Ini Bro, Biaya Ganti Packing Silinder Head Sepeda Motor


Sejeworks – Sepeda motor setelah lama dipakai akan membutuhkan perawatan dan perbaikan untuk menjaga performanya, perbaikan tersebut sangat bervariatif mulai dari bagian sasis, kelistrikan atau bahkan bagian mesin. Untuk postingan kali ini yang akan kita omongin pada bagian mesin yaitu bongkar mesin atas atau ganti paking silinder head dan lain – lainnya.



Head Gasket Repair Cost



Kenapa Ganti Packing Silinder Head


Nah ini pertanyaan yang sering kali muncul bagi para biker, ganti packing head silinder bisa disebabkan karena bongkar mesin atas karena ganti piston set, tap baud knalpot yang patah, baud tusuk sate (baud mesin) slek / dol. Bisa juga karena adanya kebocoran kompresi mesin dan bocor oli mesin disekitar silinder head.

Semua jenis perbaikan diatas menjadi penyebab penggantian packing head silinder, tapi ada juga yang tidak mengganti packing tersebut. Hanya memberi lem gasket saja supaya tidak terjadi kebocoran kompresi dan kebocoran oli mesin, hal ini sebenarnya sah – sah saja cuman tidak rapi dan bisa menyebabkan masalah baru. Masalah ini sering kali disebabkan karena lem gasket yang menyumbat lubang jalur oli mesin, sehingga oli mesin tidak naik kebagian atas head silinder. Dan akibatnya mesin bagian atas akan rusak karena tidak ada pelumasan yang terjadi.

Bahan Gasket Mesin

Secara garis besar packing atau gasket pada sepeda motor terdiri dari packing besi, tembaga dan aluminium, packing bahan karet, packing bahan kertas dan O ring. Packing berbahan besi atau aluminium dan tembaga kebanyakan dipakai pada bagian head silinder, karena pada bagian ini terjadi proses pembakaran bahan bakar. Jadi membutuhkan part yang kuat terhadap panas dan kompresi, tapi beberapa sepeda motor matic ada yang mengunakan packing besi untuk semua bagian mesinnya.

Sementara untuk packing kertas dipakai pada mesin bagian blok kopling, blok magnet dan silinder comp bagian bawah. Tujuan utama packing ini untuk mencegah kebocoran oli mesin, sedangkan packing karet / sil biasanya terpasang dibagian mesin yang tidak bisa dijangkau oleh packing kertas. O ring juga packing berbahan karet tapi mempunyai bentuk dan material yang lebih sederhana dari sil / packing karet, o ring biasanya berbentuk lingkaran karet hitam.        

Lem Gasket yang Bagus

Lem yang bagus untuk gaket mesin apaan ya bro ? mari kita jawab bro.. sebenarnya jika menggunakan gasket atau packing baru tidak perlu menggunakan lem. Tapi kalau gasket atau packing bekas ini harus memakai gasket agar oli mesin tidak bocor. Bisa juga menggunakan lem gasket jika packing kertas tersebut sobek, hal ini sering terjadi pada blok kopling dan blok magnet.

Dipasaran terdapat banyak lem gasket salah satunya merk Tree Bond dan siller merk Dextone, kedua lem ini cukup ampuh untuk mencegah kebocoran oli mesin. Ngomongin harganya sekitar Rp 10.000, - 15.000, untuk kemasan terkecil, lem ini bisa didapatkan ditoko – toko spare part motor.

Biaya Ganti Gasket / Packing Head Silinder

Untuk mengganti gasket head silider harus melakukan bongkar mesin bagian atas dan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 200.000, - 350.000, tergantung bengkel dan jenis motor. Selain itu ada bebarapa gasket lain yang diganti diantaranya sil klep, sil tutup klep dan gasket cilinder komp jika mengganti piston / seher.


artikel terkait bro..



Gasket head silinder dijual dipasaran dengan harga sekitar Rp 10.000 – 20.000 jika dalam bentuk satuan, tapi kalau dijual Top set dijual dengan harga Rp 50.000 keatas tergantung merk dan jenis motor. Gasket top set sendiri terdiri dari sil klep, sil tutup klep, gasket head silinder, gasket knalpot dan gasket cilinder komp.

Nah biar ada gambaran berikut videonya ya bro, tapi jangan lupa subscribe ya... ya itung – itung lo bantuin gua biar tetap eksis he....





Akhir kata dari gua, tetep safety first keep riding no arogan dan salam satu aspal... wor... wor...

Posting Komentar

0 Komentar