Cara Cepat Bongkar Pasang Shock Beker Belakang Honda Beat Karbu

Sejeworks – Shock beker belakang bagi pengendara Honda Beat karbu dan Beat Fi sering kali dikeluhkan karena terlalu pendek alias kangsar saat melewati tanggul atau polisi tidur. Alhasil berbagai cara di tempuh oleh para pemilik Honda Beat mulai dari menambah peninggi shockbeker belakang, mengganti shock dengan ukuran yang lebih panjang entah variasi ataupun original pabrikan Honda (Shockbeker Showa).

Sebenarnya jarak terendah ke tanah Honda Beat 140 mm, hal ini cukup lebih tinggi jika di bandingkan dengan Yamaha Mio M3 yaitu 135 mm. Tapi jika di bandingkan dengan saudaranya yaitu Honda Vario 125 dan 150 yang mempunyai jarak terendah ke tanah 132 mm, maka Honda Beat lebih tinggi dari  motor matic lainnya.


bongkar shock belakang


Lalu apa yang menyebabkan standar tengah dan cover bawah Honda Beat sering kali menyentuh tanggul ? ternyata setelah melakukan percobaan yang ngga membutuhkan banyak waktu he... akhirnya ketemu juga yaitu dengan mengganti atau meninggikan shock belakang.
     

Cara Meninggikan Shock Belakang

Untuk meninggikan shock belakang bisa menyambungnya dengan peninggi shock atas atau peninggi shock bawah (undur – undur), tapi cara ini lumayan beresiko. Karena terkadang sambungan / peninggi shock belakang tersebut patah dan shock belakang menjadi tidak lurus atau bengkok sehingga kinerja shock belakang menjadi tidak optimal.

Cara lain untuk meninggikan shock belakang dengan mengganti dengan shockbeker belakang yang lebih panjang, bisa memakai shock original bawaan pabrikan atau menggunakan shockbker variasi (aftermarket). Untuk lebih jelasnya dibawah ini gua kasih spesifikasi panjang shock belakang dan perkiraan harga shockbeker matic Honda. 

Daftar Ukuran  Panjang Shock Belakang Matic Honda


Kode Part               Harga                    Jenis Motor
52400KVY              Rp 237.000            Beat Karbu
Paling pendek

52400K25              Rp 212.000            Beat FI, Scoopy Fi
52400KZL               Rp 217.000            Spacy FI
Panjang

52400KZR              Rp 226.000            Vario 125 lama
52400K59              Rp 201.000            Vario 125 & 150 LED
Paling Panjang

Dari penjelasan singkat diatas maka dapat disimpulkan bahwa shockbeker matic Honda yang paling pendek dipakai pada motor Beat karbu, selanjutnya Beat FI dan Scoopy FI. Untuk shockbeker matic Honda terpanjang dipakai pada motor Vario 125 dan 150, apakah dari semua jenis shockbeker matic Honda bisa substitusi atau pasang comot ?. Jawabnya iya, tapi harus diperhatikan pada model Vario 125 dan 150 LED, karena pada bagian atas shockbeker ini tidak memakai collar seperti pada umumnya sepeda motor.

Jika lo kebenaran memakai motor Vario 125 atau 150 LED dan kebetulan membeli shockbeker Vario 125 lama dengan kode 52400KZR, maka harus mencopot collar terlebih dahulu agar shock tersebut bisa terpasang.


shockbeker belakang



Nah balik lagi ke motor Beat, apakah bisa memakai shockbeker Vario 125 ? jawabnya bisa dan ngga perlu melakukan ubahan pada part – part lain, tapi harus diingat pakai shock Vario 125 dengan kode part 52400KZR.

Bira lebih mantep gua kasih sedikit cara mengganti shock belakang Honda Beat karbu tanpa harus mencopot cover body, buat Beat FI sama Vario 125 yang lama maupun LED next time ya bro... kalau sempet dan inget he... he...



artikel terkait bro...



   

Cara Mengganti Shockbeker Belakang Honda Beat Karburator

Sediakan terlebih dahulu peralatannya yaitu obeng plus, kunci ring 14 dan 12, kunci T10 dan T12.

Langkah selanjutnya buka cover bawah yang posisnya dekat shockbeker belakang dengan cara melepas baud 10 dan baud plus (+).

Kemudian tarik sedikit cover kecil tersebut dan kendorkan baud 14 mm yang terdapat pada shockbakar bagian atas dengan memakai kunci ring 14 mm.

Berikutnya copot baud ring 12 mm yang terdapat pada shockbeker bagian bawah, bisa memakai kunci ring 12 mm atau kunci T 12.

Copot juga baud 14 mm pada shockbeker bagian atas yang semula hanya dikendorkan tersebut, dan tarik shockbeker kebawah.

Pasang shockbeker yang baru dan jangan lupa olesi greas atau gemuk pada bagian bosh karet pada shockbeker bagian atas, fungsinya agar shockbeker gampang didorong dan dipasang.

Setelah shockbeker berada pada posisi yang benar maka pasang kembali baud 14 mm dan 12 mm, ingat proses pemasangan adalah urutan terbalik dari pembongkaran.

Langkah terakhir adalah memasang cover bagian bawah pada posisi semula dengan baud 10 mm dan obeng plus (+).

Nah bro... jika lo kurang ngeh dengan kata – kata yang gua susun maka biar lebih jelas buka video gua, tapi jangan lupa subscribe dulu ya bro... he...




Akhir kata dari gua keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan pengendara lain. Salam satu aspal... wor... wor... 

Posting Komentar

0 Komentar