Sejeworks – Salam oprex para bro semua, pada postingan
kali ini gua kasih khusus untuk para pemilik Honda Vario 150 yang edisi LED
bukan keyless ya bro.. Yang mau kita omongin masalah biaya bongkar mesin pada
Honda Vario 150, mulai dari kode spare partnya, ukuran diameter piston, dan
masih banyak lagi. Kanapa gua bikin tulisan ini ? karena banyaknya para pemakai
Vario 150 yang kebingungan mencari spare part pada motor tersebut. Dan itu
termasuk lo kayaknya bro, karena bisa nyasar sampai di blog paling keren dan
bukan kaleng – kaleng atau malah kw kw an he... he... untuk mempersingkat waktu
langsung saja check it dot bro..
Apakah Honda Vario 150 Bisa di Korter
Sebagian para pemilik Honda Vario 150 pada bingung
apakah motor tunggannya bisa dikorter ? dan ternyata samapi saat ini motor
keluaran dari pabrikan Honda masih bisa dikorter semua dan pihak pabrikan masih
menyediakan oversize dari piston standar. Kesimpulannya Honda Vario 150 masih
bisa dikorter bro, kalau pabrikan tetangga yang berlogo garputala untuk motor
matic keluaran terbarunya tidak bisa dikorter. Tapi ini Indonesia, apa aja bisa
dilakukan he... salah satunya dengan mengganti bosh cilinder comp dan memakai
piston after market (NPP, Indopart, Fedral) yang mempunyai diamter yang sama.
Harga Piston Honda Vario 150
Ini yang paling susah dicari pada Honda Vario 150 LED
yaitu piston, piston motor ini mempunyai kode 13031 – K59 – A10 dengan harga
berkisar Rp 130.000. Sesuai harga eceran tertinggi di bengkel resmi kalau
dibengkel umum bisa lebih tinggi atau malah lebih murah tergantung yang jual
lagi lupa harga atau tidak he...
Harga Paking Cilinder Honda Vario 150
Sementara itu urusan paking / gasket silinder comp dan
head silinder pada vario 150 memakai jenis zink atau seng bukan jenis kertas,
sehingga cukup mudah untuk membersihkan area bekas paking tersebut. Cuman apakah
bisa dipakai kembali ? jawabnya bisa asalkan disemprot pakai cat kaleng (pylox)
agar kembali hitam seperti semula dan tidak ada oli mesin atau air radiator
yang rembes. Bagaimana kalau gasket bekas tersebut dipasang kembali dengan
dikasih lem three bond ? jawabnya bisa saja bro tapi ada efeknya, biasanya lem
tersebut setelah 1 - 2 tahun mengeras sehingga air radiator bocor. Harga gasket
head silinder Honda Vario 150 sendiri dibandrol dengan harga sekitar RP 25.000,
dengan kode part 12251 – KZY – 701, sedangkan gasket silinder comp dibandrol Rp
13.000 dengan kode part 12191 – KZR – 602.
Harga Stang Seher Assy Honda Vario 150
Nah ini yang paling mahal harga stang assy (crank shaft
assy) sekitar Rp 650.000, dengan kode part 1300A - K59 – A10. Stang assy disini
sudah termasuk stang seher, bandul kanan dan kiri, 1 bearing sebelah kanan,
kelebihan dari part assy adalah kualitas dari crank shaft tersebut yang balance
sehingga mesin tidak terlalu getar selain itu usia pakai dari stang assy
tersebut biasanya lebih tahan lama.
Biar ada gambaran dan lebih jelasnya tonton video
berikut ini sampai selesai ya bro dan jangan lupa bantu gua dengan subscribe,
like, share dan komennya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusApakah oversize nya bisa sampai 100 atau maksimal 50?
BalasHapusVario 125 ganti blok piston, stang piston dan piston cuma habis Rp. 450.000
BalasHapusDi bengkel honda, Gan?
HapusKalau mesin mati karena kehabisan oli berapa
BalasHapusKreeeen
BalasHapusUntuk tebal boring vario 150 bisa di korter sampe brp mm bro?
BalasHapusaku heran saja di daerah ku biaya ouverhaul vario tecno 150 mencapai 2500.000 diluar sparepart,trims.
BalasHapus