Tanda – Tanda dan Cara Memperbaiki Sensor TP (Throttle Position) yang Terdapat di Throttle Body


Sejeworks – Salam Oprex, selamat datang kembali di blog otomotif  yang fokus pada sepeda motor, untuk para pembaca lama gua ucapkan teriama kasih banyak atas kesetiannya nongkrong disini dan bagi pembaca yang baru nyasar jangan lupa subscribe channel Youtube nya bro.... he...

throttle position sensor



Kali ini yang mau kita omongin yaitu sensor TP atau throttle position yang terdapat pada throttle body (karburator) sepeda motor injeksi. Sebelum kita ngomong lebih jauh lagi mari kita bahas sedikit pengertian apa itu sensor TP. Throttle Position Sensor adalah sebuah tahanan variabel yang dipasang pada sisi luar katup gas, jika katup gas (koin / butterfly) dibuka maka dan ditutup maka akan terjadi perubahan – perubahan tahanan. Perubahan tahanan tersebut akan mempengaruhi arus yang masuk kedalam sensor TP , kemudian arus listrik ini akan mengirim sinyal ke ECU / ECM sebagai otak dari motor injeksi.

Selanjutnya ECU akan mengolah data tersebut dan akan memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar sesuai bukaan sensor TP. Data yang diolah ECU akan menentukan berapa lama dan berapa banyak injektor menyemprotkan bahan bakar.

Cara Test Sensor TP Honda Beat FI

Sebelum melakukan pengetesan sensor TP, sebaiknya periksa terlebih dahulu soket pada sensor TP dan soket ECU dari keadaan kendor atau tidak terpasang dengan baik. Untuk mengetes adanya kerusakan pada sensor TP (Throttle Position)  ada banyak cara mulai dari menggunkaan Scanner baik yang memakai laptop, HP dan alat khusus. Cara lainnya dengan memakai avometer, tapi cara ini agak sedikit rumit karena harus mengerti besarnya tahanan / ohm pada masing – masing sensor.

Jika menggunakan alat scanner injeksi akan terlihat sudut bukaan sensor TP saat posisi stasioner / langsam yang seharusnya 0 derajat sampai 0,5 derajat. Jika sudut sensor TP diatas 0,5 derajat maka besar kemungkinan adanya kerusakan pada sensor tersebut.
Cara lainnya adalah dengan meilhat tegangan yang akan masuk pada sensor TP yang seharusnya 4,75 – 5,25 volt, jika angka tegangan tersebut lebih dari angka diatas maka kemungkinan besar adanya kerusakan pada sensor tersebut.

Cara mengetes adanya kerusakan pada sensor TP juga bisa dengan mengukur tahanan sensor tersebut dengan kisaran 5 kilo ohm, dan akan berubah – ubah jika grip gas digerakan / tarik.

Cara selanjutnya dengan mereset ECU, jika ada kerusakan pada sensor TP maka lampu MIL akan mengirimkan sinyal dengan jumlah 8 kedipan. Jika sensor TP rusak maka reset ECU tidak akan pernah berhasil, entah reset manual ataupun reset pakai alat scanner.   

Cara Memperbaiki Sensor TPS

Untuk memperbaiki sensor TP adalah dengan mengganti Throttle Body set, karena dalam Throttle Body terdapat sensor – sensor lain yang saling berhubungan. Jika hanya mengganti sensor TP saja biasanya tidak akan menyelesaikan masalah.

Tanda Throttle Body Bermasalah

Kerusakan pada sensor Throttle Body pada setiap motor injeksi mempunyai beberapa perbedaan karena pada throttle body terdapat beberapa sensor yang berbeda. Maksudnya ada jensi motopr tertentu memakai sensor pengukur suhu udara disekitar throttle body dan ada juiga yang tidak memakai sensor tersebut. Tapi dari perbedaan tersebut dapat ditarik kesimpulan diantaranya.

Kode kerusakan sensor – sensor yang terdapat throttle body tidak dapat dapat di reset, seandainya sudah di reset maka kode kerusakan akan kembali muncul.
Boros bahan bakar, penyebabnya karena sensor – sensor disekitar throttle body mengirimkan data yang berbeda sehingga ECU tidak bekerja secara optimal.

Cara Stel Sensor Throttle Position Sensor Beat FI

Penyetelan pada sensor TP itu hanya boleh dilakukan dipabrikan, tapi kenyataannya banyak sekali para bro yang menyetel sudut bukaan gas (koin / butterfly), akibatnya sensor TP akan rusak. Tapi penyetelan pada sensor TP bisa dilakukan asalkan memakai ECU, Throttle Body dan injektor after market / racing.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini, tapi sebelumnya subscribe dulu bro... ya itung – itung lu bantuin gua..





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphalt...

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Slmt malam...bang sya mau tanya.sya pnya NeW CBR 150..dn kendalanya taitu pas lagi di pake/kita jalanin.dan kopling di tutup dan gas di tutup..tapi gas tarkada lama turunnya/nahan..tpi jikalo sedang tidak kita pake/di jalankan..kita gas gas normal.pada gas di tutup langsung normal ngelangsam.tpi jikalo sedang kita naikin/kita jalanin..gas di tutup..tpi RFM ga mau langsung turun.jdi kaya nahan....itu apanya yah bng? Trmksh

    BalasHapus
  2. Harus ganti trohlete body bang, lumayan harganya, klo udh ganti harus reset ke Honda bang,
    Sama penyakit nya kaya motor gua, Alhamdulillah sembuh and normal sentosa

    BalasHapus
  3. SAYA SUDAH GANTI TROHLETE BODY TAPI MOTOR NYA MASI BREBET BREBET KNAPA YA

    BalasHapus
  4. Kalau ganti sensor tps nya aja aman bisa gak bang?

    BalasHapus
  5. menganalisa kerusakan sepeda tidak bisa secara logika punya keluhan masing"

    BalasHapus
  6. Cb 150 r sy th 2017.
    Akhir2 ini setiap di geber konstan malah ngok ngedrop..
    Itu kira2 throttel bodynya atau pompa bensinnya

    BalasHapus
  7. Maaf bang mau tanya.. Beat eco saya tiba tiba brebet/ ndutndutan saat digas awal, tpi saat digas ngebut brebet ilang, kira2x apanya barangkali tau??

    BalasHapus