Berapa Kilometer dan Ciri - Ciri Oli Mesin Motor Matic Harus Ganti

Sejeworks – Salam oprex, bagi para pengguna motor matic Honda Beat, Spacy, Scoopy, Vario 110, 125 dan 150, sering kali mengalami kebingungan waktu penggantian oli mesin. Kebingungan yang gua maksud tentang berapa lama atau waktu yang paling bener untuk mengganti oli mesin, sering kali kita sebagai biker mengalami ketakutan akan oli mesin yang habis karena telat penggantian. Telat mengganti oli mesin akan sangat fatal bagi sepeda motor karena sistem pelumasan mesin akan terganggu. Akibatnya seluruh komponen didalam mesin akan rusak karena daya gesek antara komponen satu dengan komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai bro dan jangan lupa subscribe dan tonton videonya.

Kapan Waktu Penggantian Oli Mesin

Penggantian oli mesin pada setiap sepeda motor sangat tergantung oleh jarak tempuh dan lama pemakaian oli mesin tersebut, tapi kalau ngomongin jarak tempuh juga akan mendapatkan hasil yeng berbeda. Semisal lo pakai motor dengan jarak 2 kilometer tidak terkena macet dan suhu udara sekitar dingin (pegunungan). Akan berbeda dengan orang yang pakai motor dengan jarak tempuh yang sama 2 kilometer macet setiap menit, dan dengan suhu udara yang panas.





Kenapa gua bandingin dengan antara pemakaian satu dengan lainnya ? karena jika mengikuti buku panduan service biasanya akan tertulis penggantian oli mesin setiap 4.000 km. Dan jika mengikuti penggantian setiap 4.000 kilometer ini akan sangat berbahaya bro, kecuali lo hampir setiap hari mengecek volume oli mesin tersebut. Karena biasanya oli mesin akan menguap jika kilometer sepeda motor telah melebihi angka 3.000, untuk lebih amannya lakukan penggantian oli mesin saat motor telah melewati 2.000 kilometer atau 2 bulan pemakaian. Itu jika kondisi motor dipakai secara normal hanya untuk pulang pergi keja atau berangkat sekolah, tapi kalau dipakai ngojek maka lakukan penggantian oli mesin setiap 1 bulan sekali atau 1.500 kilometer.    

Ciri – Ciri Oli Mesin Motor Matic Harus Ganti

Untuk mengetahui oli mesin sudah waktunya ganti atau engga bisa diukur dari beberapa faktor yaitu kapasitas oli mesin yang berkurang dan warna oli mesin yang telah berubah hitam pekat. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..

Kapasitas Oli Mesin

Kita bisa mengetahui oli mesin perlu ganti atau tidak dengan mengecek volume / kapasitas oli mesin, cara mengeceknya bisa menggunakan stick tutup oli mesin. Cara seperti ini simpel dari paling manjur untuk mengetahui apakah oli mesin perlu ganti. Karena oli mesin yang yang telah lama dipakai pada mesin akan mulai menguap karena suhu panas mesin dan suhu panas lingkungan sekitar.

Warna Oli Mesin Berubah

Oli mesin yang masih berada didalam botol biasanya akan mempunyai warna dan bau yang khas, tapi kalau sudah dimasukan kedalam mesin dan mesin dihidupkan maka warna oli mesin akan berwarna hitam. Warna hitam disini akan berbeda antara warna hitam oli mesin layak dipakai dengan oli mesin yang sudah tidak layak pakai, oli mesin yang layak pakai biasanya akan berwarna hitam jernih sedangkan oli mesin yang tidak layak pakai akan berwarna hitam gelap

Suara Mesin Menjadi Kasar

Suara mesin yang lebih kasar dari biasanya bia dijadikan indikasi perlu ganti oli mesin, karena tanpa adanya sistem pelumasan yang baik akan menimbulkan daya gesek antara komponen didalam mesin semakin kuat. Dan secara otomatis akan membuat komponen / partdidalam mesin terkikis atau aus. 
 

Mesin Sering Mati – Mati Sendiri

Motor sering mati – mati karena overheating juga bisa dijadikan acuan bahwa oli mesin sudah tidak layak pakai, penyebabnya bisa karena volume oli tersebut berkurang drastis dan ring seher tidak memuai. Akibatnya loss kompresi ringan, solusinya dengan membiarkan suhu panas mesin turun dengan sendirinya maka motor akan bisa dihidupkan kembali.

Akibat Kehabisan Oli Mesin

Ada banyak sekali efek kehabisan oli mesin terutama pada bagian mesin, tapi untuk menyederhanakannya kita bagi saja menjadi 2 bro yaitu efek ringan dan efek berat. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita check it dot bro..

Efek Ringan

Maksudnya saat ganti oli mesin kita akan membuka drain bolt atau baud tap oli, secara otomatis oli mesin akan keluar lewat lubang oli dan ternya eng... ing ... eng... Oli mesin hanya tersisa sedikit bisa kita artikan satu sendok teh atau setes dan bahkan ngga keluarsama sekali, dan paling banyak volume oli mesin tersisa 1 gelas kecil biasa. Nah kemudian kita memasukan oli mesin kedalam mesin, saat motor dihidupkan ternyata mesin motor tidak ngebul dan suara mesin tetep adem tidak kasar.

Ini berarti lo sedang beruntung bro, karena tidak memberi efek secara langsung ke bagian mesin, tapi biasanya setelah beberapa saat entah 3 sampai 6 bulan motor akan keluar asap putih atau ngebul. Nah itu adalah efeknya dari motor yang kehabisan oli mesin tapi tidak langsung terjadi dan biasanya akan membuat piston dan silinder comp mbaret. Untuk mengatasinya harus bongkar mesin atas, ganti piston dan korter untuk memperbesar diameter silinder comp.

Efek Berat

Ini yang paling ekstream bro, saat oli mesin habis tak tersisa dimesin maka komponen didalam mesin tidak mempunyai pelumas. Akibatnya suara mesin akan kasar / berisik dari biasanya, kemudian overheting alias suhu panas mesin akan meningkat sehingga ring piston akan memuai dan menggerus dinding silinder comp. Dan dalam jangka waktu ngga butuh hitungan minggu maka piston akan terkunci alias ngancing atau ceket. Sehingga motor tidak bisa dihidupkan sama sekali, soisinya harus bongkar mesin bisa ganti bongkar mesin atas tau malah bongkar mesin total. Penggantian parttergantung dari kerusakan pada komponen mesin motortersebut, bisa piston saja atau malah stang piston ikut rusak.
Biar ada gambaran simak video berikut ini ya bro, dan jangan lupa subscribe ya bro.





Dan jangan lupa tetep keep riding no arogan, banyar cicilan motor kalian he... salam oprex salam satu asphal wor... wor.. 

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. wah, kalo ane sih buat matic lebih pilih federal oil sih om. cocok banget tuh, apalagi buat karakter mesin matic. dan ganti oli juga tiap 2000km

    BalasHapus
  3. kalo mesin udah gak enak harus diganti min, mkanya aku rutin terus ganti federal oil ku biar gak cepet rusak mesinnya

    BalasHapus