Sejeworks – Honda vario 110 karburator memang pernah
mengalami masa kejayaannya sampai – sampai melahirkan banyak sekali varian
terbaru walaupun dengan spesifikasi mesin yang berbeda. Sebut saja Vario 125
FI, Vario 110 FI, Vario 125 LED, Vario 110 Esp dan sekarang pun masih
diproduksi sampai – sampai naik kelas menjadi Vario 150 Keyless atau Honda
Smart Key System.
Nama besar vario sungguh menjadi daya tarik bagi para
biker untuk meminang motor matic dengan ciri khas 2 mata lampu depannya yang
terletak pada cover depan. Motor vario karburator sebagi generasi pertama yang
diproduksi pada tahun 2008 sebagai pesaing untuk Yamaha Mio Sporty yang
merupakan motor andalan Yamaha pada jaman itu.
Honda Vario 110 karburator diproduksi 3 kali dengan ciri
khas yang kurang begitu ketara bagi para biker. Pada model awal baju atau cover
dari Honda Vario berbentuk agak gembrot dengan 2 kaliper piston rem depan, nah
pada model berikutnya perbedaannya terletak pada cover yang berbentuk agak
ramping atau para biker biasa menyebutnya robot atau vario techno dengan 1
kaliper piston rem depan.
Generasi terakhir dari Vario 110 karburator berhenti
diproduksi sekitar tahun 2015, padahal tahun ini AHM sudah membuat seluruh sepeda
motor produksinya memakai teknologi injeksi dan hanya menyisakan Supra Helm In
jenis karburator dan Vario 110 karburator. Tapi kali ini kita bukan ngomongin
sejarah ya bro, cuman gua mau ngasih tahu betapa istimewanya Honda Vario 110
karburator he... he..
Tapi seiring berjalannya umur Honda Vario 110 karburator
mengalami banyak kendala, mulai dari bensin yang boros, tidak kuat nanjak dan
masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya dan mantapnya baca artikel ini sampai
selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini sampai selesai. Tidak
ketinggalannya subscribe, like, commment dan sharenya dari lo semua agar blog
otomotif sepeda motor ini tetep aksis.
Penyebab Honda Vario 110 Boros Bensin
Stelan Karburator
Pada bagian pilot screw atau stelan udara pada pada
karburator vario 110 macet, sehingga untuk penyetelannya sering kali terjadi
banyak masalah. Posisi stelan udara pada karburator vario 110 terletak dekat
dengan selang bahan bakar (bensin), sementara untuk stelan langsam (stasioner)
atau throttle stop screw biasanya tidak terjadi masalah. Sebaiknya jika motor
vario 110 karbu punya lo mengalami hal serupa maka segera perbaiki.
Karet Vakum
Vacuum piston atau karet vakum jika sudah mempunyai usia
diatas 2 tahun akan mempengaruhi akselerasi dari motor tersebut, tarikan motor
akan terasa lambat dan berat karena disebabkan karet vakum karburator. Tapi
sayangnya harga karet vakum tersebut lumanyan mahal bro, sekitar 100 ribu.
Automatic By Starter (ABS)
Dalam dunia politik ABS sering diartikan asal bapak
senang tapi pada vario 110 karburator ABS adalah choke otomatis yang bekerja
saat pertama kali motor dihidupkan. Jadi saat motor dihidupkan maka langsam /
stasioner akan besar sendiri, kemudian setelah beberapa menit langsam akan
turun kembali dalam kondisi normal. Dan sayangnya ABS tersebut sering kali
rusak, selain itu harganya juga cukup mahal yaitu Rp 300 ribu.
Paking Manifold Sobek
Gasket atau paking manifold yang sobek juga mempengaruhi
boros tidaknya bahan bakar, biasanya
paking manifold pada motor Honda Vario sobek / pecah kerena proses pembongkaran
karburator. Nah untuk mengatasi hal ini, kebanyakan mekanik berinisiatif
menggantinnya dengan paking dari kertas bungkus kanvas rem.
Tapi dalam jangka panjang paking tersebut tidak akan
bertahan lama, sehingga langsam / stasioner menjadi tidak stabil dan mau – ngga
mau meperbesar putaran rpm. Akibantnya Honda Vario 110 tersebut menjadi boros
bensin, padahal harga paking manifold tersebut sangatlah murah hanya Rp
5.000,00.
Filter Udara
Filter udara yang mampet atau rusak akan membuat
campuran bahan bakar menjadi boros dan tenaga motor menjadi berkurang. Kesalahan
yang sering kali terjadi adalah mencuci dan menyemprot filter udara motor Vario
110, padahal jenis filter udara motor ini adalah jenis viscos.
Roller
Roller berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke vbelt,
jika roller mengalami kerusakan atau aus maka efeknya tenaga dari putaran krus
as tidak akan tersalur dengan sempurna. Secara otomatis tenaga motor tidak ada
dan tidak kuat untuk nanjak.
Busi
Busi Vario 110 karburator merupakan jenis busi yang
istimewa, karena ulirnya hanya setengah tidak seperti busi – busi motor
lainnya. Jika memakai busi motor lainnya maka ulirnya akan terlalu panjang,
ya.. walaupun tidak bertabrakan dengan piston tapi ini berpengaruh ke pengpian
busi tersebut.
Nah untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini bro,
tapi jangn lupa subscribe ya... biar blog ini tetep aksis selalu..
Jika masih kurang jelas silahkan komen di chennel
youtube bro, gua akan bantu jawab tapi walupun waktunya agak molor ya bro...
karena banyaknya kesibukan gua he... he... Akhir kata tetep keep riding no
arogan, hormati pejalan kaki salam oprek mania, salam satu aspal...
Gambar Aotomatic by starter nya liat
BalasHapus