Rem Motor Keras dan Blong ? Cepat Ganti Seal Master Rem

Sejeworks – Urusan rem ini ngga bisa dianggap remeh bro karena urusannya dengan keselamatan berkendara, mau kenceng atau pelannya motor lo, mau mahalnya dan ngga mahalnya motor lo rem is everything for your safety he... he... Kalau ngomongin apakah motor bisa jalan tanpa rem ? ya jelas bisa, tapi dengan sistem pengereman kecepatan motor bisa dikurangi bukan main seruduk he... he..


sil master rem



Namanya komponen atau part pasti ada jangka waktu pemakaian dan masalah pada komponen tersebut salah satunya, karet sil master rem rusak sehingga master rem bocor, rem cakram keras dan tidak pakem. Dan masih banyak lagi, tapi fokus kita kali ini kebagian sil master rem yang bocor dan mbagel atau keras.  

Rem Cakram Keras dan Tidak Pakem

Rem cakram yang terasa keras saat handel rem ditarik besar kemungkinan besar berasal dari sil master rem, lokasinya tepat didalam master rem. Tapi ngomong – ngomong sudah pada tahu belum posisi master rem ? master rem depan biasanya berbentuk kotak dan terdapat kaca untuk mengintip kapasitas minyak rem. tapi memang master rem ngga semuanya berbentuk kotak mirip kamera action he... he... biar lebih jelasnya gua kasih gambarnya bro...

Biasanya saat handel rem ditarik dan terasa keras kecepatan laju sepeda motor memang masih bisa berkurang, tetapi kurang pakem jika dibandingkan dengan keadaan sil master rem yang masih dalam kondisi baik. Sebenarnya keadaan handel rem cakram yang keras masih bisa diperbaiki untuk sementara waktu tapi bukan untuk selamanya ya bro.... karena ini berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Sil Master Rem Bocor  

Keadaan rem cakram yang keras dan tidak pakem (mbagel) merupakan ciri – ciri sil master rem mulai aus, jika dibiarkan secara lama maka efeknya selain berbahaya bagi pengendara juga akan membuat sil master rem menjadi bocor. Nah kalau sil master rem sudah bocor berarti saat handel rem ditarik atau diinjak (rem cakram belakang), kanvas rem cakram tidak akan menggigit piringan cakram atau rem menjadi ngelos (blong).

Harga Sil Master Rem

Harga sil master rem depan original kurang lebih  Rp 80.000, kok mahal bener bro ? iya memang itu baru sil master rem saja. Belum minyak rem dan ongkos biaya pengerjaan, bukanya ada yang menjual dengan harga yang murah dan bungkus kemasannya sama persis dengan original. Kata Pak Patah “ jangan menilai sesuatu dari bungkusnya saja “ tapi lihat hologram dan bentuknya karena barang aspal banyak beredar dipasaran bro...

Ah... sama saja lah, toh masih bisa dipasang.. iya bro emang bisa dipasang tapi tetep ada sisi minusnya bisa dari umur sil master yang hanya 6 bulan terus rusak lagi. Dan handel rem yang terlalu dalam saat ditekan dan masih banyak lagi bro...

Cara Mengganti Sil Master Rem Cakram Depan

Siapkan alat – alatnya terlebih dahulu yaitu kunci T 10, T 8, ring 10 - 8, obeng min kecil (stelan angin), obeng plus (+) biasa, tang sirklip in dan sedikit selang untuk menguras minyak rem. tidak ketinggalan juga lap (maju) dan air untuk mengantisipasi minyak rem tumpah ke cover.

Sementara itu spare part yang dibutuhkan adalah sil master rem original dan 2 botol minyak rem dengan standar minimal dot 3.



Artikel terkait bro...




Langkah pertama kendorkan tutup master rem dengan obeng plus yang letaknya tepat diuatas master rem. kemudian kendorkan juga niple yang terletak di caliper / kepala babi dengn kunci T 8, ingat langkah ini hanya mengendorkan ya bro.

Untuk memudahkan pekerjaan usahakan posisi master rem terlihat jelas tidak ada cover body yang menutupi master rem.

Kemudian copot handel rem dengan menggunkan kunci T 10 dan Ring 10 untuk menahan mur yang terletak dibagian bawah. Setelah itu copot sil pelindung debu dari sil master dengan obeng min kecil / stelan angin, bisa dengan cara merusaknya atau pelan – pelan saja he...

Jika sil debu sudah dicopot maka akan terlihat sil master rem dan klip pengunci sil master rem, selanjutnya copot sil master rem dengan melepas klip pengunci dengan menggunakan tang sirklip.

Langkah selanjutnya membersihkan master rem pada bagian sil master dengan amplas halus dan majun agar kotoran atau jamur pada master rem hilang.
Setelah benar – benar bagian master rem bersih maka langkah selanjutnya dengan memasang, sil master rem dan hati – hati memasangnya ya bro... Jangan sampai pegas atau peer sil master rem terbalik..

Selanjutnya pasang sirklip pengunci master rem dengan memakai tang sirklip, kemudian pasang sil debu pada master rem dan handel rem.

Nah langkah terakhir dan lumayan susah adalah menguras minyak rem yang biasanya telah tercampur dengan udara. Biar lebih jelasnya langsung saja simak videonya ya bro... tapi jangan lupa subscribe ya... buat bantu gua ngebangun channel yang kurang keren dar blog gua he... he...




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan salam satu aspalt wor... wor..

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Kalau master rem nya yang blong ada minyak2 netes2 apa harus di ganti

    BalasHapus
  2. Saya juga begitu, gimana nih, cukup ganti master rem saja kah, kalau senangnya retak gimana

    BalasHapus
  3. Sil master rem patah
    Gimana cara bukanya?

    BalasHapus