Solusi dan Keluhan dari Honda Vario 125 dan 150 Alarm System


Sejeworks – Honda Vario 125 dan 150 alarm system memang mempunyai banyak perbedaan dengan generasi pendahulu, yaitu fitur – fitur yang lebih canggih jika disandingkan dengan kakak – kakaknya terdahulu. Sesuai dengan namanya alarm system, Honda Vario 125 memakai alarm yang berbunyi saat tombol anti teft di tekan dan motor tersebut akan berbunyi diselingi dengan kedipan lampu sen pada saat terjadi gerakan pada motor tersebut.

Dibalik fiturnya yang keren bingit, ada beberapa hal yang dikeluhkan oleh para pemilik Honda Vario 125 dan 150 alarm system. Mulai dari CVT yang geter dan setang kemudi yang kaku, sebenarnya untuk CVT yang geter hampir dialami pada motor matic.   CVT Vario 125 dan 150 yang geter disebabkan karena adanya debu yang menempel pada bagian kopling dan roller, solusinya dengan membersihkan bagian CVT dari debu yang menempel disekitar area tersebut.

penyakit variio


CVT Honda Vario 125 dan 150 Geter

Tapi dengan membersihkan atau menyervice area CVT bukan solusinya, karena geter pada motor Vario akan muncul lagi setelah satu mingguan. Untuk meminimalisir hal tersebut maka lakukan penggantian part – part pada bagian CVT. Part tersebut berupa kanvas kopling ganda dan mangkok kopling (outer clucth), kanvas kopling bisa memakai Honda Vario 110 karburator. Tapi harga kanvas kopling tersebut lumanyan mahal sekitar Rp 450.000 karena part dari Thailand, atau memakai kanvas kopling kepunyaan Yamaha NMAX yang harganya sekitar Rp 350.000,00. Sementara untuk bagian outer clucth (mangkok kopling) bisa dilakukan modifikasi dengan memberi lubang pada part tersebut.   


keluhan vario



Stang Kemudi Kaku

Selajutnya hal yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Honda Vario 125 dan 150 Alarm System adalah bagian stang kemudi, stang yang kaku ini disebabkan karena stelan komstir pada motor tersebut terlalu kenceng. Akibatnya saat motor Vario 125 dan 150 diajak bermanufer akan terasa berat dan berasa menantang arah sehingga susah dikendalikan. Maksudnya saat Honda Vario dibawa lurus motor akan ngebanting kanan atau kiri dan ini membuat kurang nyaman saat dibuat jalan. Solusinya adalah dengan menyetel komstir dan mengendorkan sedikit stelan komstir, tapi perlu diingat jangan terlalu kendor karena akan mengakibatkan komstir cepet rusak.

Ok bro, akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan hormati pejalan kaki dan salam oprek, salam satu asphalt...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Tapi hu setelah komstir d kendorin, stir balik kaku lagi mohon solusinya hu.

    Terima kasih

    BalasHapus