Jalur Kelistrikan Motor Honda Beat Karbu


Sejeworks – Ngomongin kelistrikan berati siap – siap bersentuhan dengan kabel, isolasi, avometer dan secangkir kopi, loh... kenapa ada kopi nya ? emang lo ngga bakalan pusing ngeliatin warna kabel yang kayak pelangi bersliweran he.... he... nah kopi itu biar slow dan pusing lo nambah he... he...

Pada sepeda motor kelistrikan dibagi menjadi tiga yaitu :


Pengapian

Bagi para bro pemakai motor beat perlu tahu, honda beat karburator memakai jenis pengapian DC (direct current) alias arus searah. Maka sumber arus pengapian berasal dari accu bukan dari spul pengapian (merah/hitam) terus apa gunanya spul magnet pada honda beat karbu ? pertama sebagai pulser dan yang kedua sebagai sumber pengisian dan penerangan.

Berarti jika motor honda beat mogok dan tidak mengeluarkan percikan api dari busi, komponen yang harus di cek adalah accu (12,5 volt), sikring, kunci kontak, saklar standar samping, pulser, CDI, koil dan busi. Untuk lebih jelasnya gua kasih gambarnya bro.. chek it dot...


jalur kelistrikan motor mogok



Nah kalau motor beat punya lo mogok dan ngga memercikan api lakukan pengecekan pada komponen diatas, caranya bagaimana ? ada beberapa artikel yang pernah gua bikin jadi cari saja ya bro he...  Untuk cara termudahnya cek dari busi, sikring, accu dan saklar standar samping, jangan lupa jalur kabelnya ya bro...

Artikel terkait






Pengisian dan Penerangan

Sistem penerangan pada motor honda beat karburator masih memakai penerangan AC, yang artinya adalah arus yang masuk ke lampu utama atau lampu depan bersumber langsung dari spul penerangan dengan warna kabel kuning.

Sedangkan untuk sistem pengisian atau suplay arus ke accu masih 1 phase, jadi jika mau memasang lampu HID ataupun LED agar accu tidak cepet ngedrop maka harus merubah jalur pengisian dan penerangan. Komponen yang berperan dalam sistem penerangan adalah lampu depan / lampu utama, sikring, kiprok dan spul penerangan. Sementara komponen yang ada dalam sistem pengisian adalah accu, sekring, kiprok dan spul pengisian, jangan lupa cek kabel body penghubungnya. Seringh kali masalh terjadi pada kabel body dan soketannya yang berkarat, putus atau rusak, tetapi lupa tidak dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Untuk masalah kiprok sudah sering banget gua singgung jadi baca aja ya bro.. ini linknya..
Jalur kiprok sepeda motor



Sistem Beban

Sistem beban ada banyak bro, mulai dari klakson, elektrik starter, lampu sen, indikator bensin, lampu rem dan lampu senja. Kenapa disebut sistem beban ? karena komponen – komponen elektrik tersebut akan berkerja dan sangat mengandalkan arus dari accu / aki. Sistem beban tersebut dimulai dari kabel kecil warna merah / hitam (output kunci kontak) kemudian masuk ke sikring 10 ampere dan kabel berubah warna menjadi hitam.

Nah kabel warna hitam ini yang akhirnya menjadi jalur arus dari accu ke klakson, elektrik starter, lampu sen, indikator bensin, lampu rem dan lampu senja.

Rangkain Klakson
Kebel berwarna hitam tadi salah satunya akan bercabang ke klakson (horn), rangkaianya hanya saklar klakson dan klakson tersebut.

Rangkain Lampu Sen
Masih sama dengan kabel yang berawarna hitam, kemudian masuk ke flasher dan berubah warna menjadi abu – abu. Kable warna abu – abu tersebut masuk ke saklar lampu sen, selanjutnya oleh saklar tersebuta akan dihubungkan ke kabel oranye (sen kiri) atau kabel biru muda (sen kanan).

Rangkaian Lampu Rem
Dari kabel warna hitam masuk ke saklar lampu rem depan dan belakang kemudian berubah warna menjadi kabel warna Hijau / Kuning dan langsung menuju lampu rem.


Biar tambah jelas gua tambahin warna kabel Motor Honda Beat Karburator.


Warna Kable Motor Honda Beat

Kiprok
Merah                    : arus dari accu
Kuning                   : arus penerangan
Putih                      : arus pengisian
Hijau                      : massa (-)

Beban dan Lampu Lampu
Merah / Hitam         : output kunci kontak
Hitam                    : beban
Putih                      : lampu jarak dekat
Biru                       : lampu jarak jauh
Oranye                   : lampu sen kiri
Biru muda               : lampu sen kanan
Coklat                    : lampu senja
Hijau / Kuning         : lampu rem
Kuning / Merah       : saklar dinamo starter
Hijau muda             : klakson
Merah / Putih          : dinamo starter
Abu – Abu              : flasher

CDI
Hijau / Oranye        : choke otomatis
Biru / Kuning           : pulser
Kuning / Hijau         : elektrik starter
Hijau / Putih           : saklar standar samping
Hitam / Kuning        : koil

Ok bro sekian dulu dari gua, next time bakalan gua tambahin videonya tentang jalur kabel body honda beat karburator. Tapi jangan lupa subscribe ya bro...




Akhir kata dari gua, safety firts, keep riding no arogan dan salam satu aspal.... wor... wor...

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Sama Vario lama 110 sama gak gan ?

    BalasHapus
  2. Choke dari cdi (hijau|oranye nyambung nya kemana ya kang?

    BalasHapus
  3. Kabel amper bensin warna app bos

    BalasHapus
  4. Untuk lampu spidometer rangkaiannya dri mna gan, soalnya motor saya lampu spidometernya gx nyala klw. Kunci kontak posisi on, saya cek lampunya msh bagus, kira" apanya yh apa jalur kabelnya ada yg putus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya masih aman2 saja ini bos di pemakaian cb 100 spul grand udah bukan standart pabrik sudah di lilit ulang kiprok pakai vario110
      Tergantung mekaniknya ( kalau bisa d perbaiki ngapain beli baru)
      #bengkel_CB

      Hapus
  5. Stelah cuk terpasang, kabel cuk nya masuk kemana bosku

    BalasHapus