Penyebab Shock Depan Keras, Tidak Balik dan Bunyi Cetak - Cetok


Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, shock beker depan adalah komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meredam goncangan saat sepeda motor melewati jalan yang terjal. Bisa gundukan tanah atau jalan berlubang, nah shockbreaker akan membuat pengendara merasakan nyaman saat berkendara. Shockbreaker yang rusak akan membuat motor menjadi tidak stabil, tidak nyaman dipakai serasa naik gerobak he... he...

penyebab shock depan keras

 
Untuk artikel kali ini kita akan ngomongin penyebab shock depan keras tidak balik saat dipakai berkendara dan saat dilakukan rem depan. Perlu diketahu bro shockbeker depan yang keras dan tidak balik berbeda dengan shock depan yang bunyi atau kurang ngeshock istilah yang sering diucapka oleh para bikers. Tapi sebelum kita ngomong lebih jelas lagi, gua mau minta bantuan lo bro.. jangan lupa subscribe channel kami agar channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Penyebab Shock Depan Bunyi dan Tidak Ngeshok (membal)

Oli Shockbeker Habis atau Kurang

Oli shockbeker akan berkurang atau bahkan habis jika telah dipakai lebih dari 30.000 km, padahal sil shock depan tidak bocor sama sekali. Maka dari itu dianjurkan untuk dilakukan kuras oli shock / penggantian oli shock secara berkala setiap 2 tahun sekali. Selain itu pengantian oli shock juga harus memperhatikan takaran / volume shock, tujuannya agar shock depan tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah saat dipakai buat berkendara.

Peer / Pegas Shock Patah

Pegas shock atau peer shock yang patah biasanya diakibatkan karena oli shock kering tidak ada sama sekali dan terjadi dalam jangka panjang lebih dari 1 tahun. Ciri dari oli shock patah atau rusak yaitu kondisi ban luar depan akan termakan / terkikis sebelah, selain itu saat motor melawati jalan bergelombang dan melakukan rem depan akan bunyi jedug sangat kencang.

Penyebab Shocbreaker Depan Tidak Balik dan Keras

Ilmu Ganjel dan Salah Takaran Oli Shock

Kenapa gua ngomong ilmu ganjel ?? karena banyak sekali para biker yang melakukan penggantian oli shock dan sil shock tapi saat pemasangannya pada bagian ujung peer shock deganjel dengan roller dan baud. Apakah ini dibolehkan ? ya kalau menurut gua ya tergantung aja lo mau menyetandarkan dan memperbaikin shockbreaker depan lo sesuai standar pabrikan atau standar lo sendiri. Kalau standart pabrikan entah itu showa dan kayaba selaku vendor shock tersebut tidak pernah memasukan roller dan baud sebagai ganjal shockbreaker depannya.
Perlu diketahui setiap sepeda motor mempunyai takaran oli shock yang berbeda – beda jadi tidak bisa digebug rata, nah ngomongin takaran oli shock depan pernah gua bikin artikelnya. Jadi biar lebih jelasnya silahkan baca artikel gua terdahulu biar lebih jelas, tapi jangan lupa dishare ya bro biar yang lain tahu.

Bekas Jatuh Kemudian Pres Segitiga

Maksud begini bro ? motor lo jatuh terus lo bawa ke bengkel dan dilakukan pres segitiga, nah setelah 1 tahun lah gampangnya. Shockbreaker motor lo bocor dan lo ganti sil shocknya tapi saat semuanya selesai dan dilakukan test drive ternyata shock depan tidak main. Istilah gampangnya tidak ngeshock dan shock depan ini akan terasa sangat keras sekali, padahal kalau dicek satu persatu tidak ada masalah. Mulai dari sil shocknya ok, takaran oli shock ok, peer shock ok, urutan pemasangannya ok, tapi nyatanya shock depan sangat keras.
Nah penyebanya berasal dari pipa shock yang pernah dipres saat motor jatuh dulu, solusinya yaitu dengan mengganti pipa shock tersebut. Tapi tenang ada jalan lain bro, cuman lo harus sabar mencari posisi pipa shock dengan segitiga. Caranya dengan memutar pipa shock untuk menemukan posisi saat belum dibongkar. Jadi intinya kita cari posisi pipa shock dengan posisi segitiga caranya dengan mumutar dan mencobanya dengan test drive. Kalau masih belum pas maka shockbreaker akan terasa keras tidak ngeshock langkah selanjutnya putar lagi posisi pipa shock dan test drive lagi sampai benar – benar pas.
Nah biar ada gambarannya tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu, agar lo ngga pernah ketinggalan info – info perkembangan dan tutorial terbaru dari blog dan channel ini.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati orang tua, pejalan kaki dan pengendara lainnya. Salam oprex dan salam satu asphal...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mau tanya bos,kenapa saat sekok depan kembali narik keatas bunyi jedag, padahal kondisi skok masih bagus dan tdk bocor..trimakasih

    BalasHapus