Cara Setting Altitude, Gas dan Langsam Motor Beat Injeksi

Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali para bro semua di blog otomotif yang mengkhususkan bagi para pecinta otomotif roda dua. Tapi sebelumnya gua minta bantuannya pada follow IG “ asphal team “ dan jangan lupa subscribe juga channel kami “sendal jepit”. Untuk kali ini kita akan ngomongin tentang bagaimana cara paling benar untuk setting langsam motor Honda Beat Injeksi, cara ini juga bisa dipakai untuk motor Vario Injeksi, Scoopy Injeksi dan Spacy Injeksi.


setting altitude injeksi



Tapi sebelum kita ngomongin cara buat menyetel gas motor injeksi, kita akan ngomongin dulu akibat dari penyetelan langsam dan gas motor injeksi yang salah. Sebenarnya ngga ada cara yang salah cuman ada beberapa proses penyetelan yang sering dilewatkan sebelum menyeting langsam Honda Beat injeksi.

Akibat Salah Seting Langsam Motor Injeksi

Motor Sering Mati - Mati

Kondisi langsam yang terlalu kecil akan mengakibatkan motor menjadi sering mogok dan hal ini cukup membahayakan bagi biker. Setiap jenis motor mempunyai standart putaran stasioner / langsam sendiri – sendiri, contoh untuk motor bebek mempunyai stasioner 1200 +/- 100, motorsport mempunyai putaran stasioner 1500 +/- 100. Sedangkan motor matic mempunyai putaran stasioner sekitar 1600 +/- 100 dan cara untuk melihat putaran RPM pada motor matic dengan menggunakan Tachometer bengkel dan memakai HIDS / scanner injeksi sepeda motor.

Putaran Stasioner Tidak Stabil

Langsam yang ngga stabil ini akibatnya hampir sama dengan diatas, cuman yang membedakannya langsam akan susah distel naik walaupun sudah diputar – putar berulang kali pada bagian baud stelan langsam. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya lakukan seting altitude terlebih dahulu, agar putaran RPM mesin bisa naik dengan semestinya.  

Boros Bahan Bakar

Bahan bakar yang boros ini disebabkan karena putaran RPM terlalu tinggi atau langsam terlalu besar, hal ini akan berdampak pada bahan bakar yang tersuplay menjadi besar. Memang selisih bahan bakar yang terbakar tidak terlalu banyak jika dalam hitungan menit, tapi jika setiap hari motor dipakai dan RPM / putaran langsam terlalu tinggi maka cukup terasa boros bahan bakar.

Cara Menyetel Gas Motor Injeksi

Sebelum menyetel stelan gas motor Honda Beat Injeksi lakukan hal - hal ini terlebih dahulu, pertama periksa jarak main bebas grip gas. Jarak main bebas ini berpengaruh saat stang kemudi dibelokan ke kanan atau ke kiri, saat motor dibelokan ke arah kanan atau kiri kabel gas tertarik maka lakukan penyetelan ulang. Karena hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan dalam berkendara terutama saat posisi motor mau berbelok, Honda Beat Injeksi yang tidak mempunyai jarak main bebas pada grip gas. Akan membuat throttle possition tertarik sehingga gas motor akan langsung besar dan pengemudi akan susah mengendalikan motor tersebut.

Setting Altitude
Seting altitude atau seting ketinggian tanah sesuai dengan posisi sepeda motor berada, hal ini wajib dilakukan untuk motor Honda Beat injeksi. Karena tanpa setting altitude langsam sepeda motor Beat akan sedikit ngaco dan susah untuk digedein. Kenapa diperlukan seting altitude pada motor Honda Beat ? sebab Honda Beat injeksi tidak dilengkapi dengan sensor MAP, IAT dan IACV.

Ketiga sensor tersebut yang membuat motor matic Honda berbeda dengan jenis motor sport Honda, seperti CBR150R, CB150R dan Honda Sonic. Untuk motor batangan Honda ngga perlu setting altitude sementara motor matic Honda terutama Beat, harus melakukan setting altitude sebelum merubah stelan langsam / stasioner. Cara setting altitude akan gua jelasin dibagian akhir dari artikel ini bro...  

Putar Baud Stelan Langsam
Langkah terakhir adalah memutar baud stelan langsam, posisi baud stelan langsam pada Honda Beat tepat berada diatas throttle body dan berbahan plastik warna hitam. Cara memutarnya pun tidak boleh asal – asalan yang penting langsam gede, khusus pada motor injeksi Honda untuk memperbesar langsam arah putaran ke sebelah kiri atau mengendorkan baud tersebut. Hal ini adalah kebalikan dari motor karburator, dimana jika mau memperbesar langsam harus memutarrnya ke sebelah kanan dan jika mau memperkecil langsam memutarnya ke arah kiri.

