Sejeworks – Salam Oprex, selamat datang kembali di blog
otomotif yang fokus pada sepeda motor,
untuk para pembaca lama gua ucapkan teriama kasih banyak atas kesetiannya
nongkrong disini dan bagi pembaca yang baru nyasar jangan lupa subscribe
channel Youtube nya bro.... he...
Kali ini yang mau kita omongin yaitu sensor TP atau
throttle position yang terdapat pada throttle body (karburator) sepeda motor
injeksi. Sebelum kita ngomong lebih jauh lagi mari kita bahas sedikit
pengertian apa itu sensor TP. Throttle Position Sensor adalah sebuah tahanan
variabel yang dipasang pada sisi luar katup gas, jika katup gas (koin /
butterfly) dibuka maka dan ditutup maka akan terjadi perubahan – perubahan
tahanan. Perubahan tahanan tersebut akan mempengaruhi arus yang masuk kedalam
sensor TP , kemudian arus listrik ini akan mengirim sinyal ke ECU / ECM sebagai
otak dari motor injeksi.
Selanjutnya ECU akan mengolah data tersebut dan akan
memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar sesuai bukaan sensor TP.
Data yang diolah ECU akan menentukan berapa lama dan berapa banyak injektor
menyemprotkan bahan bakar.
Cara Test Sensor TP Honda Beat FI
Sebelum melakukan pengetesan sensor TP, sebaiknya
periksa terlebih dahulu soket pada sensor TP dan soket ECU dari keadaan kendor
atau tidak terpasang dengan baik. Untuk mengetes adanya kerusakan pada sensor
TP (Throttle Position) ada banyak cara
mulai dari menggunkaan Scanner baik yang memakai laptop, HP dan alat khusus.
Cara lainnya dengan memakai avometer, tapi cara ini agak sedikit rumit karena
harus mengerti besarnya tahanan / ohm pada masing – masing sensor.
Jika menggunakan alat scanner injeksi akan terlihat sudut
bukaan sensor TP saat posisi stasioner / langsam yang seharusnya 0 derajat
sampai 0,5 derajat. Jika sudut sensor TP diatas 0,5 derajat maka besar
kemungkinan adanya kerusakan pada sensor tersebut.
Cara lainnya adalah dengan meilhat tegangan yang akan
masuk pada sensor TP yang seharusnya 4,75 – 5,25 volt, jika angka tegangan
tersebut lebih dari angka diatas maka kemungkinan besar adanya kerusakan pada
sensor tersebut.
Cara mengetes adanya kerusakan pada sensor TP juga bisa
dengan mengukur tahanan sensor tersebut dengan kisaran 5 kilo ohm, dan akan
berubah – ubah jika grip gas digerakan / tarik.
Cara selanjutnya dengan mereset ECU, jika ada kerusakan
pada sensor TP maka lampu MIL akan mengirimkan sinyal dengan jumlah 8 kedipan. Jika
sensor TP rusak maka reset ECU tidak akan pernah berhasil, entah reset manual
ataupun reset pakai alat scanner.
Cara Memperbaiki Sensor TPS
Untuk memperbaiki sensor TP adalah dengan mengganti
Throttle Body set, karena dalam Throttle Body terdapat sensor – sensor lain
yang saling berhubungan. Jika hanya mengganti sensor TP saja biasanya tidak
akan menyelesaikan masalah.
Tanda Throttle Body Bermasalah
Kerusakan pada sensor Throttle Body pada setiap motor
injeksi mempunyai beberapa perbedaan karena pada throttle body terdapat
beberapa sensor yang berbeda. Maksudnya ada jensi motopr tertentu memakai
sensor pengukur suhu udara disekitar throttle body dan ada juiga yang tidak
memakai sensor tersebut. Tapi dari perbedaan tersebut dapat ditarik kesimpulan
diantaranya.
Kode kerusakan sensor – sensor yang terdapat throttle
body tidak dapat dapat di reset, seandainya sudah di reset maka kode kerusakan
akan kembali muncul.
Boros bahan bakar, penyebabnya karena sensor – sensor
disekitar throttle body mengirimkan data yang berbeda sehingga ECU tidak
bekerja secara optimal.
Cara Stel Sensor Throttle Position Sensor Beat FI
Penyetelan pada sensor TP itu hanya boleh dilakukan
dipabrikan, tapi kenyataannya banyak sekali para bro yang menyetel sudut bukaan
gas (koin / butterfly), akibatnya sensor TP akan rusak. Tapi penyetelan pada
sensor TP bisa dilakukan asalkan memakai ECU, Throttle Body dan injektor after
market / racing.
Nah untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini, tapi
sebelumnya subscribe dulu bro... ya itung – itung lu bantuin gua..
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati
para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphalt...
Slmt malam...bang sya mau tanya.sya pnya NeW CBR 150..dn kendalanya taitu pas lagi di pake/kita jalanin.dan kopling di tutup dan gas di tutup..tapi gas tarkada lama turunnya/nahan..tpi jikalo sedang tidak kita pake/di jalankan..kita gas gas normal.pada gas di tutup langsung normal ngelangsam.tpi jikalo sedang kita naikin/kita jalanin..gas di tutup..tpi RFM ga mau langsung turun.jdi kaya nahan....itu apanya yah bng? Trmksh
BalasHapussama kya gua pay
BalasHapusHarus ganti trohlete body bang, lumayan harganya, klo udh ganti harus reset ke Honda bang,
BalasHapusSama penyakit nya kaya motor gua, Alhamdulillah sembuh and normal sentosa
SAYA SUDAH GANTI TROHLETE BODY TAPI MOTOR NYA MASI BREBET BREBET KNAPA YA
BalasHapusKalau ganti sensor tps nya aja aman bisa gak bang?
BalasHapusmenganalisa kerusakan sepeda tidak bisa secara logika punya keluhan masing"
BalasHapusCb 150 r sy th 2017.
BalasHapusAkhir2 ini setiap di geber konstan malah ngok ngedrop..
Itu kira2 throttel bodynya atau pompa bensinnya
Maaf bang mau tanya.. Beat eco saya tiba tiba brebet/ ndutndutan saat digas awal, tpi saat digas ngebut brebet ilang, kira2x apanya barangkali tau??
BalasHapus