Penyebab serta Cara Mengatasi Oli Mesin Tidak Naik ke Klep dan Head Cylinder

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, gua yakin yang pada nengokin artikel ini lo pasti sudah punyeng kenapa oli mesin tidak naik ke head cylinder. Jujur saja bro ?? he..  he.. soalnya apa ? bukan lo doang yang pernah mengalami oli mesin sepeda motor tidak naik setelah bongkar mesin, entah itu karena ganti kanvas kopling atau ganti piston dan ganti stang seher. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan tonton videonya juga, tapi sebelumnya Subscribe terlebih dahulu ya bro.. itung – itung lo bantuin channel dan blog ini untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.



oli mesin tidak naik ke klep


Penyebab Oli Mesin Tidak Naik Ke Klep dan Noken As

Sebenarnya penyebab oli mesin tidak naik ke klep dan head cylinder disebabkan karena jalur oli mesin yang mampet, pompa oli mesin yang rusak dan Jalur oli mesin pada sepeda motor berbeda – beda, ada yang yang lewat luar mesin kemudian masuk ke head silinder dan ada yang lewat bagian dalam mesin. Contohnya Suzuki Shogun 110 dan Suzuki Satria Fu yang jalur oli mesin berada disisi luar mesin. Sedangkan Honda Supra 125 dan Yamaha Jupiter Z mengunakan baud mesin (baud tusuk sate) sebagai jalur oli mesinnya. Dari perbedaan tersebut dapat kita tarik kesimpulan beberapa penyebab oli mesin mampet tidak naik ke klep sepeda motor.        

Filter Oli Mesin Mampet

Filter oli mesin pada sepeda motor berfungsi untuk menyaring oli mesin yang telah bercampur dengan benda – benda lain, benda tersebut bisa berupa bekas lem gasket, gasket, gram – gram, endapan oli mesin yang tidak melakukan penggantian secara teratur. Menumpuknya kotoran – kotaran pada filter oli akan membuat oli mesin tidak bisa melewati filter tersebut sebelum masuk ke pompa oli mesin.

Kalaupun oli mesin bisa melewati filter oli, tapi biasanya oli mesin yang masuk ke dalam pompa oli tidak sebanyak dan selancar saat jalur oli mesin tidak terhambat. Nah maka dari itu filter oli mesin harus dibersihakan setiap satu tahun bro, untuk filter oli mesin model kasa dan kopling ganda pada motor bebek. Sementara untuk filter oli mesin model kaleng dan kertas wajib ganti tiap 2 tahun, agar jalur oli mesin tetap lancar dan tidak menjadi kendala dikemudain hari.  

Pompa Oli Mesin Rusak

Semantara pompa oli mesin yang rusak juga akan membuat oli mesin tidak naik ke head silinder, akibatnya bagian noken as dan rocker arm akan rusak parah. Dan sering kali hal ini membuat para biker kehabisan lebih dari 1 noken as, sebab untuk mengetahui adanya kerusakan pada pompa oli mesin lumayan susah. Saat dicek oli mesin bisa naik ke bagian head silinder, cuman kadang – kadang pompa oli mesin tidak bisa memompa oli mesin dengan jumlah yang banyak.

Paking Blok Cylinder Mampet

Paking atau gasket sering kali diremahkan padahal sangat berpengaruh pada jalur oli mesin, sebab pemakaian gasket bukan original terkadang pada bagian lubang oli mesin tertutup. Sehingga oli mesin tidak bisa naik ke head silinder secara sempurna, maka dari itu gunakan paking / gasket asli bawaan motor dan pakai original pabrikan motor tersebut.

Baud Blok Mesin Miring 

Baud blok mesin yang gua maksud disini baud 4 panjang yang terletak dicrank case kanan dan kiri dan menyatukan head silinder, silinder bore dan crank case. Baud ini juga sering kali disebut baud tusauk sate karena bentuk baudnya panjang. Untuk motor – motor yang jalur oli mesinnya terletak dibagian dalam mesin, baud ini juga termasuk jalur dari oli mesin tersebut.

Sering kali posisi baud yang miring dan terdapat karat menjadi faktor penyebab oli mesin tidak naik ke klep. Maka dari itu jika melakukan pembongkaran pada mesin bagian atas, usahakan mengamplas baud tersebut tujuannya agar karat tidak mengahambat jalur oli mesin.

Cara Cek Oli Naik Ke Head

Untuk mengecek oli mesin naik atau tidak ke head silinder, klep dan noken as cara sangat gampang sekali bro, yaitu cukup dengan melepas tutup klep dan hidupkan motor. Oli mesin yang naik ke bagian head silinder akan ditandai dengan muncratnya oli mesin lewat lubnag tutup klep dan keluarnya oli mesin tersebut harus sangat cepat. Biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini bro, cuman kotruksi sepeda motor berbeda – beda. Ada yang memakai tutup klep in dan ex terpisah dan ada juga yang memakai 1 tutup klep dengan 2 baud atau malah 4 -5 baud. Jika model tutup klepnya 1 dengan baud 2 sampai 5 maka cara mengeceknya cukup mencopot atau mengendorkan 1- 2 baud tutup klep tersubut.    

Cata Mengatasi Oli Mesin Tidak Naik Ke Klep dan Noken As

Bersihkan jalur oli mesin, caranya bisa menggunakan angin bertekanan tinggi / spray gun dan carburator cleaner.

Gunakan paking / gasket yang original buakan kw, jika terpaksa membeli part kw maka cek dengan teliti apakah lubang pada gasket sesuai dengan kontruksi jalur oli mesin.

Jangan gunakan lem mesin / siller pada gasket baru dan jika menggunakan gasket bekas cermati dengan baik posisi lem tersebut. Apakah terlalu banyak melakukan lem pada gasket ?? sehingga bisa menutup jalur oli mesin.

Bersihkan filter oli mesin setiap melakukan penggantian oli mesin, jika filter oli mesin model kasa dan letaknya ada didalam bak kopling maka bersihkan per 1 – 2 tahun sekali. Untuk filter oli mesin berbentuk kertas atau kaleng lakukan penggantian secara rutin setian 15.000 km.

Nah, tonton video berikut ini ya bro dan subcribe, komen, like serta sharenya.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan kasih jarak aman saat berhadapan dengan emak – emak. Salam oprex selalu, salam satu asphal selalu dan salam wakwaw... dari gua .. 

Posting Komentar

3 Komentar