : Flasher                
Coklat tua                 : lampu sein kiri
Hijau tua                   : lampu sein kanan
Abu - abu                  : lampu senja
Hijau / kuning            : lampu rem
Hijau                         : lampu utama jarak dekat
Kuning                      : lampu utama jarak jauh
Biru / putih                : saklar starter

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja tonton video dibawah ini ya bro...





Ok bro sekian dulu, seperti biasa dan terbiasa salam safety first ngga ketinggalan keep riding ... no arogan .... 

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Iռɨ ɢaռ aռɛ ʍaʊ taռʏa.ҡɛռaքa ʏa ʍօtօʀ xɛօռ 125 aռɛ ʟaʍքʊ ɨռɖɨҡatօʀ ռʏa ʍɛռʏaʟa tɛʀʊs.taռքa ɮɛʀ ҡɛɖɨք.

    BalasHapus
  2. Tolong dong penjelasan y dg motor Xeon sy(Xeon karbu)
    Saat di standar 2 mesin bs hidup normal,cm ketika standar 2 di naikan motor Xeon sy dadak mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya xeon karbu tidak ada sensor otomatis di standar nya bro.

      Kasus gitu kalau saya perkirakan,itu ada kabel yang sudah mulai putus akibat karatan didalam kesing motor yang letaknya sebelah bawah bagian samping kanan, pas di bawah injakan kaki kanan, di situ ada soket2 dan kabel2,coba kamu cari kabel mana yang rusak.
      Terkadang ada kabel yang terlihat utug tapi ternyata serat dalamnya putus.

      Kasus ini pernah saya ngalamin.

      Dicoba aja bro...

      Hapus
  3. Gan, xeon karbu kalo ganti headlamp pakai led apa harus ganti kabel atau langsung aja?

    BalasHapus
  4. Xeon karbu uda ganti karburatornya aki baru pengapian bagus,komprensi bagus ko hidup perjalanan skitar 50 meter mati mau star tangan maupun engkol sd tidk bisa h idup lg kira apa yg hrus d ganti penjelasannya ???

    BalasHapus
  5. Bos motor Xeon punya saya kok ga ada pengapian sama sekali, uda buka busi tes kabelnya juga ga ada pengapian, gmana bos cara atasinya

    BalasHapus
  6. Tolong dong minta saranya..
    Motor saya xeon karbu trus dari kabel busi itu nempel ke block mesin kaya ada yang nyetrum,klo di gas kecil mati tapi klo gass gede ngga

    BalasHapus
  7. utk uktran sikring pd xeon old kan ada 2 bh

    BalasHapus
  8. Aki xeon karbu sering tkor bagaimana cara mengtsinya?

    BalasHapus
  9. Letak posisi kiprok xeon karbu dimna yyya

    BalasHapus