Begini Bro, Cara Mengiritkan Vario 110 Boros Bahan Bakar


Sejeworks – Honda vario 110 karburator memang pernah mengalami masa kejayaannya sampai – sampai melahirkan banyak sekali varian terbaru walaupun dengan spesifikasi mesin yang berbeda. Sebut saja Vario 125 FI, Vario 110 FI, Vario 125 LED, Vario 110 Esp dan sekarang pun masih diproduksi sampai – sampai naik kelas menjadi Vario 150 Keyless atau Honda Smart Key System.

Nama besar vario sungguh menjadi daya tarik bagi para biker untuk meminang motor matic dengan ciri khas 2 mata lampu depannya yang terletak pada cover depan. Motor vario karburator sebagi generasi pertama yang diproduksi pada tahun 2008 sebagai pesaing untuk Yamaha Mio Sporty yang merupakan motor andalan Yamaha pada jaman itu.


vario boros


Honda Vario 110 karburator diproduksi 3 kali dengan ciri khas yang kurang begitu ketara bagi para biker. Pada model awal baju atau cover dari Honda Vario berbentuk agak gembrot dengan 2 kaliper piston rem depan, nah pada model berikutnya perbedaannya terletak pada cover yang berbentuk agak ramping atau para biker biasa menyebutnya robot atau vario techno dengan 1 kaliper piston rem depan.

Generasi terakhir dari Vario 110 karburator berhenti diproduksi sekitar tahun 2015, padahal tahun ini AHM sudah membuat seluruh sepeda motor produksinya memakai teknologi injeksi dan hanya menyisakan Supra Helm In jenis karburator dan Vario 110 karburator. Tapi kali ini kita bukan ngomongin sejarah ya bro, cuman gua mau ngasih tahu betapa istimewanya Honda Vario 110 karburator he... he..

Tapi seiring berjalannya umur Honda Vario 110 karburator mengalami banyak kendala, mulai dari bensin yang boros, tidak kuat nanjak dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya dan mantapnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini sampai selesai. Tidak ketinggalannya subscribe, like, commment dan sharenya dari lo semua agar blog otomotif sepeda motor ini tetep aksis.

Penyebab Honda Vario 110 Boros Bensin

Stelan Karburator

Pada bagian pilot screw atau stelan udara pada pada karburator vario 110 macet, sehingga untuk penyetelannya sering kali terjadi banyak masalah. Posisi stelan udara pada karburator vario 110 terletak dekat dengan selang bahan bakar (bensin), sementara untuk stelan langsam (stasioner) atau throttle stop screw biasanya tidak terjadi masalah. Sebaiknya jika motor vario 110 karbu punya lo mengalami hal serupa maka segera perbaiki.

Karet Vakum

Vacuum piston atau karet vakum jika sudah mempunyai usia diatas 2 tahun akan mempengaruhi akselerasi dari motor tersebut, tarikan motor akan terasa lambat dan berat karena disebabkan karet vakum karburator. Tapi sayangnya harga karet vakum tersebut lumanyan mahal bro, sekitar 100 ribu.

Automatic By Starter (ABS)

Dalam dunia politik ABS sering diartikan asal bapak senang tapi pada vario 110 karburator ABS adalah choke otomatis yang bekerja saat pertama kali motor dihidupkan. Jadi saat motor dihidupkan maka langsam / stasioner akan besar sendiri, kemudian setelah beberapa menit langsam akan turun kembali dalam kondisi normal. Dan sayangnya ABS tersebut sering kali rusak, selain itu harganya juga cukup mahal yaitu Rp 300 ribu.

Paking Manifold Sobek

Gasket atau paking manifold yang sobek juga mempengaruhi boros tidaknya  bahan bakar, biasanya paking manifold pada motor Honda Vario sobek / pecah kerena proses pembongkaran karburator. Nah untuk mengatasi hal ini, kebanyakan mekanik berinisiatif menggantinnya dengan paking dari kertas bungkus kanvas rem.
Tapi dalam jangka panjang paking tersebut tidak akan bertahan lama, sehingga langsam / stasioner menjadi tidak stabil dan mau – ngga mau meperbesar putaran rpm. Akibantnya Honda Vario 110 tersebut menjadi boros bensin, padahal harga paking manifold tersebut sangatlah murah hanya Rp 5.000,00.

Filter Udara

Filter udara yang mampet atau rusak akan membuat campuran bahan bakar menjadi boros dan tenaga motor menjadi berkurang. Kesalahan yang sering kali terjadi adalah mencuci dan menyemprot filter udara motor Vario 110, padahal jenis filter udara motor ini adalah jenis viscos.

Roller

Roller berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke vbelt, jika roller mengalami kerusakan atau aus maka efeknya tenaga dari putaran krus as tidak akan tersalur dengan sempurna. Secara otomatis tenaga motor tidak ada dan tidak kuat untuk nanjak.

Busi

Busi Vario 110 karburator merupakan jenis busi yang istimewa, karena ulirnya hanya setengah tidak seperti busi – busi motor lainnya. Jika memakai busi motor lainnya maka ulirnya akan terlalu panjang, ya.. walaupun tidak bertabrakan dengan piston tapi ini berpengaruh ke pengpian busi tersebut.
Nah untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini bro, tapi jangn lupa subscribe ya... biar blog ini tetep aksis selalu..




Jika masih kurang jelas silahkan komen di chennel youtube bro, gua akan bantu jawab tapi walupun waktunya agak molor ya bro... karena banyaknya kesibukan gua he... he... Akhir kata tetep keep riding no arogan, hormati pejalan kaki salam oprek mania, salam satu aspal...

Posting Komentar

1 Komentar