Penyebab dan Ciri - Ciri ECU atau ECM Rusak


Sejeworks – Selamat datang para bro semua, dari mbak bro sampai mas bro .. Pernah mendengar kata ECU alias ECM ? ya.. bagi para pecinta otomotif pasti tidak asing mendengarnya. “ Kayaknya ECU atau ECM nya jebol alias rusak ??? “ itu sepenggal kalimat kumplitnya he... he... Kalau ada yang belum tahu apa itu ECU alias ECM, gua kasih tahu sedikit bro... karena pengertian ECU sudah pernah gua bahas pada artikel sebelumnya.
ECU (Electronik Control Unit ) dan biasa disebut ECM (Engine Control Module) adalah komponen elektronik yang terpadat pada kendaraan dengan sistem pengkabutan injeksi, jadi ECU juga terdapat pada mobil dan sepeda motor dan kendaraan lainnya. Tapi karena blog yang paling keren menurut gua sendiri he... membahas tentang sepeda motor sepenuhnya jadi ECU disini untuk sepeda motor bro..



Artikel Terkait..


ECU berfungsi sebagai komputer kecil yang mengatur suplay bahan bakar, banyaknya semprotan bahan bakar dan kapan bahan bakar disemprotkan, selain itu ECM berfungsi untuk menentukan kapan waktunya busi memercikan api dan berapa jumlah karbon diokasida yang boleh dikelurkan dari gas buang. ECM juga sebagai sumber otak kelistrikan juga, jadi sepeda motor tanpa ECM tidak akan bisa dihidupkan, paling kalau mau jalan pakai bensin campur, iya campur dorong bro he...

Perlu diketahui sedikit bro,  apakah ada perbedaan antara ECU dan CDI ? sebenarnya CDI dan ECU hampir sama, yang membedakannya adalah tugas ECU lebih rumit dari CDI. Kalau CDI berfungsi hanya untuk membaca putaran magnet dan memercikan api ke koil kemudian disalurkan ke busi. Tapi ECU bekerja lebih rumit dari pada CDI yaitu menerima input dari sensor kemudian mengolah dan mengelurakan ke sensor – sensor output.

Apakah ECU Bisa Kena Virus

Ini sebenarnya pertanyaan macam apa ya bro ? he... tapi gua pernah mendengar pertanyaan ini he... ya ECU atau ECM memang bisa dikatakan sebagai komputer pada mesin. Bukan berararti ECU bisa terkena virus, selama ini gua belum pernah nemuin ECU terkena virus. Yang ada sensor – sensor rusak, jalur kabel sensor tersebut putus atau ECM rusak, itu yang sering gua temuin bro...  

Ciri – Ciri ECU Rusak

ECU atau ECM rusak ada banyak sekali ciri – cirinya dan penyebabnya, dan untuk mendiagnosa bahwa ECU tersebut rusak harus hati – hati. Karena ada 3 komponen yang wajib di cek untuk mengetahui bahwa ECU tersebut rusak yaitu, sensor terkait, jalur sensor dan ECU.  Ok bro, sampai sini tambah bingung ??? kalau iya berarti sama, gua juga bingung he... Maksud dari sensor terkait, bisa dilihat dari jumlah kedipan yang ditampilkan pada odometer, setiap kerusakan sensor akan mengirimkan sinyal ke ECM dan diteruskan ke pengguna lewat kedipan MIL. Nah kedipan MIL pada setiap sensor mempunyai jumlah yang berbeda bro... tidak ada yang sama, untuk lebih jelasnya gua kasih link artikelnya ya bro..

Untuk mengetahui sensor terkait rusak bisa mengecek hambatan sensor tersebut dan mengukur tegangan yang masuk ke sensor tadi. Setelah itu ukur jalur kabel tersebut ke ECM, pastikan jalur kabel tersebut tidak putus dan terhubung dengan rangka (ngeground). Nah yang terakhir adalah kerusakan pada ECU, setelah sensor dan jalur kabel sensor terkait tidak mengalami kerusakan maka besar kemungkinan ECM mengalami kerusakan. Adapun 
ciri – ciri kerusakan pada ECM adalah :

Tidak Adanya Beban Saat Kunci Kontak ON

Maksudnya saat kunci kontak posisi On dan accu dalam kondisi normal 12,50 volt maka seharusnya sistem beban (lampu senja, klakson, lampu sen, lampu rem dan elektrik starter) bisa digunakan. Tapi jika ECU rusak maka semua sistem beban tersebut tidak dapat bekerja, padahal semua fuse (sekring) tidak putus dan aki dalam keadaan baik. Nah jika hal ini terjadi pada motor lo bro.... besar kemungkinan ECU / ECM mengalami kerusakan atau bisadikatan jebol.