Selain itu cara memutarnya harus ¼ putaran terlebih dahulu kemudian tunggu 1 - 3 menit, maka putaran RPM atau langsam mesin akan naik. Jika belum naik maka putar lagi ¼ putaran dan seterusnya, jadi kesimpulannya untuk stel langsam motor Honda Beat injeksi harus memperhatikan settingan altitude.

Cara Setting Altitude Motor Honda Injeksi

Sebelum kita ngomong panjang lebar ada beberapa pertanyaan yang harus dibahas terlebih dahulu yaitu kapan waktunya setting altitude ? dan untuk motor apa saja ?. Ok mari kita jawab satu persatu, pertama setting altitude dilakukan jika melakukan penggantian dan pembongkaran pada komponen utama PGM FI yaitu injektor, throttle body, fuel pump dan ECM. Kedua setting altitude dilakukan apabila berpindahnya sepeda motor ke suatu tempat yang mempunyai perbedaan ketinggian tanah.

4 Jenis Mode Pada Motor Injeksi Honda

Mode 1 digunakan apabila motor berada pada ketinggian kurang dari 2000 mdpl.
Mode 2 digunakan apabila motor berada didaerah dengan ketinggian 2000 – 2500 mdpl.
Mode 3 digunakan apabila motor  berada didaerah pada ketinggian 2500 – 3500 mdpl.
Mode 4 digunakan apabila motor berada didaerah pada ketinggian lebih dari 3500 mdpl.

Cara Setting Altitude atau Setting Mode Ketinggian

Pastikan ECM tidak menyimpan kode kerusakan atau lampu MIL tidak berkedip – kedip saat motor dibawa jalan, jika lampu MIL berkedip – kedip maka kemungkinan besar ECU / ECM menyimpan kode kerusakan.

Posisikan kunci kontak pada kondisi OFF dan pasang SCS konector / jumper line ke bagian DLC sepeda motor.

Tarik grip gas sampai mentok dan putar kunci kontak pada posisi ON, maka lampu MIL akan menyala dan selanjutnya akan berkedip cepat.

Dalam waktu kurang dari 5 detik dari kedipan cepat dimulai lepaskan grip gas dan lampu MIL akan berkedip 1 kali secara teratur, maka mode 1 telah berhasil dilakukan.

Mode 2 bisa lakukan dengan cara yang sama seperti diatas, yaitu “ tarik grip gas kemudian lepaskan, tarik  kembali sampai mentok dan lepaskan lagi. Tunggu lampu MIL berkedip 2 kali secara teratur.

Mode 3 prosesnya yaitu “ tarik grip gas dan lepaskan grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas, kemudian tarik kembali grip gas dan lepaskan grip gas “.

Mode 4 prosesnya hampir sama dengan mode lainnnya yaitu “ tarik grip gas dan lepaskan grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas, tarik grip gas dan lepaskan grip gas.

Langkah terakhir posisikan kunci kontak OFF dan copot kembali jumper line / SCS connector.

Untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini, jika belum ada berarti belum gua bikin he... tapi jangan lupa subscribe dulu bro...

Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal. 

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Perbedaan antara mode 1 mode 2 mode 3 mode 4 itu apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya budayakan membaca secara detail mas bro.. V

      Hapus
  2. Kalo motor scoopy injeksi 2016 langsamnya gax mau gede itu masalah nya di apa y bosku?

    BalasHapus
  3. Bang Motor Beat Saya Susah Mau Dpat Gas Nya Itu Dmna Kendalanya Udah Sya Putar Baud Pembesar Masih Nggak Dapat

    BalasHapus
  4. Mohon sertakan video nya kang mas

    BalasHapus
  5. Kalo motor honda bit saya langsamnya ga bisa d kecilin gimana caranya mas bro

    BalasHapus
  6. Klw dipegunungan pake mode brapa ya mas.soalnya ga kuat nanjak beat saya padahal motor baru.

    BalasHapus
  7. Motor sekarang di buat irit ga ada tenanganya..kasian tuh yang dikampung pada beli motor tapi pada ngeluh tenaganya kurang ga kaya motor sebelumnya gede tenaganya😃😃

    BalasHapus