Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal, selamat datang
kembali para bro semua di blog otomotif yang mengkhususkan bagi para pecinta otomotif
roda dua. Tapi sebelumnya gua minta bantuannya pada follow IG “ asphal team “
dan jangan lupa subscribe juga channel kami “sendal jepit”. Untuk kali ini kita
akan ngomongin tentang bagaimana cara paling benar untuk setting langsam motor
Honda Beat Injeksi, cara ini juga bisa dipakai untuk motor Vario Injeksi,
Scoopy Injeksi dan Spacy Injeksi.
Tapi sebelum kita ngomongin cara buat menyetel gas motor
injeksi, kita akan ngomongin dulu akibat dari penyetelan langsam dan gas motor
injeksi yang salah. Sebenarnya ngga ada cara yang salah cuman ada beberapa proses
penyetelan yang sering dilewatkan sebelum menyeting langsam Honda Beat injeksi.
Akibat Salah Seting Langsam Motor Injeksi
Motor Sering Mati - Mati
Kondisi langsam yang terlalu kecil akan mengakibatkan
motor menjadi sering mogok dan hal ini cukup membahayakan bagi biker. Setiap
jenis motor mempunyai standart putaran stasioner / langsam sendiri – sendiri,
contoh untuk motor bebek mempunyai stasioner 1200 +/- 100, motorsport mempunyai
putaran stasioner 1500 +/- 100. Sedangkan motor matic mempunyai putaran
stasioner sekitar 1600 +/- 100 dan cara untuk melihat putaran RPM pada motor
matic dengan menggunakan Tachometer bengkel dan memakai HIDS / scanner injeksi
sepeda motor.
Putaran Stasioner Tidak Stabil
Langsam yang ngga stabil ini akibatnya hampir sama
dengan diatas, cuman yang membedakannya langsam akan susah distel naik walaupun
sudah diputar – putar berulang kali pada bagian baud stelan langsam. Untuk
mengatasi hal ini sebaiknya lakukan seting altitude terlebih dahulu, agar
putaran RPM mesin bisa naik dengan semestinya.
Boros Bahan Bakar
Bahan bakar yang boros ini disebabkan karena putaran RPM
terlalu tinggi atau langsam terlalu besar, hal ini akan berdampak pada bahan
bakar yang tersuplay menjadi besar. Memang selisih bahan bakar yang terbakar tidak
terlalu banyak jika dalam hitungan menit, tapi jika setiap hari motor dipakai
dan RPM / putaran langsam terlalu tinggi maka cukup terasa boros bahan bakar.
Cara Menyetel Gas Motor Injeksi
Sebelum menyetel stelan gas motor Honda Beat Injeksi
lakukan hal - hal ini terlebih dahulu, pertama periksa jarak main bebas grip
gas. Jarak main bebas ini berpengaruh saat stang kemudi dibelokan ke kanan atau
ke kiri, saat motor dibelokan ke arah kanan atau kiri kabel gas tertarik maka
lakukan penyetelan ulang. Karena hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan
dalam berkendara terutama saat posisi motor mau berbelok, Honda Beat Injeksi yang
tidak mempunyai jarak main bebas pada grip gas. Akan membuat throttle possition
tertarik sehingga gas motor akan langsung besar dan pengemudi akan susah
mengendalikan motor tersebut.
Setting Altitude
Seting altitude atau seting ketinggian tanah sesuai
dengan posisi sepeda motor berada, hal ini wajib dilakukan untuk motor Honda
Beat injeksi. Karena tanpa setting altitude langsam sepeda motor Beat akan
sedikit ngaco dan susah untuk digedein. Kenapa diperlukan seting altitude pada
motor Honda Beat ? sebab Honda Beat injeksi tidak dilengkapi dengan sensor MAP,
IAT dan IACV.
Ketiga sensor tersebut yang membuat motor matic Honda
berbeda dengan jenis motor sport Honda, seperti CBR150R, CB150R dan Honda
Sonic. Untuk motor batangan Honda ngga perlu setting altitude sementara motor
matic Honda terutama Beat, harus melakukan setting altitude sebelum merubah
stelan langsam / stasioner. Cara setting altitude akan gua jelasin dibagian
akhir dari artikel ini bro...
