Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, gua yakin
yang pada nengokin artikel ini lo pasti sudah punyeng kenapa oli mesin tidak
naik ke head cylinder. Jujur saja bro ?? he..
he.. soalnya apa ? bukan lo doang yang pernah mengalami oli mesin sepeda
motor tidak naik setelah bongkar mesin, entah itu karena ganti kanvas kopling
atau ganti piston dan ganti stang seher. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja
baca artikel ini sampai selesai dan tonton videonya juga, tapi sebelumnya
Subscribe terlebih dahulu ya bro.. itung – itung lo bantuin channel dan blog
ini untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.
Penyebab Oli Mesin Tidak Naik Ke Klep dan Noken As
Sebenarnya penyebab oli mesin tidak naik ke klep dan
head cylinder disebabkan karena jalur oli mesin yang mampet, pompa oli mesin
yang rusak dan Jalur oli mesin pada sepeda motor berbeda – beda, ada yang yang
lewat luar mesin kemudian masuk ke head silinder dan ada yang lewat bagian
dalam mesin. Contohnya Suzuki Shogun 110 dan Suzuki Satria Fu yang jalur oli
mesin berada disisi luar mesin. Sedangkan Honda Supra 125 dan Yamaha Jupiter Z
mengunakan baud mesin (baud tusuk sate) sebagai jalur oli mesinnya. Dari
perbedaan tersebut dapat kita tarik kesimpulan beberapa penyebab oli mesin
mampet tidak naik ke klep sepeda motor.
Filter Oli Mesin Mampet
Filter oli mesin pada sepeda motor berfungsi untuk
menyaring oli mesin yang telah bercampur dengan benda – benda lain, benda
tersebut bisa berupa bekas lem gasket, gasket, gram – gram, endapan oli mesin
yang tidak melakukan penggantian secara teratur. Menumpuknya kotoran – kotaran
pada filter oli akan membuat oli mesin tidak bisa melewati filter tersebut
sebelum masuk ke pompa oli mesin.
Kalaupun oli mesin bisa melewati filter oli, tapi
biasanya oli mesin yang masuk ke dalam pompa oli tidak sebanyak dan selancar
saat jalur oli mesin tidak terhambat. Nah maka dari itu filter oli mesin harus
dibersihakan setiap satu tahun bro, untuk filter oli mesin model kasa dan
kopling ganda pada motor bebek. Sementara untuk filter oli mesin model kaleng
dan kertas wajib ganti tiap 2 tahun, agar jalur oli mesin tetap lancar dan
tidak menjadi kendala dikemudain hari.
Pompa Oli Mesin Rusak
Semantara pompa oli mesin yang rusak juga akan membuat
oli mesin tidak naik ke head silinder, akibatnya bagian noken as dan rocker arm
akan rusak parah. Dan sering kali hal ini membuat para biker kehabisan lebih
dari 1 noken as, sebab untuk mengetahui adanya kerusakan pada pompa oli mesin
lumayan susah. Saat dicek oli mesin bisa naik ke bagian head silinder, cuman
kadang – kadang pompa oli mesin tidak bisa memompa oli mesin dengan jumlah yang
banyak.
Paking Blok Cylinder Mampet
Paking atau gasket sering kali diremahkan padahal sangat
berpengaruh pada jalur oli mesin, sebab pemakaian gasket bukan original
terkadang pada bagian lubang oli mesin tertutup. Sehingga oli mesin tidak bisa
naik ke head silinder secara sempurna, maka dari itu gunakan paking / gasket
asli bawaan motor dan pakai original pabrikan motor tersebut.
Baud Blok Mesin Miring
Baud blok mesin yang gua maksud disini baud 4 panjang
yang terletak dicrank case kanan dan kiri dan menyatukan head silinder,
silinder bore dan crank case. Baud ini juga sering kali disebut baud tusauk
sate karena bentuk baudnya panjang. Untuk motor – motor yang jalur oli mesinnya
terletak dibagian dalam mesin, baud ini juga termasuk jalur dari oli mesin
tersebut.
Sering kali posisi baud yang miring dan terdapat karat
menjadi faktor penyebab oli mesin tidak naik ke klep. Maka dari itu jika
melakukan pembongkaran pada mesin bagian atas, usahakan mengamplas baud
tersebut tujuannya agar karat tidak mengahambat jalur oli mesin.
Cara Cek Oli Naik Ke Head
Untuk mengecek oli mesin naik atau tidak ke head silinder,
klep dan noken as cara sangat gampang sekali bro, yaitu cukup dengan melepas
tutup klep dan hidupkan motor. Oli mesin yang naik ke bagian head silinder akan
ditandai dengan muncratnya oli mesin lewat lubnag tutup klep dan keluarnya oli
mesin tersebut harus sangat cepat. Biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini
bro, cuman kotruksi sepeda motor berbeda – beda. Ada yang memakai tutup klep in
dan ex terpisah dan ada juga yang memakai 1 tutup klep dengan 2 baud atau malah
4 -5 baud. Jika model tutup klepnya 1 dengan baud 2 sampai 5 maka cara
mengeceknya cukup mencopot atau mengendorkan 1- 2 baud tutup klep tersubut.
Cata Mengatasi Oli Mesin Tidak Naik Ke Klep dan Noken As
Bersihkan jalur oli mesin, caranya bisa menggunakan
angin bertekanan tinggi / spray gun dan carburator cleaner.
Gunakan paking / gasket yang original buakan kw, jika
terpaksa membeli part kw maka cek dengan teliti apakah lubang pada gasket
sesuai dengan kontruksi jalur oli mesin.
Jangan gunakan lem mesin / siller pada gasket baru dan
jika menggunakan gasket bekas cermati dengan baik posisi lem tersebut. Apakah terlalu
banyak melakukan lem pada gasket ?? sehingga bisa menutup jalur oli mesin.
Bersihkan filter oli mesin setiap melakukan penggantian
oli mesin, jika filter oli mesin model kasa dan letaknya ada didalam bak
kopling maka bersihkan per 1 – 2 tahun sekali. Untuk filter oli mesin berbentuk
kertas atau kaleng lakukan penggantian secara rutin setian 15.000 km.
Nah, tonton video berikut ini ya bro dan subcribe,
komen, like serta sharenya.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan kasih jarak aman saat berhadapan dengan emak – emak. Salam oprex selalu, salam satu asphal selalu dan salam wakwaw... dari gua ..
terima kasih gan udah mau berbagi ilmu nya. sangat bermanfaat. semoga sukses dan sehat selalu😊
BalasHapusLem yg bagus untuk pak kop apa?
BalasHapusTribon
Hapus