Lampu Indikator Tetap Berkedip

Lampu indikator MIL yang terletak di speedo meter akan menyala kemudian mati saat kunci kontak dalam kondisi ON, tapi kalau lampu berkedip (nyala – mati) saat sepeda motor dibawa jalan berarti ada kerusakan pada sistem injeksi. Solusinya harus diperbaiki sumber kerusakan kemudian direset ECU, reset ECU bertujuan untuk menghapus kode kerusakan yang tersimpan di ECU. Tetapi jika ECU sudah berkali – kali di reset dan kerusakan sonsor sudah diperbaiki, kemudian lampu MIL masih berkedip besar kemungkinan ECU mengalami kerusakan.


ecm jebol


Pompa Bahan Bakar dan Busi Tidak Bekerja

Kondisi normalnya saat kunci kontak On maka pompa bahan bakar akan berbunyi dengung, ini pertanda adanya bahan bakar siap dipompa ke Injector. Sebenarnya bunyi dengung pada pompa bahan bakar (fuel pump) salah satu indikator sistem injeksi bekerja dengan normal atau tidak. Tapi karena cukup rumitnya sistem injksi harus di cek benar – benar, apakah pompa bahan bakar tidak bekerja dengan normal karena fuse yang putus, jalur kabel yang rusak atau malah fuel pump tersebut memang rusak.  

Nah untuk menguatkan apakah penyebabnya karena ECU yang rusak, bisa melihat dari percikan busi saat dilakukan elektrik sarter atau kick starter pada kunci kontak ON. Jika busi tidak memercikan api dan fuel pump tidak mendengung besar kemungkinan ECU atau ECM mengalami kerusakan.  

Adanya Arus Listrik yang Bocor

Arus listrik yang bocor ini maksudnya saat posisi kunci kontak Off klakson dan lampu – lampu masih bisa menyala, tapi dengan arus listrik yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kondisi kunci kontak ON. Kebocoran arus ini terjadi bukan pada satu beban lampu saja tapi hampir semuanya ya bro, jika hanya satu lampu saja besar kemungkinan adanya konsleting / korsleting.

Penyebab Ecu Rusak


Pasang Kunci Rahasia

Nah ini yang seringkali terjadi, niat hati untuk memberi pengaman pada sepeda motornya, e.. malah salah sambung kabel sehingga terjadi konsleting dan langsung menjalar ke ECU / ECM nya, sebelum terlambat ya bro .. hati – hati saat memilih kunci rahasia.

Pemakaian Koil Motor Karburator

Perlu diketahui ya bro... besarnya tahanan pada koil motor karburator dengan motor injeksi sangatlat berbeda, jika sampai tetep nekat dengan memasang koil motor karburator ke motor injkesi maka siap – siap akan dibayar dengan ECU yang jebol... beh... terlalu...

Hubungan Arus Listrik Pada Jalur Sensor Injeksi

Konsleting atau hubungan arus pendek pada sepeda motor adalah hal biasa, penyebabnya biasanya adanya kabel yang terkelupas dan ngejamper (menyambung) ke kabel lain atau ke bagian sasis. Dan secara otomatis boom... ECM langsung jebol karena arus listrik tersebut, tapi jika kebetulan lagi beruntung hanya akan memutus sekring (fuse) terkait sensor tersebut.

Nah biar lebih jelasnya gua kasih video terkait bro, tapi sebelumnya jangan lupa subscribe ya bro...


  

Harga ECU atau ECM

Untuk harga ECU sendiri sangat bervariasi bro, tergantung jenis motornya dan merk motor tersebut. Tapi dipasaran ECU biasa dijual dengan pasaran Rp 600.000, – Rp 3.000.000, beh.... lumayan mahal kan bro.... maka dari itu lakukan perawatan dan cegah tindakan koyol yang dapat merusak ECM atau ECU.