Putar Baud Stelan Langsam
Langkah terakhir adalah memutar baud stelan langsam,
posisi baud stelan langsam pada Honda Beat tepat berada diatas throttle body
dan berbahan plastik warna hitam. Cara memutarnya pun tidak boleh asal – asalan
yang penting langsam gede, khusus pada motor injeksi Honda untuk memperbesar
langsam arah putaran ke sebelah kiri atau mengendorkan baud tersebut. Hal ini
adalah kebalikan dari motor karburator, dimana jika mau memperbesar langsam
harus memutarrnya ke sebelah kanan dan jika mau memperkecil langsam memutarnya
ke arah kiri.
Selain itu cara memutarnya harus ¼ putaran terlebih
dahulu kemudian tunggu 1 - 3 menit, maka putaran RPM atau langsam mesin akan
naik. Jika belum naik maka putar lagi ¼ putaran dan seterusnya, jadi
kesimpulannya untuk stel langsam motor Honda Beat injeksi harus memperhatikan
settingan altitude.
Cara Setting Altitude Motor Honda Injeksi
Sebelum kita ngomong panjang lebar ada beberapa
pertanyaan yang harus dibahas terlebih dahulu yaitu kapan waktunya setting
altitude ? dan untuk motor apa saja ?. Ok mari kita jawab satu persatu, pertama
setting altitude dilakukan jika melakukan penggantian dan pembongkaran pada
komponen utama PGM FI yaitu injektor, throttle body, fuel pump dan ECM. Kedua
setting altitude dilakukan apabila berpindahnya sepeda motor ke suatu tempat
yang mempunyai perbedaan ketinggian tanah.
4 Jenis Mode Pada Motor Injeksi Honda
Mode 1 digunakan apabila motor berada pada ketinggian
kurang dari 2000 mdpl.
Mode 2 digunakan apabila motor berada didaerah dengan
ketinggian 2000 – 2500 mdpl.
Mode 3 digunakan apabila motor berada didaerah pada ketinggian 2500 – 3500
mdpl.
Mode 4 digunakan apabila motor berada didaerah pada
ketinggian lebih dari 3500 mdpl.
Cara Setting Altitude atau Setting Mode Ketinggian
Pastikan ECM tidak menyimpan kode kerusakan atau lampu
MIL tidak berkedip – kedip saat motor dibawa jalan, jika lampu MIL berkedip –
kedip maka kemungkinan besar ECU / ECM menyimpan kode kerusakan.
Posisikan kunci kontak pada kondisi OFF dan pasang SCS
konector / jumper line ke bagian DLC sepeda motor.
Tarik grip gas sampai mentok dan putar kunci kontak pada
posisi ON, maka lampu MIL akan menyala dan selanjutnya akan berkedip cepat.
Dalam waktu kurang dari 5 detik dari kedipan cepat
dimulai lepaskan grip gas dan lampu MIL akan berkedip 1 kali secara teratur,
maka mode 1 telah berhasil dilakukan.
Mode 2 bisa lakukan dengan cara yang sama seperti
diatas, yaitu “ tarik grip gas kemudian lepaskan, tarik kembali sampai mentok dan lepaskan lagi.
Tunggu lampu MIL berkedip 2 kali secara teratur.
Mode 3 prosesnya yaitu “ tarik grip gas dan lepaskan
grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas, kemudian tarik kembali grip gas
dan lepaskan grip gas “.
Mode 4 prosesnya hampir sama dengan mode lainnnya yaitu
“ tarik grip gas dan lepaskan grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas,
tarik grip gas dan lepaskan grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas.
Langkah terakhir posisikan kunci kontak OFF dan copot
kembali jumper line / SCS connector.
Untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini, jika
belum ada berarti belum gua bikin he... tapi jangan lupa subscribe dulu bro...
Perbedaan antara mode 1 mode 2 mode 3 mode 4 itu apa ya??
BalasHapusMakanya budayakan membaca secara detail mas bro.. V
HapusKalo motor scoopy injeksi 2016 langsamnya gax mau gede itu masalah nya di apa y bosku?
BalasHapusBang Motor Beat Saya Susah Mau Dpat Gas Nya Itu Dmna Kendalanya Udah Sya Putar Baud Pembesar Masih Nggak Dapat
BalasHapusMohon sertakan video nya kang mas
BalasHapusKalo motor honda bit saya langsamnya ga bisa d kecilin gimana caranya mas bro
BalasHapusKlw dipegunungan pake mode brapa ya mas.soalnya ga kuat nanjak beat saya padahal motor baru.
BalasHapusMotor sekarang di buat irit ga ada tenanganya..kasian tuh yang dikampung pada beli motor tapi pada ngeluh tenaganya kurang ga kaya motor sebelumnya gede tenaganya😃😃
BalasHapus