Biaya Bongkar Mesin Honda Vario 150, Karena Kehabisan Oli Mesin

Sejeworks – Salam oprex para bro semua, pada postingan kali ini gua kasih khusus untuk para pemilik Honda Vario 150 yang edisi LED bukan keyless ya bro.. Yang mau kita omongin masalah biaya bongkar mesin pada Honda Vario 150, mulai dari kode spare partnya, ukuran diameter piston, dan masih banyak lagi. Kanapa gua bikin tulisan ini ? karena banyaknya para pemakai Vario 150 yang kebingungan mencari spare part pada motor tersebut. Dan itu termasuk lo kayaknya bro, karena bisa nyasar sampai di blog paling keren dan bukan kaleng – kaleng atau malah kw kw an he... he... untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro..




piston vario 150


Apakah Honda Vario 150 Bisa di Korter

Sebagian para pemilik Honda Vario 150 pada bingung apakah motor tunggannya bisa dikorter ? dan ternyata samapi saat ini motor keluaran dari pabrikan Honda masih bisa dikorter semua dan pihak pabrikan masih menyediakan oversize dari piston standar. Kesimpulannya Honda Vario 150 masih bisa dikorter bro, kalau pabrikan tetangga yang berlogo garputala untuk motor matic keluaran terbarunya tidak bisa dikorter. Tapi ini Indonesia, apa aja bisa dilakukan he... salah satunya dengan mengganti bosh cilinder comp dan memakai piston after market (NPP, Indopart, Fedral) yang mempunyai diamter yang sama.

Harga Piston Honda Vario 150

Ini yang paling susah dicari pada Honda Vario 150 LED yaitu piston, piston motor ini mempunyai kode 13031 – K59 – A10 dengan harga berkisar Rp 130.000. Sesuai harga eceran tertinggi di bengkel resmi kalau dibengkel umum bisa lebih tinggi atau malah lebih murah tergantung yang jual lagi lupa harga atau tidak he...

Harga Paking Cilinder Honda Vario 150

Sementara itu urusan paking / gasket silinder comp dan head silinder pada vario 150 memakai jenis zink atau seng bukan jenis kertas, sehingga cukup mudah untuk membersihkan area bekas paking tersebut. Cuman apakah bisa dipakai kembali ? jawabnya bisa asalkan disemprot pakai cat kaleng (pylox) agar kembali hitam seperti semula dan tidak ada oli mesin atau air radiator yang rembes. Bagaimana kalau gasket bekas tersebut dipasang kembali dengan dikasih lem three bond ? jawabnya bisa saja bro tapi ada efeknya, biasanya lem tersebut setelah 1 - 2 tahun mengeras sehingga air radiator bocor. Harga gasket head silinder Honda Vario 150 sendiri dibandrol dengan harga sekitar RP 25.000, dengan kode part 12251 – KZY – 701, sedangkan gasket silinder comp dibandrol Rp 13.000 dengan kode part 12191 – KZR – 602.

Harga Stang Seher Assy Honda Vario 150

Nah ini yang paling mahal harga stang assy (crank shaft assy) sekitar Rp 650.000, dengan kode part 1300A - K59 – A10. Stang assy disini sudah termasuk stang seher, bandul kanan dan kiri, 1 bearing sebelah kanan, kelebihan dari part assy adalah kualitas dari crank shaft tersebut yang balance sehingga mesin tidak terlalu getar selain itu usia pakai dari stang assy tersebut biasanya lebih tahan lama.

Biar ada gambaran dan lebih jelasnya tonton video berikut ini sampai selesai ya bro dan jangan lupa bantu gua dengan subscribe, like, share dan komennya.




Akhir kata dari gua, teteplah jadi orang baik, hormati para pejalan kaki, hormati orang tua lo, rajin lah menabung dan salam oprex, salam satu asphal wor... wor...  

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Apakah oversize nya bisa sampai 100 atau maksimal 50?

    BalasHapus
  3. Vario 125 ganti blok piston, stang piston dan piston cuma habis Rp. 450.000

    BalasHapus
  4. Kalau mesin mati karena kehabisan oli berapa

    BalasHapus
  5. Untuk tebal boring vario 150 bisa di korter sampe brp mm bro?

    BalasHapus
  6. aku heran saja di daerah ku biaya ouverhaul vario tecno 150 mencapai 2500.000 diluar sparepart,trims.

    BalasHapus