Efek Motor Injeksi Matic Terendam dan Kena Banjir


Sejeworks – Musim hujan telah tiba hore – hore berarti akan banyak rezeki yang datang, aamiin .... iya kan bro. Karena ini blog otomotif yang memfokuskan pada sepeda motor, jadi yang mau kita omongin tentang tingkah nekat para biker’s yang menerobos banjir. Sehingga akan menimbulkan banyak efek pada sepeda motor yang terendam banjir, mulai dari motor mogok, water hammer, oli mesin yang tercampur dengan air, terjadinya hubungan arus pendek (konsleting / korsleting) dan masih banyak lagi.

Tapi kali ini kita akan fokus pada oli mesin yang tercampur dengan air, nah pertanyaannya bagaimana caranya air bisa masuk kedalam mesin ??. Air tersebut bisa masuk kedalam mesin lewat lubang pernafasan mesin yang biasanya dihubungkan oleh selang dan menyambung ke filter udara. Untuk motor sport biasanya posisi filter udara berada tepat dibawah jok (tempat duduk) sehingga lebih tinggi jika dibandingkan dengan motor matic dan bebek.


motor kena banjir



Pada umumnya filter motor matic terletak diatas CVT sedangkan pada motor bebek berada tepat dibelakang spakbord depan, kedua posisi tersebut tidak terlalu tinggi dan genangan air hujan terkadang bisa melebihi kedua posisi tersebut. Alhasil jika motor matic atau bebek melewati banjir dengan ketinggian diatas dari filter udara, maka bisa dipastikan air akan masuk kedalam mesin dan bercampur dengan oli mesin.        

Efek dan Memperbaiki Motor yang Terkena Banjir

Untuk efek sepeda motor yang terkena banjir ada berbagai macam, mulai dari langsung mogok dan ngga mogok sama sekali. Jika sepeda motor langsung mogok kemungkinan air masuk keruang bakar melalui lubang knalpot atau air masuk ke karburator (throttle body) kemudian turun keruang bakar. Dampaknya ada dua yaitu motor mogok ringan dan mogok berat, mogok ringan disini cara memperbaikinya hanya dengan mencopot busi dan melepas knalpot kemudian lakukan kick starter (engkol). Agar air yang berada di dalam ruang bakar benar – benar keluar semua, dan sepeda motor akan bisa kembali dihidupkan.

Jika lo mengalami motor mogok berat berarti lo bakalan merogoh saku dalam – dalam bro, karena biasanya keadaan stang seher (connecting rod) bengkok. Penyebab dari bengkoknya stang seher tersebut adalah naiknya kompresi / tekanan piston diruang bakar karena ada air diruang bakar mesin. Sepeda motor yang mengalami water hammer akan ditandai dengan kerasnya atau berat saat dilakukan kick starter (engkol), keadaan barat tersebut karena posisi stang seher (connecting rod)  bengkok dan seher atau piston menguci di cilinder comp.

Tapi kalau motor lo saat melewati banjir tidak mengalami mogok jangan senang dulu bro, sebaiknya langsung buru – buru ganti oli mesin dan lihat keadaan oli mesin tersebut. Jika oli mesin dari motor lo berwarna hitam bararti lo aman bro dan beruntung banget, tapi jika oli mesin lo berwarna putih lo wajib waspada.

Kenapa gua bilang waspada ?? karena salah penanganan bisa berakibat fatal yaitu motor bunyi klotok – klotok alias stang seher (connecting rod) rusak. Kerusakan ini terjadi karena air bercampur dengan oli mesin, gesekan antar komponen mesin yang seharusnya dimimalisir oleh oli mesin malah dikacaukan oleh air yang menimbulkan korosi.

Solusinya untuk motor yang terkena banjir dan oli mesin bercampur dengan air  sebenarnya adalah bongkar mesin total dan membersihkan seluruh komponen mesin dari air yang menempel pada tiap – tiap part. Kalau cara ini lo ngga mau bro, maka solusi lainnya dengan mengganti oli mesin sampai benar benar oli mesin yang keluar berwarna hitam. 


motor matic nerobos banjir



Jadi dalam waktu sehari ganti oli mesin minimal sampai 3 kali,  setelah ganti oli mesin pertama hidupkan motor kurang lebih setengah jam dan lakukan ganti oli mesin lagi sampai benar – benar berwarna hitam.

Cara Melewati Banjir Dengan Motor Matic

Bagi para biker yang suka nekat melewati banjir sebaiknya pikirkan lagi karena resikonya buat motor lumayan fatal bro, tapi memang terpaksa nerjang banjir perhatikan baik – baik kondisi jalan.


Artikel terkait bro...





Ukur ketinggian banjir dengan sepeda motor orang lain, karena walaupun terlihat datar kondisi banjir tetapi jalan yang kita lewati tidak semuanya datar tetapi ada tanjakan dan turunan. Dan usahakan ketinggian banjir tidak melibihi ketinggian knalpot, karena sering kali motor akan mogok saat berada ditengah genangan air.

Usahakan posisi motor tetap melintas lurus karena bisanya pada jalan raya terdapat got air dan jangan sampai tercebur sekalian ya bro... he.. he..

Tetap pada kondisi gas yang konstan dan jangan berubah walaupun sekali, maksudnya begini bro.. kalau lo melewati banjir usahakan kecepatan motor tetap stabil jangan sampai turun gas walau sekali. Karena biasanya saat turun gas tersebut air akan masuk kedalam knalpot dalam dalam waktu seketika motor akan mogok.

Nah biar lo ngga penasaran kaya apa sih efek motor yang menerjang banjir, jadi tonton saja video ini sampai kelar dan jangn lupa subscribe ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan hormati pejalan kaki dan salam satu aspalt....  

Posting Komentar

3 Komentar

  1. kalo ampe terendam gitu, ane langsung cek kondisi olinya sih om. kebetulan udah pernah kerendem banjir. langsung ane ganti federal oil nya deh. biarpun musti beberapa kali bolak balik bengkel

    BalasHapus
  2. om motor injeksi saya saat menyala terseret arus dan terendam kurang lebih 5 jam saat ini sudah saya lakukan ganti oli dan pengeringan disemua apa bisa menyala ya dan kalau tidak bisa hidup apa yg harus di cek karena sampai saat ini masih belum saya hidupin

    BalasHapus
  3. mas bro motor beat sy asal kena banjir mati padahal kepala busi udh ganti baru apalagi penyebab matinya walaupun banjir hanya 15cm

    BalasHapus