Akhir kata dari gua, salam satu aspal selalu bro.. hormati para pejalan kaki & keep riding no arogan. Jangan lupa juga share ke komunitas lo... dan jangan sebar berita hoax yang nggak berguna..

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Makasih ilmunya mas bro,,,tanya boleh kan bro,,,,kalau kontak posisi off,,pada motor n max,,,tp kok ada bunyi ky putaran dinamo didaerah ECU,,,untuk mematikan bunyi itu harus memutus arus dari accu,,πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  2. Izin tanyak MinπŸ™
    Kira2 kalau ganti ECM nya berbeda Kode di ecm Tsb aman gak Min d pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa dipakai kalo kodenya gak sesuai sama aslinya.

      Hapus
  3. Maaf tanya mas bro KLO kabel motor injeksi on digigit tikus bs fatal ga ECM nya mas bro mohon analisisnya mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa klo sampe koslet arus listrik.a, harus buru2 di perbaiki sama pakar.a (yg paham)

      Hapus
  4. Kalau ECU rusak apa motor masih boleh dipakai? Dan tidak akan menambah masalah pada motor?

    BalasHapus
  5. Motor saya kontak on tapi ga ada yang aktif termasuk fuelpumpnya kira2 dari mana ya sumbera salahnya?

    Mohon bantuannya bro

    BalasHapus
  6. Bos.. Saya udah ganti injektor baru. Ful pump tangki masih normal... Tapi lampu mil masih berkedip 39 dan semburan bensin injektor tidak berkabut

    BalasHapus
  7. klo ada artikel penjelasan warna kabel dan fungsinya dr socket ECU, mohon di sharingkan....soalnya sekian banyak artikel di google blm ketemu ulasan mendetail tentang socket output dr ECU yamaha vixion, terkhusus vixion R...trima kasih kpd semua rekan2...salam satu aspal

    BalasHapus
  8. Motor beat injeksi,bila dion kontaknya lampu indikator mati dan pengapian dibusi jg mati,kemungkinan ecm rusak ya mas bro

    BalasHapus
  9. Mohon pencerahanya bro,ane udah ganti fuelpump tp msh blm dengung,semua arus ok cuma arus negatif yg ke fuelpamp kosong,udah ane cek ga ada yg putus.

    BalasHapus
  10. Mohon bantuannya ...jupiter z1 pompa tidak dengung ..tapi kalau dipasang di motor lain pompanya bagus kira apanya bosku

    BalasHapus
  11. Full pom saya koslet hangus di bgian bwa tangki kira kira penyebab nya ap yah

    BalasHapus
  12. klo rante sering putus penyebab.a apa yak, pengaruh ke ecu atau ecm kah

    BalasHapus
  13. Om kalo punya saya Genio koj-n01 kode milnya Yala engga kedip" klo ikontak terus gak bisa stater fuel pump GK bunyi klakson mati cuman Yala lampu sama sen aja om
    Itu kira" aapamya ya rilaynya saaya taro kemotor yg lain bisa yalan

    BalasHapus
  14. Mau tanya ini yg trjadi ECU shutdown...unit pada genset...sdh di cek jalur kabel g ad yg putus...apny y?

    BalasHapus
  15. numpang nanya min ane punya ninja 250fi masalah fuelpump tidak dengung dan arus ke busi hilang padahal lampu engine normal tidak berkedip tpi pas coba stater keluar kedipan 6 kali kira kira itu ecm nya bukan min..??? mohon jawabanya min terimakasih

    BalasHapus
  16. Mohon pencerahan nya mas bro,vario saya koilnya ga ada api kalau yg lain nya hidup semua termasuk injektor ngabut kira kira apanya mas bro

    BalasHapus
  17. Sore masbro saya kedatangan pasien satu unit vario new fi.kendala awalsaat per 2 kilo meter motor mati iduplagi.aku cek kabel jalur bagus semuah pulser sepul diganti.anehnya pas ganti ecu baru madein indonesia.stater tangan ga jalan dan pengapian hilang.apa dari ecu baru yang kebetulan jeulek mohon solusinya masbro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutup tangki yg terlalu rapat bro,tidak ada udara yg masuk..

      Hapus
  18. Mf boss a mau tanya kenapa motor beat iss sudah ganti ecu baru tapi masih tetap ga hidup

    BalasHapus